Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
mandidihang03

mandidihang03

Ratings: (0)|Views: 67 |Likes:
Published by Baswantara
about mandidihang 03, one of the boat of research in Indonesia
about mandidihang 03, one of the boat of research in Indonesia

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Baswantara on Jan 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/08/2011

pdf

text

original

 
1
m.k Dasar Akustik Kelautan Hari/tanggal : Jum¶at, 17 Desember 2010Laporan
 Fieldtrip
Asisten : Sri Ratih, Obet, Adilia
Kapal Latih dan Riset Mandidihang 03
Oleh: Arif Baswantara (C54080027)
1.
 
P
endahuluan
 Hy
droacoustic
merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang penerapan metode akustik dalam penelitian disuatu perairan. Cabang ilmu inimemerlukan suatu aplikasi yang lebih banyak baik dalam pengenalan peralatanakustik maupun dalam teknik pengambilan data menggunakan peralatan akustik tersebut. Dalam pengenalan peralatan akustik, dapat dilakukan dengan berbagaicara. Salah satu cara tersebut adalah dengan melakukan kunjungan atau surveylangsung menuju fasilitas yang menyediakan peralatan akustik ini. Dan fasilitastujuan survey kali ini adalah Kapal Latih dan Riset Mandidihang 03.Tujuan dari praktikum kali ini adalah untuk mengetahui peralatan akustik yang digunakan dalam penelitian perairan laut, dan mengetahui penggunaan darisetiap peralatan itu sendiri dalam aplikasi di dunia kelautan.
2
.
 
Metodologi
Metode yang dilakukan dalam praktikum lapang kali ini adalah survey danwawancara. Dalam hal ini disurvey dilakukan dari setiap sudut kapal danlaboratorium yang memiliki peralatan akustik. Dengan dipandu oleh awak kapal,maka survey ini ikut disertai dengan wawancara dengan awak kapal tersebut.Lokasi tujuan utama adalah laboratorium dengan tidak ikut melupakan bagian laindari kapal Mandidihang 03 ini.
 
2
 
3.
 
H
asil dan Deskripsi
Kapal Latih dan Riset Mandidihang 03 merupakan kapal latih dan riset perikanan multi purpose hasil kerjasama antara Pemerintah Indonesia denganPemerintah Kerajaan Spanyol. Untuk dimensi dan spesifikasinya, kapal latih danriset Mandidihang 03 ini memiliki panjang 50 m, lebar 9.8 m dan tinggi 6.7 m.Mesin utama MAN ALPHA 6L28/32A 1.470 kW, kecepatan maksimum 14 knot,
G
ross Tonnage
753 dan memiliki daya angkut penumpang 73 orang denganketahanan berlayar 40 hari.Dalam kapal ini terdapat laboratorium kering yang menjadi tempat pengolahan data. Terdapat tujuh layar monitor pada laboratorium ini yangmasing-masing digunakan untuk menampilkan visualisasi hasil pengamatan CTD,ADCP, METEOROLOGI, TSGF, EA600, EK60, dan Fluorometer. Dari peralatantersebut, tercatat bahwa konsep akustik dimiliki oleh ADCP, EA600 dan EK60.Untuk spesifikasi dari masing-masing peralata tersebut yaitu ADCP (AcousticDoppler Current Profiler) dengan gelombang pulsa 75KHz, digunakan untuk mengukur pergerakan organisme. EA600 dengan gelombang pulsa 12KHz dantipe tranducer single beam. EA600 ini sering dikenal sebagai bathymetry acoustic,karena alat ini sering digunakan untuk melihat contour dasar perairan. SelanjutnyaEA60 dengan gelombang pulsa 38KHz dan tipe tranducer split beam. EK60 inisering dikenal sebagai fish acoustic, karena alat ini sering digunakan untuk menentukan lokasi dan jumlah ikan di perairan.Untuk fasilitas lainnya, kapal Mandidihang 03 memiliki office room, messroom, kamar tidur, toilet dan changing room.
4
.
 
Kesimpulan
Kapal Latih dan Riset Mandidihang 03 merupakan salah satu kapal riset milik Indonesia yang memiliki peralatan akustik yang dapat digunakan dalam penelitiankelautan. Setiap peralatan akustik memiliki spesifikasi yang berbeda-beda sesuaidengan kegunaan dari peralatan tersebut.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->