Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
8Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH Aplikasi Internet

MAKALAH Aplikasi Internet

Ratings: (0)|Views: 5,120|Likes:
Published by appror

More info:

Published by: appror on Jan 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/01/2013

pdf

text

original

 
Download versi file Ms. Word-nya di:
BAB IPENDAHULUANA.
 
LATAR BELAKANG
Didalam era abad 21 ini rasanya tidaklah mungkin kita tidak mengenal apaitu internet, hamper setiap orang sudah mengenalnya dari anak-anak sampai orangdewasa sudah banyak yang mengenalnya. Namun, sangat sedikit dari mereka yangmengetahui secara rinci dan pasti bagaimana internet itu bias digunakan dan bekerja.Di dalam makalah ini kami akan mencoba untuk mengupas permasalahan tersebutsecara rinci, walaupun masih ada kekurangan dan kelemahan.Khususnya bagi para mahasiswa, kiranya makalah ini akan dapat menjadikansuatu rujukan atau referensi bagi peningkatan penguasaan teknologi dan informasi.Dalam makalah ini akan dibahas tentang web server atau yang lebih dikenaldengan web hosting yang merupakan aplikasi terpenting dalam internet, kemudiandilanjutkan dengan mail server yang sangat berguna bagi para user sebagai saranaberbagi informasi dan lain-lain, selanjutnya kami juga akan membahas tentang e-learning yang merupakan suatu metode terbaru dalam dunia pendidikan yangmenggunakan internet sebagai pembelajaran on line. Dilanjutkan pembahasantentang e-commerce yang sangat berguna bagi dunia bisnis yang mampumempercepat dan mempermudah transaksi bisnis, kemudian e-banking yangmerupakan kemajuan bagi dunia perbankan, dan yang terakhir adalah videostreaming yang merupakan sarana untuk melihat video secara on line.
B.
 
BATASAN MASALAH
Dalam pembahasan makalah ini kami akan menguraikan tentang :1.
 
Web server,2.
 
Mail server,3.
 
E-learning,4.
 
E-commerce,5.
 
E-banking,6.
 
Video streaming.
C.
 
TUJUAN DAN MANFAAT
Tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliahPengantar Teknologi Informasi semester ganjil tahun akademik 2008/2009, sertauntuk mengetahui lebih lanjut tentang aplikasi-aplikasi yang digunakan dalaminternet.Diharapkan manfaat dari pembahasan ini adalah dapat menambahpengetahuan kita tentang aplikasi-aplikasi internet, sehingga kita tidak hanya biasmenggunakan internet tanpa tahu apa internet itu sebenarnya dan tentunya biasdijadikan bahan referensi pembelajaran.
 
Download versi file Ms. Word-nya di:
BAB IIPEMBAHASANA.
 
WEB SERVER
1.
 
PengertianServer web adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerimapermintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web danmengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yangumumnya berbentuk dokumen HTML. Server web yang terkenal diantaranyaadalah Apache dan Microsoft Internet Information Service (IIS). Apachemerupakan server web antar-platform, sedangkan IIS hanya dapat beroperasi disistem operasi Windows.2.
 
Teknik Instalasi Web ServerDalam pembahasan ini kami akan mengambil contoh teknik instalasi web servermenggunakan windows 98, karena keterbatasan kami dalam memperolehreferensi sehingga kami tidak bisa menghadirkan pembahasan dalam systemoperasi windows 200 atau windows XPPada kesempatan ini akan di jelaskan, teknik instalasi beberapa Web server diWindows 98, yaitu:Personal Web Server (PWS)
 – 
 http://www.studiodeluxe.net/pws/index.htm.  Atau di CD Microsoft Windows 95/98 original, directory Add-ons/pws.Xitami
 – 
 – 
 – 
 http://www.apache.org Binary file yang dibutuhkan untuk instalasi beserta dokumentasinya dapatdiambil secara gratis pada URL terlampir di atas.Pada kesempatan ini, skenario sederhana yang dikembangkan adalah sebuahserver yang akan menservis dengan sebuah situs web saja. Web tersebut dapat diakses secara lokal di komputer server, atau melalui LAN dari workstation diIntraNet (bukan Internet).Agar situs Web tsb. dapat di kenal & di akses di Internet, maka yang harusdilakukan adalah:Memasang PC Web server di jaringan yang tersambung 24 jam ke Internet.Biaya operasional / telekomunikasi akan meningkat drastis, di sampingkemungkinan di hack.Registrasi domain Web ke registrar di Internet sesuai dengan IP address yangdigunakan & diperoleh dari ISP.Terus terang, untuk versi produksi Web server di Internet, biasanya kitamenggunakan Linux / UNIX dengan software apache web server yang terkenalhandal sekali & aman. Paling tidak Web server di Windows, cukup baik untuk keperluan IntraNet, deveopment web di local server & belajar.Sebelum instalasi Web server dilakukan, TCP/IP pada PC harus di set lebih dulu.Pada Windows 98 tersedia di Start
Settings
Control Panel
Network.Secara umum proses instalasi berbagai paket program Web server ini sangatsederhana sekali. Biasanya terdiri dari beberapa kali klik next & finish. FileHTML yang telah kita edit dapat di letakan di directory yang telah di tentukansebelumnya. Selanjutnya, situs kita biasanya dapat dilihat menggunakan browser(seperti Internet Explorer) secara local pada alamathttp://localhost atau http://127.0.0.1. 
 
Download versi file Ms. Word-nya di:
http://bisnisbook.wordpress.com http://ebookloe.wordpress.com 3Tentunya banyak fasilitas yang di sediakan paket program Web server, terutamauntuk menangani programming Common Gateway Interface (CGI), statistik dll.Semua bagian integral dari adminitrasi situs Web.
Personal Web Server (PWS)
PWS adalah personal Web server yang lumayan lah untuk belajar. Untuk keperluan produksi di Internet, sebaiknya menggunakan Internet InformationServer (IIS) yang ada di CD WindowsNT. PWS dapat di peroleh di dalam CDMicrosoft Windows 95/98 original, direktori Add-ons atauhttp://www.studiodeluxe.net/pws/index.htm. Proses instalasi sangat sederhana sekali, yaitu:a.
 
Masukan CD Windows 98, masuk ke directory add-ons/pws.b.
 
Jalankan setup.exe.c.
 
Klik Next sekitar 4-5 kali untuk menyelesaikan semua proses instalasi.d.
 
Pada saat instalasi pilih instalasi typical & directory c:\inetpub\wwwrootsebagai tempat menyimpan file HTML.e.
 
Setelah semua selesai terinstalasi reboot komputer.PWS sudah langsung beroperasi & dapat di akses padahttp://localhost atau http://127.0.0.1.File HTML anda perlu dimasukan ke directoryc:\inetpub\wwwroot. Berbagai fasilitas PWS dapat dilihat pada properti PWSyang dapat di akses dari icon di kanan bawah pada desktop Windows.Fasilitas administrasi PWS sangat naif sekali, praktis tidak ada. Ada beberapainformasi tentang statistik Web yang mungkin berguna untuk melihat trafik server. Dua hal yang sangat membantu pada PWS untuk pengguna peroranganadalah fasilitas:a.
 
Publishb.
 
Web site.Dengan fasilitas Web site, seseorang menjadi sangat di bantu untuk membuatsitus Web pribadinya. Template-template yang sangat berguna untuk membuat

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
SyiFa liked this
Affan Brians liked this
Ozi FAuzi liked this
Para Mesywari liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->