Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
139Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Manajemen Sumber daya manusia

Manajemen Sumber daya manusia

Ratings:

4.83

(36)
|Views: 16,004 |Likes:
Published by dolly99
Analisis pemberian motivasi bagi anggota Polri di Polres Tanggamus Lampung
Analisis pemberian motivasi bagi anggota Polri di Polres Tanggamus Lampung

More info:

Published by: dolly99 on Aug 11, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/09/2014

pdf

text

original

 
MOTIVASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJAPERSONEL POLRI DI POLRES TANGGAMUS
BAB IPENDAHULUAN1.Latar Belakang Masalah
Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah merupakan salah satu bentuk organisasinasional yang mempunyai peran penting dalam penyelenggaraan Negara Kesatuan RepubliIndonesia. Oleh karena itu, dalam menjalankan perannya sesuai dengan amanat perundang-undangan, maka Polri harus benar-benar dapat bekerja secara optimal, dan menjalankan visi,misi, tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan sesuai dengan kebijakan pimpinan yang mengacukepada sistem yang ada di negara ini.Polres Tanggamus sebagai bagian dari dari organisasi Kepolisian Nasional, jugamerupakan bentuk organisasi setingkat KOD. Wilayah Polres Tanggamus adalah bagian dariKepolisian Daerah Lampung, yang mencakup seluruh wilayah Kabupaten Tanggamus dan terdiridari 12 Polsek. Wilayah Kapubaten Tanggamus sendiri adalah merupakan wilayah yang berada diPropinsi Lampung dan merupakan daerah yang dahulu sebelum tahun 2003 berada di dalamKabupaten Lampung Selatan yang kemudian dimekarkan menjadi Kabupaten Tanggamus.Sehingga Polres Tanggamus sebagai organisasi pemerintahan atau instansi yang bertanggung jawab terhadap situasi keamanan dan ketertiban di wilayahnya sehingga harus mempersiapkan personilnya secara profesional agar dapat menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat disana.Sebagai sebuah organisasi, Polres Tanggamus mempunyai kegiatan yang mencakupseperti apa yang dilaksanakan dalam organisasi lainnya. Di dalamnya ada visi, misi, rencanakerja, tujuan, sasaran, hingga masalah pengawasan dan pengendalian. Tentunya kesemuanyatergantung dan disesuaikan dengan kebijakan dari organisasi di atasnya.Salah satu faktor yang mendukung terselenggarakannya kegiatan di Polres Tanggamus,yang mendukung keberhasilan mencapai tujuan adalah kualitas dan kuantitas Sumber DayaManusia yang dimilki oleh Polres Tanggamus. Sumber Daya Manusia adalah merupakan faktor terpenting dalam menjalankan roda organisasi. Tanpa Sumber Daya Manusia yang baik, tujuanorganisasi akan sulit untuk di capai. Untuk itulah dalam lingkup organisasi Polres Tanggamus, pimpinan harus mampu untuk meningkatkan kinerja, dengan cara memberikan motivasi kepadaanggota agar semangat dan optimal dalam melaksanakan tugas. Menentukan kinerja yang dapat
1
 
dilakukan dengan menggunakan masukan dari staf dan masyarakat lingkungan kerja
1
. Salahsatunya adalah berbagai masukan tentang keberadaan personil Polres Tanggamus, dalamkualitasnya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.Motivasi adalah merupakan hal yang sangat penting dalam meningkatkan kinerja bagi personil Polres Tanggamus. Motivasi merupakan hal yang sangat penting dalam mendorong personil Polres Tanggamus, agar dapat melaksanakan tugas dalam menegakkan hukum, perlindungan pengayoman dan pelayanan masyarakat, serta menciptakan Kamtibmas di wilayahhukum Polres Tanggamus. Oleh karena itu, penting kiranya bagi pimpinan Polres Tanggamusuntuk memberikan motivasi kepada anggotanya, untuk meningkatkan kinerja di PolresTanggamus.
2.Identifikasi Masalah
Sumber Daya Manusia adalah merupakan faktor yang sangat penting dan sangat dominandalam menentukan keberhasilan sebuah organisasi, termasuk Polres Tanggamus. Sehingga sangat perlu bagi kita, untuk meningkatkan kualitas untuk personel di Polri di Polres Tanggamus, agar dapat mewujudkan apa yang menjadi tujuannya yaitu melaksanakan amanat undang-undangdalam tugas pokoknya menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukumdan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.
2
Sehingga dalam makalah ini, penulis dapat merumuskan permasalahan yaitu
“Bagaimanakah upaya Kapolres Tanggamus dalam meningkatkan kinerja personel anggota Polri di Polres Tanggamus dalam mendukung pelaksanaan tugas pokoknya untuk menciptakankeamanan dan ketertiban masyarakat, penegakkan hukum dan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Tanggamus?”
Hal tersebut akan berusaha penulis bahas dalam uraian pembahasan di dalam makalah ini,sesuai dengan teori-teori-teori yang ada, dan disesuaikan dengan keadaan dan kondisi dilapangan, yang memang menuntut dilakukannya upaya-upaya untuk meningkatkan kinerjaanggota Polri khususnya di Polres Tanggamus.
3.Maksud dan Tujuana.Maksud
1
Evodia Iswandi, POLISI PROFESIONAL DAN BERSAHABAT, Yayasan ILYD, Tangerang, Mei 2006,Halaman 5.
2
Undang-undang No 2 tahun 2002 tentang KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA, pasal 13,Babinkum Polri, Agustus 2002.
2
 
Maksud dari disusunnya makalah ini adalah selain melaksanakan tugas yang diberikanoleh dosen juga memberikan gambaran / deskripsi kepada pembaca mengenai cara pimpinanPolres Tanggamus dalam memberikan motivasi anggotanya untuk melaksanakan tugas pokoknya sebagai sebagai pelayan, pelindung, pengayom masyarakat dan penegak hukum,dengan mendasari Renja Polres Tanggamus TA.2008 dan beberapa referensi keilmuan yangrelevan dengan pelaksanaan tugas pokok Polri.
b.Tujuan
Dengan penulisan makalah ini, kami mengharapkan agar makalah ini dapat dijadikansebagai referensi dan tambahan wawasan / pengetahuan bagi pembaca mengenai hal-halyang berkenaan denganpelaksanaan pemberian Motivasi kerja dalam rangka meningkatkankinerja personil Polres Tanggamus .
BAB IIIP E M B A H A S A N
Salah satu program ataupun rencana yang tercantum dalam rencana kerja Polres Tanggamusadalah meningkatkan kemampuan serta pemeliharaan sumber daya manusia yang dalam hal iniadalah personil Polres Tanggamus. Esensi dasar pengembangan sumber daya manusia adalahmenyentuh kebutuhan dasar dari sumber daya manusia yang bersangkutan. Salah satu dimensikebutuhan dasar dari sumber daya manusia atas karakteristik yang mereka miliki adalah
3

Activity (139)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Firman Rahim liked this
Ayubi Radinal liked this
Ayu Yuliana liked this
Rahmad MaQfirah liked this
odinkclassic liked this
Misbah Areekpas liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->