Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
532Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Anemia Aplastik

Anemia Aplastik

Ratings:

4.74

(19)
|Views: 78,889|Likes:
Published by Faisal M

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Faisal M on Aug 09, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/09/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
Anemia aplastik adalah kelainan hematologik yang ditandai dengan penurunan komponen selular pada darah tepi yang diakibatkan oleh kegagalan produksi di sumsum tulang. Pada keadaan ini jumlah sel-sel darah yang diproduksitidak memadai. Penderita mengalami pansitopenia, yaitu keadaan dimana terjadikekurangan jumlah sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit.
1,2,3
Konsep mengenai anemia aplastik pertama kali diperkenalkan pada tahun1988 oleh Paul Ehrlich. Ia melaporkan seorang wanita muda yang pucat dan panasdengan ulserasi gusi, menorrhagia, anemia berat dan leukopenia. Sewaktu dilakukanautopsi ditemukan tidak ada sumsum tulang yang aktif, dan Ehrlich kemudianmenghubungkannya dengan adanya penekanan pada fungsi sumsum tulang. Padatahun 1904, Chauffard memperkenalkan istilah anemia aplastik.
1,2,4
Insidensi anemia aplastik bervariasi di seluruh dunia, berkisar antara 2 sampai6 kasus persejuta penduduk pertahun.
2
Insidensi anemia aplastik diperkirakan lebihsering terjadi dinegara Timur dibanding negara Barat. Peningkatan insiden mungkin berhubungan dengan faktor lingkungan seperti peningkatan paparan terhadap bahankimia toksik dibandingkan faktor genetik. Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya peningkatan insiden pada penduduk Asia yang tinggal di Amerika. Penelitian yangdilakukan di Thailand menunjukkan peningkatan paparan dengan pestisida sebagaietiologi yang tersering.
3,5
Ketersediaan obat-obat yang dapat diperjualbelikan dengan bebas merupakansalah satu faktor resiko peningkatan insiden. Obat-obat seperti kloramfenikol terbuktidapat mensupresi sumsum tulang dan mengakibatkan aplasia sumsum tulang danmengakibatkan aplasia sumsum tulang sehingga diperkirakan menjadi penyebabtingginya insiden.
6
Diagnosis anemia aplastik dapat ditegakkan berdasarkan gejala subjektif,gejala objektif, pemeriksaan darah serta pemeriksaan sumsum tulang. Gejala subjektif 1
 
dan objektif merupakan manifestasi pansitopenia yang terjadi. Namun, gejala dapat bervariasi dan tergantung dari sel mana yang mengalami depresi paling berat.Diagnosa pasti anemia aplastik adalah berdasarkan pemeriksaan darah dan pemeriksaan sumsum tulang. Penegakkan diagnosa secara dini sangatlah pentingsebab semakin dini penyakit ini didiagnosis kemungkinan sembuh secara spontanatau parsial semakin besar.
6,7
Hampir semua kasus anemia aplastik berkembang ke kematian bila tidak dilakukan pengobatan. Angka kelangsungan hidup tergantung seberapa berat penyakitsaat didiagnosis, dan bagaimana respon tubuh terhadap pengobatan.
8
Semakin berathipoplasia yang terjadi maka prognosis akan semakin jelek. Dengan transplantasitulang kelangsungan hidup 15 tahun dapat mencapai 69% sedangkan dengan pengobatan imunosupresif mencapai 38%.
9
Mengingat kasus anemia aplastik ini memiliki angka morbiditas danmortalitas yang cukup tinggi dan pentingnya diagnosis lebih dini diharapkan tinjauan pustaka ini dapat menjadi salah satu sumber referensi.2
 
BAB IIPEMBAHASAN2.1 Definisi Anemia Aplastik 
Anemia aplastik adalah suatu sindroma kegagalan sumsum tulang yangditandai dengan pansitopenia perifer dan hipoplasia sumsum tulang.
4
Pada anemiaaplastik terjadi penurunan produksi sel darah dari sumsum tulang sehinggamenyebabkan retikulositopenia, anemia, granulositopenia, monositopenia dantrombositopenia.
9
Istilah anemia aplastik sering juga digunakan untuk menjelaskananemia refrakter atau bahkan pansitopenia oleh sebab apapun. Sinonim lain yangsering digunakan antara lain hipositemia progressif, anemia aregeneratif, aleukiahemoragika, panmyeloptisis, anemia hipoplastik dan anemia paralitik toksik.
1
2.2 Epidemiologi
Anemia aplastik jarang ditemukan. Insidensi bervariasi di seluruh dunia, berkisar antara 2 sampai 6 kasus persejuta penduduk pertahun.
2
Analisis retrospektif di Amerika Serikat memperkirakan insiden anemia aplastik berkisar antara 2 sampai 5kasus persejuta penduduk pertahun.
9
 
The Internasional Aplastic Anemia and  Agranulocytosis Study
dan
 French Study
memperkirakan ada 2 kasus persejuta orang pertahun.
2,9
Frekuensi tertinggi anemia aplastik terjadi pada orang berusia 15 sampai25 tahun; peringkat kedua terjadi pada usia 65 sampai 69 tahun. Anemia aplastik lebih sering terjadi di Timur Jauh, dimana insiden kira-kira 7 kasus persejuta penduduk di Cina, 4 kasus persejuta penduduk di Thailand dan 5 kasus persejuta penduduk di Malaysia. Penjelasan kenapa insiden di Asia Timur lebih besar daripadadi negara Barat belum jelas.
9
Peningkatan insiden ini diperkirakan berhubungandengan faktor lingkungan seperti peningkatan paparan dengan bahan kimia toksik,dibandingkan dengan faktor genetik. Hal ini terbukti dengan tidak ditemukan peningkatan insiden pada orang Asia yang tinggal di Amerika.
5
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->