Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
29Activity
×

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Fungsi produksi

Fungsi produksi

Ratings: (0)|Views: 13,462|Likes:
Published by Achas

More info:

Published by: Achas on Jan 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/21/2013

pdf

text

original

 
Analisis fungsi produksi Coob-Douglas
1. PENDAHULUANA. Latar Belakang
Perilaku ekonomi masyarakat transmigrasi dapat diartikan sebagaiusaha dalam menentukan berbagai jenis kebutuhan dan cara untukmemenuhi kebutuhan tersebut. Perilaku ekonomi yang menyangkutpemenuhan kebutuhan dengan menghasilkan barang dan jasa yang dapatmendatangkan daya guna adalah merupakan suatu kegiatan produktif, yaknikegiatan yang dilakukan masyarakat transmigrasi dalam fungsinya sebagaiprodusen, sedangkan perilaku ekonomi yang menyangkut penggunaanberbagai jenis barang dan jasa untuk pemenuhan kebutuhan konsumsiadalah kegiatan konsumtif yang merupakan kegiatan masyarakattransmigrasi dalam fungsinya sebagai konsumen. Selain kegiatan untukmemenuhi kebutuhan perorangan maupun kebutuhan keluarga, dan adapula kegiatan yang bersifat kemasyarakatan ialah kegiatan untuk memenuhikebutuhan bersama dilaksanakan secara bersama-sama atau gotong royong.Kegiatan produksi masyarakat transmigrasi pada umumnya dalambentuk usaha tani keluarga. Keberhasilan mereka adalah merupakantanggung jawab semua anggota keluarga. Perilaku ekonomi masyarakattransmigrasi sebagai pengelola dan penggerak sumber daya lainnya dalamproses kegiatan produksi. Keterbatasan sumber daya akan dijadikan sebagaifaktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa dalam memenuhikebutuhan konsumen. Keterbatasan inilah yang mengharuskan masyarakattransmigrasi baik sebagai produsen maupun sebagai konsumen untuk
1
 
Analisis fungsi produksi Coob-Douglas
mengambil keputusan, diantara berbagai pilihan yang ada untuk memperolehmanfaat, dengan senantiasa memperhatikan keadaan dan kelestarianlingkungan. Keterbatasan dapat membawa masyarakat untuk melaksanakankegiatan yang bersifat berhasil guna dan berdaya guna, serta kegiatan yangmendatangkan kesejahteraan bagi keluarganya.Penggunaan sumber daya secara efisien dalam kegiatan ekonomirumah tangga akan memberikan hasil yang optimal bagi rumah tangga danmasyarakat transmigrasi. Output yang dihasilkan dapat ditingkatkan melaluliperluasan pasar baik pasar faktor produksi maupun pasar barang dan jasa,karena hal itu dapat menyebabkan perluasan pasar dan akan meningkatkanpermintaan barang dan jasa yang dihasilkan masyarakat transmigrasi.Kesejahteraan kehidupan ekonomi merupakan sasaran akhir dariperilaku ekonomi masyarakat yang tidak saja ditentukan oleh pendapatanyang diperoleh sekarang, tetapi juga dipengaruhi oleh tingkat pendidikankepala rumah tangga, kekayaan yang dimiliki dan keadaan kesehatananggota rumahtangga..
B. Rumusan Masalah
Bertitik tolak dari tujuan utama transmigrasi yaitu peningkatanpendapatan masyarakat transmigrasi itu sendiri banyak dipengaruhi olehfaktor-faktor :1.Apakah penggunan faktor-faktor produksi oleh masyarakattransmigrasi sudah efisien.
2
 
Analisis fungsi produksi Coob-Douglas
2.Faktor-Faktor produksi luas lahan, tenaga kerja dan modal signifikanpengaruhnya terhadap peningkatan produksi masyarakat transmigrandi Kabupaten Parigi Moutong.3.Apakah hasil produksi yang diperoleh masyarakat transmigrasi dapatmeningkatkan pendapatannya.
C. Tujuan Penelitian
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perilakuekonomi masyarakat transmigrasi di Kabupaten Parigi Moutong ProvinsiSulawesi Tengah, terutama selaku produsen untuk meningkatkan hasilproduksinya yang pada gilirannya dapat meningkatkan pendapatan rumahtangga transmigran. Dari tujuan tersebut dapat ditunjukkan sebagai berikut :1.Untuk menganalisis tingkat efisiensi penggunan faktor-faktor produksioleh masyarakat transmigrasi.2.Untuk mengetahui Faktor-Faktor produksi mana yang signifikanpengaruhnya terhadap peningkatan produksi padi di Kabupaten ParigiMoutong.
3.
Untuk mengetahui jumlah pendapatan yang diperoleh dari hasilproduksi yang dihasikan baik transmigrasi asal Bali maupun asalJawa.
3

Activity (29)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rai Saul Suryadi liked this
daniyogya added this note|
copy yo mas, just referensi. thanks
Ayubi Radinal liked this
akyanti liked this
paramitamichele liked this
Henni Gusnia liked this
Riya Blue liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->