Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
12Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Disiplin Kerja Dengan Menggunakan Alat Biometrik Jenis Finger Print Bagi Para Pekerja

Disiplin Kerja Dengan Menggunakan Alat Biometrik Jenis Finger Print Bagi Para Pekerja

Ratings: (0)|Views: 679 |Likes:
Published by Yudo Nugroho

More info:

Published by: Yudo Nugroho on Jan 14, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/06/2013

pdf

text

original

 
Disiplin Kerja Dengan MenggunakanBiometrik Finger Print Bagi Karyawan
Oleh:Yudo Nugroho (07.1.02.03544)
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIASURABAYA2010
 
 
Disiplin Kerja Dengan Menggunakan Biometrik Finger PrintBagi Karyawan
 A.
 
Latar Belakang
Teknologi Informasi (TI) bukalah hal yang tabu pada zaman sekarangini, banyak orang yang pernah atau tidak penah sama sekali mengenyam pendidikan di Sekolah atau Kampus sudah mengenal dengan TeknologiInformasi. Seyogyanya kelebihan yang ada dibidang TI sudah digunakan diseluruh aspek kehidupan mulai dari Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya,Pertahanan dan Keamanan sehingga segala sesuatunya dapat dikerjakandengan seefektif dan efisien mungkin.Perjalanan TI memang diakui sangat pesat di Dunia ini padahal perkenalannya pertama kali bukan berapa abad yang lalu atau masih baru, olehkarena itu kita dituntut untuk dapat mengikutinya karena TI dapat mendukungseluruh aktifitas hidup kita, dapat dibayangkan jika kita berada di Dunia tanpaTI maka tidak ada mobil untuk pergi ke kantor, tidak ada Handphone untuk komunikasi di jalan dan tidak ada hal lainnya yang tadinya tidak mungkinmenjadi mungkin. TI sendiri di Negara Indonesia sudah menjadi bagian hidupyang kental, sekarang seluruh Perusahaan yang ada di Indonesia sudah bersaing dalam menggunakan TI karena manfaatnya yang tidak dapatdigantikan oleh uang. Dunia pendidikan sudah terinfeksi pula oleh TIsehingga mata pelajaran dan bahkan sistem yang ada di Tata Usaha sudah berprinsip TI.
Efektivitas dan Efisiensi
Efisiensi dan efektifitas sekarang bukanlah hal yang tabu untuk dibicarakan karena sebuah perusahaan baik nasional atau multi nasional sudah berbicara tentang efisien dan efektifitas, karena dua hal ini dapat berpengaruhkepada kinerja perusahaan. Efektifitas perusahaan dapat diartikan Tingkatkeberhasilan perusahaan dalam usaha untuk mencapai tujuan atau sasarannya.
 
Penggunaan Teknologi pada Efektifitas Kerja
Penggunaan teknologi untuk perusahaan sebagai acuan efektifitaskinerja adalah adanya pengadaan sistem terkomputerisasi dalam aktifitas kerjasalah satunya adalah sistem absensi karyawan menggunakan sistemkomputerisasi yang baik yaitu Sistem Biometrik, dengan sistem ini kinerjakaryawan akan lebih cepat karena tidak harus antri absen terlalu lama danmembuang waktu atau kertas.Perusahaan bisa menghemat waktu dan uang ketika sistemkomputerisasi dijalankan menggunakan Biometrik karena tidak perlu adakartu atau kertas guna mendukung sistem absensi, sehingga bagian SDM atau penggajian hanya perlu melihat laporan hasil absensi tanpa harus memantausistem absensi karyawannya.
B.
 
Teknologi Biometrik Untuk Absensi
Biometrik adalah suatu keadaan fisik tertentu ataupun suatu perilakutertentu yang unik pada diri seseorang. Biometrik merupakan suatu teknologi baru yang memiliki fungsi utama untuk mengenali seseorang melalui sidik  jari, wajah, mata atau bagian tubuh yang lain. Keunggulan sistem biometrik antara lain :1.
 
Biometrik sulit hilang (fisik) atau terlupa (perilaku) kecuali karena faktor-faktor tertentu, misalkan rusaknya sidik jari karena terluka.2.
 
Biometrik sulit untuk ditiru atau disalin.3.
 
Biometrik mengharuskan pemilik bersangkutan untuk hadir di tempatidentifikasi dilakukan.Pada dasarnya ada dua macam proses pengamanan menggunakansistem biometrik, yaitu:
1.
 
Verifikasi Untuk Keperluan Otentifikasi
Pada proses ini, orang harus memasukkan user-id (misalkan no.id)kemudian diikuti pengamannya (misalkan password, sidik jari, wajah,

Activity (12)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Resti Januarsi liked this
Fhiia Maulida liked this
Qoriansyah Fadly liked this
Kieka Ramadanni liked this
Kieka Ramadanni liked this
Vicky Riandi liked this
Opik Petet liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->