Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Etika Humas Pengertian Profesionalisme

Etika Humas Pengertian Profesionalisme

Ratings: (0)|Views: 622 |Likes:
Published by Setia Murni Ichvan

More info:

Published by: Setia Murni Ichvan on Jan 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/14/2013

pdf

text

original

 
FAKULTAS ILMU KOMUNIKASIUNIVERSITAS MERCU BUANAJ A K A R T A
MODUL IIIETIKA HUMAS
POKOK BAHASAN :
PROFESIONALISME
DESKRIPSI
Profesionalisme adalah termasuk salah satu pokok pembahasan penting dalam etika profesi yang merupakan bagian dari etika khusus yang lalu dianggap sebagai etikaterapan. Setelah mempelajari dan memahami profesionalisme, maka para mahasiswamengimplementasikannya dalam kehidupan sehari hari. Pada sesi ini akan dibahastentang pengertian profesionalisme, prinsip dasar profesionalisme serta arti dan pentingnya profesionalisme dalam kegiatan humas.
TUJUAN INSTRUKSIONAL
Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat:1.Memahami dan mampu menjelaskan kembali pengertian profesionalisme2.Memahami dan mampu menjelaskan kembali prinsip prinsipdasar profesionalisme3.Memahami dan mampu menjelaskan kembali pentingnya profesionalisme dalam kegiatan humas.
Pusat Pengembangan Bahan Ajar - UMB
Drs. A. Rachman MMETIKA UMB
 
PROFESIONALISME
2.1.PENGERTIAN
Kata profesional dan profesionalisme menjadi semacam istilahkunci bagi kehidupan modern khususnya dunia bisnis. Sering timbul kebingungan jugamengenai pengertian profesi sehubungan dengan istilah profesi, profesional, dan profesionalisme yang dipakai secara obral dalam hampir seluruh aspek kehidupan.Berbagai definisi profesi dapat dirangkum sebagai berikut :
 Profesi adalah pekerjaan atau bidang pekerjaan yang menuntut pendidikan keahlianintelektual tingkat tinggi dan tanggung jawab etis yang mandiri dalam prakteknya
. 
2.2.PRINSIP DASAR PROFESIONALISME
Berdsaarkan definisi tersebut, maka pekerjaan profesional memuat 3( tiga ) unsur utama atau prinsip dasar yaitu
keahlian, tanggung jawab, dan norma yang mengatur kegiatan pelakunya
.
2.2.1.KEAHLIAN
Pekerjaan profesinal biasanya menuntut penguasaan keahlian tertentu.Keahlian ini memungkinkan seorang pekerja profesional untuk memberikan jasaspesifik pada kliennya yang hasil akhirnya jelas hubungannya dengan tingkatkeahliannya. Contoh, adanya hubungan langsung antara keahlian medis seorang dokter dengan penyembuhan pasiennya atau keahlian seorang arsitek dengan rancangan bangunannya. Karena keahlian bersumber pada hal hal sebagai berikut :
Pusat Pengembangan Bahan Ajar - UMB
Drs. A. Rachman MMETIKA UMB
 
2.2.1.1.Pengetahuan ::
Suatu profesi terdiri dari sekumpulan pengetahuan yang menjadimilik bersama (
a common body of knowledge
). Seseorang yang mau menjadi pekerja profesional dalam bidang profesi tertentu harus bisa menunjukkan bahwa ia menguasai kumpulan pengetahuan tersebut sampai tingkat tertentu.Penguasaan pengetahuan yang dimilikinya dicapai melalui suatu proses pendidikan dan ujian. Pada bidang profesi yang sudah mantap keterandalannyadi masyarakat, bisa dijadikan contoh adalah profesi dokter, dalam bidangkedokterran hal hal yang menyangkut tingkat penguasaan pengetahuan dan praktek kerjanya sudah terumus secara jelas. Tetapi dalam masyarakat kitasering mengenal banyaknya profesi konsultan manajemen, yang mana pengetahuan dan tingkat penguasaan bagi seorang konsultan manajemen belum jelas rumusannya.
2.2.1.2.Keterampilan dan cara kerja :
Para personil atau individu yang sudah bisa menunjukkan penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan cara kerja yang cukup dapatditerima sebagai pekerja profesional yang mandiri dalam bidangnya, artinyamereka telah dianggap mampu dan bertanggung jawab penuh untuk memberikan jasa dalam bidang keahliannya.
2.2.1.3.Kemandirian dan pengakuan :
Mereka yang sudah dapat menunjukkan penguasaan pengetahuan,kererampilan, dan cara kerja yang mamadai menurut ukuran profesionalisme,maka mereka dapat diterima sebagai pekerja profesional yang mandiri dalam bidangnya. Artinya, secara mandiri mereka dianggap telah mampu dan
Pusat Pengembangan Bahan Ajar - UMB
Drs. A. Rachman MMETIKA UMB

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->