Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PANCASILA

PANCASILA

Ratings: (0)|Views: 2,322|Likes:
Published by Eka Ketel

More info:

Published by: Eka Ketel on Jan 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/12/2012

pdf

text

original

 
RANGKUMAN BUKUPENDIDIKAN PANCASILA
Ditulis Guna Memenuhi Tugas Mata KuliahPENDIDIKAN PANCASILAPengampu, Mukhamad Murdiono M,Pdoleh :CRISTIAN EKA PRASETYA08601244019
( PJKR C 2008 )PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASIFAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAANUNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA2010
BAB I
 
PENDAHULUAN
A.Visi, Misi dan Kompetensi Pendidikan Pancasila
Pada era globalisasi saat ini, Indonesia banyak sekali mengalami perubahan baik dari dalam maupun luar negeri. Pendidikan yang dihadapi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang berlangsung pesat dan cepat maka banyak hal yang harusdilakukan untuk mengantisipasi hal tersebut, termasuk dalam kalangan perguruan tinggi untuk  pembenahan proses pembelajaran untuk membentuk kepribadian peserta didik sebagai warganegara Indonesia yang baik 
(good citizen).
 Visi mata kuliah pendidikan Pancasila yaitu menjadi sumber nilai dan pedoman bagi penyelenggaraan program studi dalam mengantarkan mahasiswa.Visi ini pada hakikatnyamerupakan upaya untuk memberikan dasar-dasar kecakapan hidup secara sosial kepadamahasiswa yang merupakan intelektual muda sehingga tidak kehilangan jati diri sebagai warga bangsa, negara dan masyarakat Indonesia.Sejalan dengan visi tersebut, misi mata kuliah ini yakni membantu mahasisiwa agar mampu mewujudkan nilai-nilai dasar Pancasila serta kesadaran berbangsa dan bernegara dalammenerapkan ilmunya, dengan penuh rasa tanggung jawab, baik kepada sesama manusia maupunTuhan. Dengan kata lain agar bisa membentuk manusia yang religius, humanis, nasionalis,demokratis dan adil.Sedangkan Kompetensi pendidikan Pancasila itu sendiri yaitu dikuasai-nya kemampuan barpikir, bersikap rasional, dan dinamis, berpandangan luas sebagai manusia intelektual yang agamis yangsecara rrinci telah dicantumkan diatas.
B. Metode Pembelajaran Pendidikan Pancasila
 Upaya dalam mewujudkan visi dan misi tersebut diatas dapat dilakukan dalamsuatu proses pembelajaran denagan pendekatan humanistik. Pendekatan pembelajaran Pancasiladilakukan sesuai dengan pekembangan jaman saat ini, dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran. Metode monolog yang lebih bersifat searah, apalagi yang bersifat indoktrinatif  berusaha untuk diminimalkan.Metode yang cocok yakni metode kritis-analisis, induksi-deduksi, reflektif-humeneutik melaluidialog yang bersifat partisiparoris untuk meyakini kebenaran subtansi materi kajian.
C. Landasan Pendidikan Pancasila
 Dalam Pendidikan Pancasila mempunyai beberapa landasan antara lain; landasanyuridis, landasan historis, landasan kultural dan landasan filosofis.
 
Landasan HistorisKeberadaan Pancasila sebagai landasan filsafat negara dapat dilelusuri secara historissejak adanya sejarah awal bangsa Indonesia. Hal ini dilacak dengan berbagai macam peninggalan sejarah berupa peradaban, agama, hidup ketatanegaraan, kegotongroyongan,struktur sosial dari masyarakat Indonesia.
 
Landasan Yuridis
 
Pendidikan Pancasila memiliki landasan yuridis yang dapat dilihat dari dasr nasionalnyadimulai dari tujuan negara Indonesia yang dimuat dalam Pembukaan UUD 1945 yaknimencerdaskan kehidupan bangsa.
 
Landasan FilosofisPancasila dalam perguruan tinggi merupakan kajian ilmiah yang bersifat interdisipliner (kajian antar-bidang). Dapat diketahui melalui dua sisi yakni sebagai objek kajian (objek material), dan sebagai objek formal (perspektif).
D. Materi Pokok Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Indonesia
 Materi pokok pendidikan Pancasila pada era Orde Baru ditekankan pada PedomanPenghayatan dan Pengalaman Pancasila(4P) yang diwarnai dengan model pendidikanindoktrinatif. Hal ini berubah pada era Reformasi yang ditandai dengan kebebasan, keterbukaan,dan demokratif dalam segala bidang termasuk bidang pendidikan.Dari berbagai landasan dan pendekatan maka Pancasila disusun dengan materidengan pokok bahasan sebagai berikut :
 
Pendahuluan
 
Kajian Ilmiah Filosofis tentang Pancasila
 
Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia
 
Pancasila sebagai Ideologi Negara
 
UUD 1945 dan Amandemen
 
Pancasila sebagai Sistem Filsafat dan Sistem Nilai
 
Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan Bangsa
BAB II

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Thank To Infonya........
Ali Zain liked this
Agus Wira liked this
Witry Mesidina liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->