Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
38Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Serial Cinta - Anis Matta

Serial Cinta - Anis Matta

Ratings:

5.0

(3)
|Views: 11,508|Likes:
Published by Euis Marlina

More info:

Published by: Euis Marlina on Aug 10, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/28/2012

pdf

text

original

 
Compiled by lina84.wordpress.com
KUMPULAN SERIAL CINTA ANIS MATTA
Serial Cinta 12
Di Rumahku Ada Surga
Taman punya kita berduaTak lebar luas, kecil sajaSatu tak kehilangan lain dalamnyaBagi kau dan aku cukuplah
Itu penggalan puisi Chairil Anwar, 1943, tentangrumahnya yang disebutnya taman. Taman hati. Tamanhidup. Sempit ruangnya. Tapi cinta membuatnya jaditerasa cukup lapang dalam dada. Cinta membuatnyanyaman dihuni :
Kecil, penuh surya taman kitaTempat merenggut dari dunia dan ‘nusia
Kenyamanan. Itu rahasia jiwa yang diciptakan cinta:maka kita mampu bertahan memikul beban hidup,melintasi aral kehidupan, melampaui gelombangperistiwa, sambil tetap merasa nyaman dan teduh.Cinta menciptakan kenyamanan yang bekerjamenyerap semua emosi negatif masuk ke dalam serat-serat jiwa melalui himpitan peristiwa kehidupan. Luka-luka emosi yang kita alami di sepanjang jalankehidupan ini hanya mungkin dirawat di sana: dalamrumah cinta.Dalam rumah cinta itu kita menemukan sistimperlindungan emosi yang ampuh. Mary Carolyn Daviesmengungkapkannya dengan manis :
Ada sebuah tembok yang kuat
 
Compiled by lina84.wordpress.comDi sekelilingku yang melindungiku:Dibangun dari kata-kata yang kau ucapkan padaku
Jiwa yang terlindungi akan cepat bertumbuh danberubah. Sederhana saja. Karena hakikat cintaselamanya hanya satu: memberi. Memberi semuakebaikan yang tersimpan dalam jiwa. Melalui tatapanmata, kata atau tindakan. Jika kita terus menerusmemberi maka kita akan terus menerus menerima.Pemberian jiwa itu menghidupkan kekuatan kebajikanyang sering tertidur dalam jiwa manusia. Sepertipohon: pada mulanya ia menyerap matahari dan air,untuk kemudian mengeluarkan semua kebajikan yangada dalam dirinya: buahnya, keindahannya.Dalam rumah yang penuh cinta itu kita menemukanrasa aman, kenyamanan dan kekuatan untuk terusbertumbuh. Itu sebabnya rumah yang begitu sepertimenghadirkan surga dalam kehidupan kita. Rumah itupasti utuh. Dan abadi. Adakah doa cinta yang lebihagung daripada apa yang diajarkan sang Rasul kepadakita di malam pertama saat kita meletakkan dasar daribangunan hubungan jiwa yang abadi? Letakkan tangankananmu di atas ubun-ubun istrimu, lalu ucapkan do’aini dengan lembut:
Ya Allah, aku mohon pada-Mu kebaikan perempuan inidan semua kebaikan yang tercipta bersamapenciptaannya
 Sumber : Tarbawi Edisi 89 Th. 5/Jumadil Ula 1425 H/22Juli 2004 M
 
Compiled by lina84.wordpress.com
Serial Cinta 13
Panggilan Belahan Jiwa
Kebijaksanaan Ilahi adalah takdir dan suratan nasibyang membuat kita saling mencintai satu sama lain.Karena takdir itulah setiap bagian dari dunia inibertemu dengan pasangannya.Dalam pandangan orang-orang bijak, langit adalah laki-laki dan bumi adalah perempuan; bumi memupuk apayang telah dijatuhkan oleh langit.Jika bumi kekurangan panas maka langit mengirimkanpanas kepadanya; jika bumi kehilangan kesegaran dankelembaban, langit memulihkannya.Langit memayungi bumi layaknya seorang suami yangmenafkahi istrinya; dan bumi pun sibuk dengan urusanrumah tangga; ia melahirkan dan menyusui segalayang telah ia lahirkan.
Erich Fromm mengutip syair Jalaluddin Rumi itu dalambukunya, The Art of Loving. Cinta, kata Fromm, adalahkebutuhan eksistensial manusia untuk mengatasimasalah “keterpisahannya” sekaligus kerinduannyaakan kesatuan. Tapi dalam hubungan antara laki-lakidan perempuan, cinta bukan hanya kebutuhaneksistensial, tapi juga berbaur dengan kebutuhanbiologis: hasrat kesatuan dari kutub-kutub maskulindan feminim. Karena dalam diri laki-laki danperempuan terkandung prinsip menerima danpenetrasi, baik atas hal material maupun spiritual,maka mereka menemukan kesatuan dalam dirinyahanya dalam kesatuan atas polaritas kelelakian dankeperempuanan. Polaritas inilah, kata Formm, yangmenjadi dasar dari segala kreativitas.Tapi saat hubungan murni ini terganggu oleh tiranisosial yang melahirkan ketidaksetaraan laki-laki dan

Activity (38)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Bayu Widayat liked this
Antika Fajriani liked this
eltria liked this
Muhammad Akid liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->