Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
45Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perlindungan Masyarakat di UU Lingkungan Hidup

Perlindungan Masyarakat di UU Lingkungan Hidup

Ratings:

4.71

(17)
|Views: 5,738 |Likes:
Published by dolly99
Pengerusakan lingkungan dan aspek penegakan hukum UU Lingkungan Hidup
Pengerusakan lingkungan dan aspek penegakan hukum UU Lingkungan Hidup

More info:

Published by: dolly99 on Aug 11, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/09/2014

pdf

text

original

 
PERGURUAN TINGGI ILMU KEPOLISIANMAHASISWA ANGKATAN LI
 TUGAS MAKALAHMATA KULIAH HUKUM LINGKUNGAN HIDUP
Oleh:Jakarta, Januari 2007
 
BENCANA BANJIR DAN KAITANNYA DENGAN FAKTOR-FAKTOR PENEGAKANHUKUM LINGKUNGAN DI SEKITAR TAMAN NASIONAL BUKIT BARISANKABUPATEN TANGGAMUS PROVINSI LAMPUNGI PENDAHULUAN1.Latar Belakang Masalah
Lingkungan hidup merupakan persoalan sangat penting dan strategisbagi kelangsungan kehidupan umat manusia di muka bumi ini. Mengapa haltersebut sangat vital bagi kehidupan manusia ? karena dengan adanya faktor-faktor pengganggu terhadap lingkungan hidup menyebabkan terganggunyakelestarian fungsi lingkungan hidup seperti menurunnya daya dukung dan dayatampung lingkungan serta meningkatnya kejadian bencana alam yang padaakhirnya bermuara pada menurunnya kualitas kehidupan manusia baik generasimasa kini maupun masa depan. Penyebab utama kerusakan lingkungan sudahtentu adalah ulah sebagian manusia mengeksploitasi lingkungan hidup demialasan kepentingan ekonomi dan sosial serta kependudukan.Beberapa aspek kependudukan yang masih menjadi penyebabkerusakan lingkungan adalah tingginya pertumbuhan penduduk ,ketidakseimbangan penyebaran penduduk , rendahnya kualitas sumber dayamanusia dan perubahan gaya hidup suatu wilayah. Di Provinsi Lampung,disamping hal tersebut diatas yang menjadi penyebab utama kerusakanlingkungan, faktor lemahnya penegakan hukum tampaknya juga ikut memberikankontribusi yang sangat besar mempercepat berkurangnya fungsi lingkunganhidup. Walupun usaha penindakan pelanggaran terhadap perusak lingkunganhidup dan usaha preventif yang telah dilakukan. Akan tetapi usaha yang bersifatpreventif dan represif masih tetap relevan dilakukan dengan wujud upayaKerjasama Triparti antara pemerintah daerah, masyarakat dan Instansikepolisian (Polri). Oleh karena itu peningkatan kesadaran manusia menjadisangat strategis untuk untuk tidak hanya mengeksploitasi lingkungan bagikepentingan sesaat semata, namun juga diimbangi dengan upaya pemulihandan pelestarian lingkungan bagi kepentingan masa depan karena lingkunganhidup merupakan warisan berharga bagi anak cucu kita.
 2
 
Masalah lingkungan yang akan kita bahas adalah masalah banjir yangpada Bulan Januari tahun 2007 terjadi di Kabupaten Tanggamus, ProvinsiLampung yang menggenangi 7 kecamatan atau tepatnya di 74 desa diKabupaten tersebut yang menyebabkan kerugian materiil ditafsir mencapaimilyaran rupiah. Hal ini terjadi akibat ulah manusia itu sendiri dengan tanpapandang bulu membabat kawasan hutan lindung Taman Nasional Bukit Barisanuntuk diganti dengan tanaman produksi. Kesalahan masa lalu tersebut telahmengakibatkan erosi besar-besaran, air hujan meluncur dari perbukitan sambilmembawa lumpur mendangkalkan Sungai Way Sekampung dan beberapa anaksungainya. Pendangkalan sungai telah sedemikian parahnya, akibatnya ketikamusim hujan air meluap dan sebaliknya pada saat kemarau terjadi kekeringandan kekerdilan tanah pada sebagian wilayah kabupaten tersebut yang sebagianbesar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani sawah danperkebunan.Kawasan Hutan Lindung Taman Nasional Bukit Barisan beserta kekayaanyang dikandungnya banyak dibutuhkan untuk kesejahteraan manusia, namunsering pengeksploitasiannya dilakukan secara berlebihan dan tidakmemperhatikan kelestarian sumber dayanya sehingga hutan tersebut menjadirusak dan membawa dampak buruk yang luas atau bencana bagi msyarakatyang ada disekitarnya. Akibatnya dapat kita rasakan bahwa kerusakan hutan dikawasan hutan kawasan tersebut sekarang ini dapat dirasakan akibatnya dalambentuk bencana bencana-bencana alam yang terkadang pula memakan korban jiwa manusia dan kerugian materiil yang tidak sedikit. Seperti banjir yang terjadidi wilayah Kabupaten Tanggamus pada saat itu.
2.Maksud dan Tujuana.Maksud
Maksud penulisan makalah ini adalah disamping untuk melaksanakanpenugasan pembuatan makalah yang materinya menyangkut masalahlingkungan hidup dari Dosen, makalah ini pula bertujuan sebagai saranauntuk belajar dalam menuangkan pemikiran saya tentang Mata KuliahLingkungan Hidup yang diterima dengan ditunjang dengan beberapareferensi – referensi yang relevan dengan permasalahan ini.
 3

Activity (45)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Asy Ari liked this
Khadijah Qoriah liked this
Zulkarnaen Barus liked this
kigunungmenyan liked this
ebsakun liked this
Alphachilli Zr liked this
Adiyanto liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->