Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
14Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kewenangan Pemerintah Pusat Dan Pemerintah Daerah Dalam Pengelolaan Lingkungan

Kewenangan Pemerintah Pusat Dan Pemerintah Daerah Dalam Pengelolaan Lingkungan

Ratings: (0)|Views: 4,553|Likes:
Published by Taufiq El-Batami

More info:

Published by: Taufiq El-Batami on Jan 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/29/2013

pdf

text

original

 
KEWENANGAN PEMERINTAH PUSAT DAN PEMERINTAH DAERAHDALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN
BAB I
 
 A.Pendahuluan
 
a. Latar Belakang 
Dalam era otonomi daerah sesuai dengan ketentuan dalam UU No 22 TentangPemerintahan Daerah, maka kewenangan daerah akan sedemikian kuat dan luas sehinggadiperlukan suatu peraturan perundang-undangan yang ketat untuk menghindari ketidakteraturandalam menyusun kebijakan dalam bidang lingkungan hidup terutama dalam masalah penanganan penegakan hukum lingkungan dalam era otonomi daerah.Kewenangan pemerintah Daerah menurut UU No 22 tahun 1999 tentang PemerintahanDaerah sangatlah besar sehingga tuntutan untuk meningkatkan kinerja dan penerapan kebijakandalam bidang lingkungan hidup sangatlah dibutuhkan. Sistem Pemerintahan Daerah otonomsebelum UU No 22 tahun 1999 terbagi dalam Sistem Pemerintahan Administratif dan Otonomi,dalam Sistem Pemerintahan Administratif Pemerintah Daerah berperan sebagai pembantu dari penyelenggaraan pemerintah pusat yang dikenal sebagai azas dekosentrasi dalam UU No 54tahun 1970 tentang Pemerintah Daerah, hal ini diaplikasikan dalam Pemerintahan DaerahTingkat I dan Pemerintahan Daerah tingkat II.Sedangkan dalam Sistem Pemerintahan OtonomiPemerintahan Daerah adalah mandiri dalam menjalankan urusan rumah tanganya. PemerintahanDaerah memerlukan alat-alat perlengkapannya sendiri sebagai pegawai/pejabat ±pejabat daerahdan bukan pegawai/pejabat pusat. Memberikan wewenang untuk menyelenggarakan rumahtangga sendiri berarti pula membiarkan bagi daerah untuk berinisiatif sendiri dan untuk merealisir itu, daerah memerlukan sumber keuangan sendiri dan pendapatan-pendapatan yangdiperoleh dari sumber keuangan sendiri memerlukan pengaturan yang tegas agar di kemudianhari tidak terjadi perselisihan antara pusat dan daerah mengenai hal ±hal tersebut diatas.Tetapi dalam UU No 22 tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah maka terjadi perubahan besar dalam kewenangan Pemerintahan Daerah.
 
Pengelolaan lingkungan hidup sangatlah penting untuk dilihat dalam era otonomi daerahsekarang ini karena lingkungan hidup sudah menjadi isu internasional yang mempengaruhi perekonomian suatu negara. Pemerintahan Daerah diberikan kekuasaan yang sangat besar dalammengelola daerahnya terutama sekali Pemerintahan Kota atau Kabupaten.Dalam makalah ini akan dibahas masalah lingkungan hidup di era otonomi daerah dan bagaimana Kewenangan daerah terhadap lingkungan hidup juga akibat kewenangan yang besar tersebut.
b.
Pokok Permasalahan
1.
 
Bagaimana Kewenangan Pemerintah Daerah dijalankan dalam bidang lingkungan hidup?2.
 
Dampak dari Kewenangan tersebut terhadap lingkungan hidup?
c
.
Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah yang berjudul Kewenangan Pemerintah Pusat dan daerahdalam pengelolaan lingkungan, adalah ³memberikan penjelasan tentang kewenangan PemerintahPusat dan daerah serta dampaknya di bidang lingkungan hidup´Tujuan khusus dari penulisan makalah ini adalah memberikan masukan dan informasiyang jelas kepada mahasiswa dan pelajar tentang bagaimana kewenangan dan dampak darikewenangan yang dijalankan oleh Pemerintahan Daerah di bidang Lingkungan Hidup.
BAB II
 
B
.
Pem
b
ahasan
1. Pemerintah Kewenangan Pusat dan daerah dalam UU No 22 tahun 1999.Dalam bidang lingkungan hidup kewenangan Pemerintah Pusat dan Daerah sangatmenentukan akan tetapi dengan adanya UU No 22 tentang Otonomi daerah maka kewenangan pengelolaan lingkungan hidup menjadi terbagi dua hal ini dapat dicermati dalam pasal 7 UU NO22 tahun 1999, yaitu:(1)
 
Kewenangan daerah mencakup kewenangan dalam seluruh bidang pemerintah, kecualikewenangan dalam bidang politik luar negeri, pertahanan keamanan, peradilan,moneter dan fiskal, agama, serta kewenangan bidang lain.(2)
 
Kewenangan bidang lain, sebagaimana dimaksud pada ayat(1), meliputi kebijakan tentang perencanaan nasional dan pengendalian pembangunan nasional secara makro, dana
 
 perimbangan keuangan, sistem administrasi negara dan lembaga perekonomiannegara, pembinaan dan pemberdayaan sumber daya alam serta teknologi tinggi yangstrategis, konservasi, dan standarisasi nasional.Dalam UU nomor 22 tahun 1999 memperlihatkan kewenangan pemetrintah pusat yangingin dibagi kepada daerah akan tetapi jika dilihat dari pasal 7 ayat 2 sangat terlihat pembatasankewenangan pemerintahan daerah, sebenarnya pasal 7 ayat 2 harus diperjelas lagi apa yangdimaksud dengan kewenangan bidang lain yang diatur oleh UU No 22 tahun 1999. Kalau dilihatdari ayat 2 maka akan terlihat kewenangan pemerintah pusat yang masih besar.2. Penjelasan Kewenangan dalam Sistem Pemerintahan setelah UU No 22 tahun 1999
Untuk mengantisipasi berlakunya Undang-undang Nomor 22Tahun 1999, tim kerja Menko Wasbangpan dan Kantor Menteri NegaraLingkungan Hidup/Bapedal telah mencoba merumuskan interpretasikewenangan pengelolaan lingkungan hidup menurut Undang-undangNomor 22 Tahun 1999.
 Secara umum, kewenangan pengelolaan lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi :
y
 
Kewenangan Pusat
y
 
Kewenangan Propinsi
y
 
Kewenangan Kabupaten/Kota.Kewenangan Pusat terdiri dari kebijakan tentang :
y
 
Perencanaan nasional dan pengendalian pembangunan secaramakro;
 
y
 
D
ana perimbangan keuangan seperti menetapkan dan alokasikhusus untuk mengelola lingkungan hidup;
 
y
 
S
istem administrasi negara seperti menetapkan sisteminformasi dan peraturan perundang-undangan di bidangpengelolaan lingkungan hidup;
 

Activity (14)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Taufiq El-Batami liked this
Andri Yhanhy liked this
Nia Yani April liked this
babahfawwaz liked this
Sonny Erwando liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->