Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
20Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi

Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi

Ratings: (0)|Views: 2,900 |Likes:
Published by lizananiya
seeeeeeeeeeeppppppppp
seeeeeeeeeeeppppppppp

More info:

Published by: lizananiya on Jan 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/07/2012

pdf

text

original

 
Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi
Dalam kegiatan ekonomi, ada beberapa pelaku yang terlibat di dalamnya. Berdasarkan jeniskegiatannya, para pelaku ekonomi terdiri dari produsen, konsumen dan distributor, namun secaralebih khusus pelaku-pelaku utama dalam perekonomian adalah Rumah tangga konsumen, RumahTangga Produsen, Pemerintah, dan Masyarakat Luar Negeri. Berikut ini adalah penjelasanmengenai beberapa peran dari para pelaku ekonomi dalam perekonomian:1. Rumah Tangga Konsumen (RTK)Rumah tangga adalah satuan unit terkecil di dalam masyarakat yang tinggal dalam suatu bangunan yang sama dan melakukan pembagian dalam hal pemenuhan kebutuhan hidup. Peranrumah tangga konsumen adalah:
y
 
S
ebagai konsumen. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, RTK melakukan konsumsiatas barang atau jasa yang dihasilkan rumah tangga produsen.
y
 
S
ebagai Pemasok/Pemilik faktor produksi. rumah tangga konsumen menjadi pemilik faktor produksi yang dibutuhkan oleh Rumah tangga produsen yaitu: Tanah, tenaga kerja,modal, keahlian atau skill. Dan sebagai pemasok terhadap rumah tangga produsen, RTK  berhak menerima imbalan yang berupa sewa tanah, upah/gaji, bunga modal, laba.2. Rumah Tangga Produsen (RTP)Rumah tangga produsen disebut juga Perusahaan. perusahaan adalah sekelompok anggotamasyarakat yang tugasnya memproduksi barang dan jasa untuk memenihi kebutuhanmasyarakat. peran rumah tangga produsen dalam kegiatan ekonomi adalah sebagai berikut:
y
 
S
ebagai produsen. sebagai produsen, rumah tangga produsen menghasilkan barang/jasayang diperlukan oleh rumah tangga konsumsi pada khususnya dan masyarakat padaumumnya, termasuk juga dijual ke luar negeri (ekspor)
y
 
sebagai pennguna faktor produksi. agar mampu menghasilkan barang atau jasa, perusahaan memerlukan berbagai faktor produksi berupa sumber daya alam/bahan baku,modal, tenaga kerja, dan keahlian yang didapat dari rumah tangga konsumen.
y
 
sebagai agen pembangunan. agen artinya perantara, sedangkan agen pembangunanartinya RTP membantu pemerintah dalam kegiatan pembangunan seperti membukalapangan kerja, membangun infrastruktur, menyejahterakan karyawan, meningkatkankualitas
S
DM, dsb.3. PemerintahPeran Pemerintah dalam kegiatan ekonomi antara lain:
y
 
S
ebagai pengatur. dalam kegiatan ekonomi, Pemerintah mengatur lalu lintas perekonomian dalam negeri untuk menjaga stabilitas ekonomi, mencegah kekacauan danhal-hal yang dapat menimbulkan kerugai masyarakat banyak. Misalnya menetapkan pajak atas barang mewah agar harga barangnya dapat diatur.
y
 
sebagai Konsumen atas barang-barang hasil produksi, misalnya dalam aktivitas sehari-hari untuk melancakan kegiatan administrasi pemerintah memerlukan kertas yangdihasilkan olen produsen.

Activity (20)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Teddy Ignasius Silalahi added this note
tidak ada peran agen :P
Imam Cahyo liked this
Asep Arifin liked this
Ariesta Afriza liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->