Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
17Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI

MAKALAH Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 1,787 |Likes:
Published by EkaS.Nuryani

More info:

Published by: EkaS.Nuryani on Jan 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/16/2013

pdf

text

original

 
PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA(PMRI)
(Sub-bab Membandingkan Pecahan pada Kelas III SD Negeri PurworejoTahun Pelajaran 2010/ 2011)
MAKALAH
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)Disusun oleh:Eka Novarina (07.214.2952/ VIIA)Eka Sri Nuryani (07.214.2953/ VIIA)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKAFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKANUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO2010/ 2011
 
BAB IPENDAHULUANLatar BelakangPendidikan memegang peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetisi dalam perkembanganilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga pendidikan harus dilaksanakan dengansebaik-baiknya untuk memperoleh hasil maksimal. Pendidikan hendaknyadikelola, baik secara kualitas maupun kuantitas. Hal tersebut dapat dicapai denganterlaksananya pendidikan yang tepat waktu dan tepat guna untuk mencapai tujuan pembelajaran.Sejalan dengan upaya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,sekolah merupakan lembaga formal penyelenggara pendidikan. Sekolah Dasar (SD) sebagai salah satu lembaga formal dasar yang bernaung di bawahDepartemen Pendidikan Nasional mengemban misi dasar dalam memberikankontribusi untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.Pendidikan dilaksanakan dalam bentuk proses belajar mengajar yangmerupakan pelaksanaan dari kurikulum sekolah. Melalui kegiatan pengajaran,siswa-siswi SD yang berada pada tahap operasi konkrit sudah semestinya dibekalidengan ilmu pengetahuan dasar dan keterampilan dasar yang dalam hal ini adalahmata pelajaran yang tercantum dalam kurikulum SD/MI untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya pada jenjang pendidikan selanjutnya.Pengajaran di kelas tidak terlepas dari aktivitas belajar siswa. Melalui aktivitas belajar tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengalaman belajar sehingga proses pembelajaran akan menjadi lebih bermakna bagi siswa. Pelaksanaannyapunharus dilaksanakan dengan pendekatan belajar yang relevan dengan paradigma pendidikan sekarang.Paradigma baru pendidikan sekarang ini lebih menekankan pada pesertadidik sebagai manusia yang memiliki potensi untuk belajar dan berkembang.Siswa harus aktif dalam pencarian dan pengembangan pengetahuan. Melalui paradigma baru tersebut diharapkan di kelas siswa aktif dalam belajar, aktif  berdiskusi, berani menyampaikan gagasan dan menerima gagasan dari orang laindan memiliki kepercayaan diri yang tinggi (Zamroni, 2000). PendidikanMatematika Realistik Indonesia (PMRI) merupakan pendekatan dalam pembelajaran matematika yang sesuai dengan paradigma pendidikan sekarang.
 
PMRI menginginkan adanya perubahan dalam paradigma pembelajaran, yaitu dari paradigma mengajar menjadi paradigma belajar (Marpaung, 2004).PMRI selama ini merupakan sebuah pendekatan pembelajaran matematika yangrelatif baru dan belum semua kalangan dalam dunia pendidikan mengenalnya.Pembelajaran matematika selama ini terlalu dipengaruhi pandangan bahwamatematika adalah alat yang siap pakai. Pandangan ini mendorong guru bersikapcenderung memberi tahu konsep/ sifat/ teorema dan cara menggunakannya. Gurucenderung mentransfer pengetahuan yang dimiliki ke pikiran anak dan anak menerimanya secara pasif dan tidak kritis. Adakalanya siswa menjawab soaldengan benar namun mereka tidak dapat mengungkapkan alasan atas jawabanmereka. Siswa dapat menggunakan rumus tetapi tidak tahu dari mana asalnyarumus itu dan mengapa rumus itu digunakan. Keadaan demikian mungkin terjadikarena di dalam proses pembelajaran tersebut siswa kurang diberi kesempatandalam mengungkapkan ide-ide dan alasan jawaban mereka sehingga kurangterbiasa untuk mengungkapkan ide-ide atau alasan dari jawabannya.Perubahan cara berpikir yang perlu sejak awal diperhatikan ialah bahwa hasil belajar siswa meruapakan tanggung jawab siswa sendiri. Artinya bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi secara langsung oleh karakteristik siswa sendiri dan pengalaman belajarnya. Tanggung jawab langsung guru sebenarnya pada penciptaan kondisi belajar yang memungkinkan siswa memperoleh pengalaman belajar yang baik (Marpaung, 2004). Pengalaman belajar akan terbentuk apabilasiswa ikut terlibat dalam pembelajaran yang terlihat dari aktivitas belajarnya.PMRI juga menekankan untuk membawa matematika pada pengajaran bermaknadengan mengkaitkannya dalam kehidupan nyata sehari-hari yang bersifat realistik.Siswa disajikan masalah-masalah kontekstual, yaitu masalah-masalah yang berkaitan dengan situasi realistik. Kata realistik disini dimaksudkan sebagai suatusituasi yang dapat dibayangkan oleh siswa atau menggambarkan situasi dalamdunia nyata (Zulkarnain, 2002). Aktivitas belajar yang terjadi dalam pembelajarandengan pendekatan belajar yang relatif baru ini menjadi hal yang menarik untuk diteliti. Berdasarkan uraian di atas kami tertarik untuk menggambarkan tentangaktivitas belajar siswa kelas III A SD Negeri Purworejo dengan menggunakan pendekatan PMRI. Penelitian ini berjudul “PENDIDIKAN MATEMATIKAREALISTIK INDONESIA (sub-bab Membandingkan Pecahan pada Kelas III SD Negeri Purworejo Tahun Pelajaran 2010/ 2011)”.

Activity (17)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Aris Tamarudin liked this
Andy Andriyanto liked this
Andy Andriyanto liked this
Shan RishaGreen liked this
'Fadhilah Isna' liked this
Qonita Istiqomah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->