Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
20Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Permen PU No 29 Tahun 2006 Syarat Teknis Bangunan Gedung

Permen PU No 29 Tahun 2006 Syarat Teknis Bangunan Gedung

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 1,441 |Likes:
Published by Ichsan Santoso
Uploaded from Google Docs
Uploaded from Google Docs

More info:

Published by: Ichsan Santoso on Jan 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/04/2014

pdf

text

original

 
 
PERATURAN MENTERI PEKERJAAN UMUMNOMOR : 29/PRT/M/2006TENTANGPEDOMAN PERSYARATAN TEKNIS BANGUNAN GEDUNGDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA MENTERI PEKERJAAN UMUM,Menimbang : bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 9 ayat (4), Pasal 20ayat (6), Pasal 21 ayat (6), Pasal 28 ayat (5), Pasal 30 ayat (5),Pasal 31, Pasal 32, Pasal 33 ayat (5), Pasal 34 ayat (5), Pasal 35ayat (3), Pasal 36 ayat (2), Pasal 40 ayat (4), Pasal 41 ayat (7),Pasal 43 ayat (4), Pasal 44 ayat (4), Pasal 45 ayat (4), Pasal 46ayat (6), Pasal 47 ayat (5), Pasal 49 ayat (3), Pasal 50 ayat (3),Pasal 51 ayat (4), Pasal 52 ayat (2), Pasal 53 ayat (3), Pasal 56ayat (5), Pasal 58 ayat (5), Pasal 59 ayat (5), Pasal 60 ayat (4),dan Pasal 61 ayat (3) Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2006tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun2002 tentang Bangunan Gedung, perlu menetapkan PeraturanMenteri Pekerjaan Umum tentang Pedoman Persyaratan TeknisBangunan Gedung;Mengingat : 1. Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2005 tentang PeraturanPelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentangBangunan Gedung(Lembaran Negara Republik IndonesiaTahun 2005 Nomor 83, Tambahan Lembaran Negara Nomor4532);2. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2005tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi, danTata Kerja Kementerian Negara Republik Indonesia;3. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 187/M Tahun2004 tentang Kabinet Indonesia Bersatu;4. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 286/PRT/M/2005tentang Organisasi dan Tata Kerja Departemen PekerjaanUmum;
MEMUTUSKAN:
Menetapkan : PERATURAN MENTERI PEKERJAAN UMUM TENTANG PEDOMANPERSYARATAN TEKNIS BANGUNAN GEDUNG.
 
 
BAB 1KETENTUAN UMUMBagian Kesatu
PengertianPasal 1Dalam Peraturan ini yang dimaksud dengan:1.
 
Bangunan gedung adalah wujud fisik hasil pekerjaan konstruksi yang menyatudengan tempat kedudukannya, sebagian atau seluruhnya berada di atas dan/atau didalam tanah dan/atau air, yang berfungsi sebagai tempat manusia melakukankegiatannya, baik untuk hunian atau tempat tinggal, kegiatan keagamaan, kegiatanusaha, kegiatan sosial, budaya, maupun kegiatan khusus.2.
 
Fungsi bangunan gedung meliputi fungsi hunian, keagamaan, usaha, sosial danbudaya dan fungsi khusus adalah ketetapan mengenai pemenuhan persyaratanadministratif dan persyaratan teknis bangunan gedung.3.
 
Klasifikasi bangunan gedung adalah klasifikasi dari fungsi bangunan gedungberdasarkan pemenuhan tingkat persyaratan administratif dan persyaratanteknisnya.4.
 
Persyaratan teknis bangunan gedung adalah ketentuan mengenai persyaratan tatabangunan dan persyaratan keandalan bangunan gedung.5.
 
Penyelenggaraan bangunan gedung adalah kegiatan pembangunan yang meliputiproses perencanaan teknis dan pelaksanaan konstruksi, serta kegiatan pemanfaatan,pelestarian dan pembongkaran bangunan gedung.6.
 
Pemilik bangunan gedung adalah orang, badan hukum, kelompok orang, atauperkumpulan, yang menurut hukum sah sebagai pemilik gedung.7.
 
Pengguna bangunan gedung adalah pemilik bangunan gedung, dan/atau bukanpemilik bangunan gedung berdasarkan kesepakatan dengan pemilik bangunangedung, yang menggunakan dan/atau mengelola bangunan gedung atau bagianbangunan gedung sesuai dengan fungsi yang ditetapkan.8.
 
Masyarakat adalah perorangan, kelompok, badan hukum atau usaha dan lembagaatau organisasi yang kegiatannya di bidang bangunan gedung, termasuk masyarakathukum adat dan masyarakat ahli, yang berkepentingan dengan penyelenggaraanbangunan gedung.9.
 
Daerah adalah Kabupaten/Kota atau Daerah Khusus Ibukota Jakarta pada ProvinsiDaerah Khusus Ibukota Jakarta Raya.10.
 
Pemerintah Pusat, selanjutnya disebut sebagai Pemerintah, adalah perangkat NegaraKesatuan Republik Indonesia yang terdiri dari Presiden beserta para menteri.11.
 
Pemerintah Daerah adalah kepala daerah kabupaten atau kota beserta perangkatdaerah otonom yang lain sebagai badan eksekutif daerah, kecuali untuk ProvinsiDaerah Khusus Ibukota Jakarta adalah Gubernur.
 
 
Bagian Kedua
Maksud, Tujuan dan LingkupPasal 2(1)
 
Pedoman Teknis ini dimaksudkan sebagai acuan dalam pemenuhan persyaratanteknis bangunan gedung untuk mewujudkan bangunan gedung yang berkualitassesuai dengan fungsinya, andal, serasi, selaras dengan lingkungannya.(2)
 
Pedoman Teknis ini bertujuan untuk terselenggaranya fungsi bangunan gedung yangselamat, sehat, nyaman, dan memberikan kemudahan bagi penghuni dan/ataupengguna bangunan gedung, serta efisien, serasi, dan selaras denganlingkungannya.(3)
 
Lingkup Pedoman Teknis ini meliputi fungsi, klasifikasi dan persyaratan teknisbangunan gedung.
BAB IIFUNGSI, KLASIFIKASI, DAN PERSYARATAN TEKNISBANGUNAN GEDUNGBagian Kesatu
Fungsi dan Klasifikasi Bangunan GedungPasal 3(1)
 
Fungsi dan klasifikasi bangunan gedung meliputi persyaratan mengenai:a.
 
Fungsi dan penetapan fungsi bangunan gedung;b.
 
Klasifikasi bangunan gedung; danc.
 
Perubahan fungsi dan/atau klasifikasi bangunan gedung.(2)
 
Rincian fungsi dan klasifikasi bangunan gedung sebagaimana dimaksud pada ayat (1)tercantum pada lampiran, yang merupakan satu kesatuan dalam peraturan ini.(3)
 
Setiap orang atau badan hukum termasuk instansi pemerintah, dalampenyelenggaraan pembangunan bangunan gedung sebagaimana dimaksud pada ayat(1) wajib memenuhi persyaratan teknis yang diatur dalam Peraturan ini.

Activity (20)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
beta paramita liked this
prihananto_sa liked this
Dirdo Hanif liked this
Gilang Ramadhan liked this
Raney Ajah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->