Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
259Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
generator AC & DC

generator AC & DC

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 19,635 |Likes:
Published by Heru D. Prasetya

More info:

Published by: Heru D. Prasetya on Jan 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/14/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Sistem pembangkitan listrik yang sudah umum digunakan adalah mesin generator tegangan AC, di mana penggerak utamanya bisa berjenis mesin turbin, mesin diesel ataumesin baling-baling. Dalam pengoperasian pembangkit listrik dengan generator, karenafaktor keandalan dan fluktuasi jumlah beban, maka disediakan dua atau lebih generator yangdioperasikan dengan tugas terus-menerus, cadangan dan bergiliran untuk generator-generator tersebut.Penyediaan generator tunggal untuk pengoperasian terus menerus adalah suatu hal yangriskan, kecuali bila bergilir dengan sumber PLN atau peralatan UPS.Untuk memenuhi peningkatan beban listrik maka generator-generator tersebutdioperasikan secara paralel antar generator atau paralel generator dengan sumber pasokanlain yang lebih besar misalnya dari PLN.Sehingga diperlukan pula alat pembagi beban listrik untuk mencegah adanya sumber tenaga listrik terutama generator yang bekerja paralel mengalami beban lebih mendahuluiyang lainnya.
Berdasarkan arus yang dihasilkan. Generator dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitugenerator AC dan generator DC. Generator AC menghasilkan arus bolak-balik (AC) dan generator DCmenghasilkan arus searah (DC). Baik arus bolak-balik maupun searah memiliki manfaat bagi manusiadalam kehidupan sehari-hari, diantaranya untuk penerangan dan alat-alat pemanas.
 
1.2
 
MAKSUD DAN TUJUAN
M
aksud dan Tujuan dari pembuatan
M
akalah ini adalah :1)
 
M
engetahui tentang Generator AC2)
 
M
engetahui tentang Jenis ± Jenis Generator AC
1.3
 
BATASAN MASALAH
Dalam
M
akalah ini penulis akan membahas tentang Generator AC secara umummeliputi, pengertian Generator,cara kerja generator,bagian ± bagian generatorjenis-jenisgenerator AC,
 
B
A
B
IIPE
MB
AHASANGenerator AC
Generator adalah salah satu komponen yang dapat mengubaha energi gerak menjadi energilistrik.Prinsip kerjanya dapat dipelajari dengan teori medan elekronik .Poros pada generator dipasangdengan material ferromagnetic permanen.Setelah itu disekeliling poros terdapat stator yang bentuk fisisnya adalah kumparan-kumparan kawat yang membentuk loop.Ketika poros generator mulai berputar maka akan terjadi perubahan fluks pada stator yang akhirnya karena terjadi perubahan tegangan dan aruslistrik tertentu.Tegangan dan arus listrik yang dhasilkan ini disalurkan melalui kabel jaringan listrik.
B
erdasarkan arus yang disalurkangenerator menjadi 2 jenis yaitu generator AC (bolak balik) dangenerator DC(searah).Generator AC merupakan komponen yang dapat mengubah energy gerak menjadienergi listrik.Penggunaan generator saat ini dapat dimanfaakan sebagai pembangkit listrik Generator AC atau altenator bekerja pada prinsip yang sama dari induksi elektromagnetik sebagai generator DC.Arus bolak balik dapat dihasilkan dari perputaran lilitan pada medan magnet atau perputaran medan magnet pada lilitan stasioner(seimbang/tidak berubah).Nilai dari tegangan tergantung pada:
-
 
Jumlah perputaran pada lilitan
-
 
Kekuatan medan
-
 
Kecepatan rotasi lilitan/medan magnet

Activity (259)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Arius B Wijaya liked this
Alfin Kenzhi Uchiha added this note
hrusnya downloadny gratis,,,,,,, g bgus!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Mukhlis WAelah liked this
DWi Ariez liked this
allovid liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->