Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
37Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Biaya Kualitas

Biaya Kualitas

Ratings: (0)|Views: 1,497 |Likes:
Published by Yudo Nugroho

More info:

Published by: Yudo Nugroho on Jan 14, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/10/2013

pdf

text

original

 
 
Biaya Kualitas
Kelompok 2:Ridam Sasmito (07.1.02.03502) Yudo Nugroho (07.1.02.03544)
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIASURABAYA2010
 
 
 
Bi
aya
  ¡  
a
¢ 
i
tas
Bi
aya
£¤  
a
¥ 
i
tas
Kegiatan yang berhubungan dengan kualitas adalah kegiatan yang dilakukankarena mungkin atau telah terdapat kualitas yang buruk. Biaya-biaya untukmelakukan kegiatan-kegiatan tersebut disebut biaya kualitas. Jadi, biaya kualitasadalah biaya-biaya yang timbul karena mungkin atau telah terdapat produk yangburuk kualitasnya. Definisi ini mengimplikasikan bahwa biaya kualitas berhubungandengan dua subkategori dari kegiatan-kegiatan yang terkait dengan kualitas:
1
¦ 
 
Ke
g
i
atan P
e
ng
e
nda
§ 
i
an (C
¨  
nt
© ¨  § 
 
  
ct
ivi
t
i
e
s)
Kegiatan ini dilakukan oleh suatu perusahaan untuk mencegah ataumendeteksi kualitas yang buruk (karena kualitas yang buruk mungkin terjadi). jadi, kegiatan pengendalian terdiri dari kegiatan-kegiatan pencegahan danpenilaian. Biaya pengendalian (control costs) adalah biaya-biaya yangdikeluarkan untuk menjalankan kegiatan pengendalian.
2
 
 
Ke
g
i
atan
K
a
 
e
na
Ke
gaga
 
an (Fa
ilur
e
 
  
ct
ivi
t
i
e
s)
Kegiatan ini dilakukan oleh perusahaan atau oleh pelanggannya untukmerespons kualitas yang buruk (kualitas buruk memang telah terjadi). Jikarespons terhadap kualitas yang buruk dilakukan sebelum produk cacat (tidakmemiliki kesesuaian, tidak bisa diandalkan, tidak tahan lama, dan seterusnya)sampai ke pelanggan, maka kegiatannya diklasifikasikan sebagai kegiatankegagalan internal. Sebaliknya, jika respons muncul setelah produk sampai kepelanggan, maka kegiatannya diklasifikasikan sebagai kegiatan kegagalanekstemal. Biaya kegagalan (failure cost) adalah biaya-biaya yang dikeluarkanoleh perusahaan karena telah terjadinya kegiatan karena kegagalan.Perhatikan bahwa definisi kegiatan kegagalan dan biaya kegagalanmenunjukkan bahwa respons pelanggan atas kualitas yang bunik dapat memperbesar biaya bagi perusahaan. Definisi mengenai kegiatan-kegiatan yangberhubungan dengan kualitas juga rnenunjukkan empat kategori biaya kualitas:
 
 
a
 
 
Bi
aya P
e
nc
e
ga
  
an (P
r
e
v
e
nt
io
n C
o
sts)
Biaya pencegahan terjadi untuk mencegah kualitas yang buruk padaproduk atau jasa yang dihasilkan. Sejalan dengan peningkatan biayapencegahan, kita mengharapkan biaya kegagalannya turun. Contoh daribiaya pencegahan adalah biaya rekayasa kualitas, program pelatihan kualitas,perencanaan kualitas, pelaporan kualitas, pemilihan dan evaluasi pernasok,audit kualitas, siklus kualitas, uji lapangan, dan peninjauan desain.
b.
 
Bi
aya P
e
n
il
a
i
an (
  
pp
r
a
i
sa
l
C
o
sts)
Biaya penilaian terjadi untuk menentukan apakah produk dan jasatelah sesuai dengan persyaratan atau kebutuhan pelanggan. Contoh biaya initermasuk biaya pemeriksaan dan pengujian bahan baku, pemeriksaankemasan, pengawasan kegiatan penilaian, penerimaan produk, penerimaanproses, peralatan pengukuran (pemeriksaan dan pengujian), dan pengesahandari pihak luar. Dua dari istilah-istilah tersebut membutuhkan penjelasanlebih lanjut.Penerimaan produk (product acceptance) meliputi pengambilansampel dari batch barang jadi untuk menentukan apakah telah memenuhistandar kualitasnya, bila memenuhi, produk diterima. Penerimaan proses(process acceptance) meliputi penarikan sampel barang dalam proses untukmengetahui apakah prosesnya berada dalam kendali dan memproduksibarang tanpa cacat; bila tidak, proses akan dihentikan dan menunggu sampaitindakan perbaikan dilakukan. Tujuan utama dari fungsi penilaian adalahuntuk mencegah disampaikannya barang cacat ke pelanggan.
c
.
 
Bi
aya
Ke
gaga
l
an Int
e
r
na
l
(Int
e
r
na
l
Fa
ilur
e
C
o
sts)
Biaya kegagalan internal terjadi karena produk dan jasa yangdihasilkan tidak sesuai dengan spesifikasi atau kebutuhan pelanggan.Ketidaksesuaian ini dideteksi sebelum dikirim ke pihak luar. Ini adalahkegagalan yang dideteksi oleh kegiatan penilaian. Contoh dari biayakegagalan internal adalah sisa bahan, pengerjaan ulang, penghentian mesin

Activity (37)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Wawan Putu Harun liked this
lisye92 liked this
Fitria Anggraeni liked this
Usman Affan liked this
Penk Pery liked this
winda chan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->