Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
41Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengembangan Model Pembelajaran

Pengembangan Model Pembelajaran

Ratings: (0)|Views: 2,040 |Likes:
Published by Fida Imut

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Fida Imut on Jan 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/12/2013

pdf

text

original

 
METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN BIOLOGI
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARANDisusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan Biologi
Disusun Oleh : Nama
:
Hafidha Asni Akmalia
 NIM :
08304241003
Prodi : Pendidikan Biologi Reguler 
JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGIFAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAMUNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
 
2011
 
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN1.
 
Borg and Gall.
Borg dan Gall (1983: 775) mengajukan serangkaian tahap yang harus ditempuhdalam pendekatan ini, yaitu
"research and information collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision, operational field testing, final product revision, and dissemination and implementation" 
.a.
 
Research and information collecting.Tahap ini bisa dikatakan sebagai tahap studi pendahuluan. Dalam tahap ini, kegiatan-kegiatan yang dilakukan adalah melakukan studi pustaka yang melandasi produk  pembelajaran yang akan dikembangkan, obeservasi di kelas, dan merancang kerangkakerja penelitian dan pengembangan produk pembelajaran. b.
 
Planning.Setelah studi pendahuluan dilakukan, langkah berikutnya adalah merancang berbagaikegiatan dan prosedur yang akan ditempuh dalam penelitian dan pengembangan produk pembelajaran. Kegiatan-kegiatan yang perlu dilakukan dalam tahap ini, yaitumerumuskan tujuan khusus yang ingin dicapai dengan dikembangkannya suatu produk; memperkirakan dana, tenaga, dan waktu yang diperlukan untuk mengembangkan suatu produk; merumuskan kemampuan peneliti, prosedur kerja,dan bentuk-bentuk partisipasi yang diperlukan selama penelitian dan pengembangansuatu produk; dan merancang uji kelayakan.c.
 
Development of the preliminary form of the product.Tahap ini merupakan tahap perancangan draf awal produk pembelajaran yang siapdiujicobakan, termasuk di dalamnya sarana dan prasarana yang diperlukan untuk ujicoba dan validasi produk, alat evaluasi, dan lain-lain.d.
 
Preliminary field test and product revision.Tujuan dari tahap ini adalah memperoleh deskripsi latar (setting) penerapan ataukelayakan suatu produk jika produk tersebut benar-benar telah dikembangkan. Ujicoba pendahuluan ini bersifat terbatas. Hasil uji coba terbatas ini dipakai sebagai bahan untuk melakukan revisi terhadap suatu produk yang hendak dikembangkan.
 
Pelaksanaan uji coba terbatas bisa berulang-ulang hingga diperoleh draft produk yangsiap diujicobakan dalam skop yang lebih luas.e.
 
Main field test and product revision.Tahap ini biasanya disebut sebagai uji coba utama dengan skop yang lebih luas.Tujuan dari tahap ini adalah menentukan apakah suatu produk yang hendak dikembangkan benar-benar telah menunjukkan suatu performansi sebagaimana yangdiharapkan. Untuk mencapai tujuan tersebut, biasanya tahap ini menggunakanrancangan penelitian eksperimen. Hasil dari uji coba utama dipakai untuk merevisi produk tersebut hingga diperoleh suatu produk yang siap untuk divalidasi.f.
 
Operational field test and final product revision.Tujuan dari tahap ini adalah untuk menentukan apakah suatu produk yangdikembangkan itu benar-benar siap dipakai di sekolah tanpa melibatkan kehadiran peneliti atau pengembang produk. Pada umumnya, tahap ini disebut sebagai tahap ujivalidasi model.g.
 
Dissemination and implementation.Tahap ini ditempuh dengan tujuan agar produk yang baru saja dikembangkan itu bisadipakai oleh masyarakat luas. Inti kegiatan dalam tahap ini adalah melakukansosialisasi terhadap produk hasil pengembangan. Misalnya, melaporkan hasil dalam pertemuan-pertemuan profesi dan dalam bentuk jurnal ilmiah.Berdasarkan uraian di atas, sesungguhnya, tahap-tahap penelitian dan pengembangan yang dikemukakan Borg dan Gall dapat disederhanakan menjadi empatlangkah utama. Keempat langkah utama tersebut adalah studi pendahuluan, perencanaan,uji coba, validasi, dan pelaporan.a.
 
ahap studi pendahuluan
, yang merupakan kegiatan
research and informationcollecting 
memiliki dua kegiatan utama, yaitu studi literatur (kaji pustaka dan hasil penelitian terdahulu) dan studi lapangan. Hasil dari kegiatan ini adalah diperolehnya profil implementasi sistem pembelajaran, khususnya yang berkaitan dengan kegiatanatau obyek pembelajaran yang hendak ditingkatkan mutunya.
 
 b.
 
ahap pengembangan
, sebagai gabungan dari tahap
 planning and development of the preliminary form of product 
mengandung kegiatan-kegiatan; penentuan tujuan,menentukan kualifikasi pihak-pihak yang terlibat dalam penelitian dan

Activity (41)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Yahya Lee liked this
Na-Cha RamBe liked this
Yahya Lee liked this
ahmadsubhan92 liked this
Muhammad Najib liked this
Ir Jaya AMd liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->