Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
183Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KLIPING OLAHRAGA

KLIPING OLAHRAGA

Ratings: (0)|Views: 36,141 |Likes:
Published by RidLwan Insyaaff

More info:

Published by: RidLwan Insyaaff on Jan 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/13/2013

pdf

text

original

 
KLIPING OLAHRAGA
Oleh: Nur HalimahKelas: IX C
Jalan kaki
merupakan olahraga murah tapimenyehatkan. Bahkan, bisa bikin langsing. Risiko cedera pun amat kecil.Banyak alasan seseorang melakukan latihan jalan kaki. Tahu atau tidak alasan sebenarnya,umumnya mereka menyatakan alasan kesehatan. Benar! Jalan kaki memang memberi manfaatkesehatan pada jantung, otot dan persendian, tulang, metabolisme, bobot badan, dan pikiran.
Segudang manfaat
Dengan jalan kaki teratur sistem dalam tubuh menjadi lebih baik dalam pengaturan gula darah.Karenanya, banyak penderita
diabetes mellitus
dapat mengurangi kebutuhan insulin bilamereka melakukan latihan jalan kaki.Jalan kaki pula yang merupakan olahraga ideal untuk menjaga bobot badan, karena dapatmeningkatkan penggunaan kalori, mengendalikan nafsu makan, dan membakar lemak. Kalau jumlah kalori yang kita gunakan untuk jalan kaki sama dengan yang kita konsumsi, kita dapatmemelihara bobot badan. Jika kalori yang terbakar lebih banyak dari yang kita konsumsi, kita bisa menurunkan bobot badan. Yang tak kalah pentingnya, jalan kaki dapat meningkatkangambaran diri serta mengurangi depresi (susah berkepanjangan) dan kecemasan.Hasil penelitian menyatakan, nilai aerobik jalan kaki termasuk baik. Penelitian di UniversitasWake Forest Carolina Utara pada 1971 menunjukkan, terjadinya peningkatan 18% dalamkonsumsi oksigen serta penurunan bobot badan dan lemak pria tengah baya yang melakukan program jalan kaki selama 20 minggu.
 
Sementara, penelitian di Universitas Massachusetts pada 1987 melaporkan, 67% pria dan 91%wanita yang diteliti dapat mencapai denyut nadi dalam zona latihannya pada waktu mereka jalan 1,6 km secepat-cepatnya dapat mereka lakukan. Penelitian menunjukkan pula bahwa priadan wanita yang telah mencapai puncak kebugaran dapat memperoleh manfaat aerobik dari jalan kaki.Pepatah yang sering menyebutkan bahwa jiwa yangsehat menuntun pada kesehatan fisik ternyata memang benar.Hasil penelitian yang dilakukan di University of Pittsburgh Medical Center mengungkapkan bahwa membentuk diri agar selalu bersikap optimis dan berpikir positif tak hanya membuatdiri kita lebih semangat menjalani hidup. Rupanya hal ini juga berdampak baik bagi kesehatantubuh, terutama jantung.Sebaliknya, mereka yang selalu berpikiran negatif dan pesimis akan meningkatkan risikoterkena penyakit jantung dan mempercepat kematian. Demikian keterangan yang dikutip dari
Medical News Today
, Jumat (14/8/2009)."Penyebab utamanya kami tidak tahu pasti. Namun terbukti bahwa sikap kita sangat berpengaruh terhadap penyakit jantung dan kesehatan," kata Hilary A. Tindle yang memimpin penelitian ini.Dalam studi ini, Tindle dan timnya menganalisa perkembangan sebanyak 97.000 dari 162.000wanita yang berada pada masa postmenopause. Sebelumnya mereka terlibat sebuah studi yang berlangsung selama 15 tahun. Ketika penelitian dimulai, tidak seorang pun dari merekamemiliki penyakit jantung.Mereka kemudian diminta melengkapi survei yang diancang untuk mengetahui tingkatoptimisme, tingkat kebencian dan sikap pesimisme mereka.
 
Delapan tahun kemudian, diketahui bahwa hasilnya menelurkan kesimpulan, perempuandengan skor paling tinggi dalam menunjukkan rasa optimisme mereka berisiko sembilan persen lebih kecil mengalami penyakit jantung. Selain itu mereka pun memiliki 14 persenrisiko lebih kecil mengalami kematian akibat banyak hal dibandingkan perempuan denganskor terendah. (srn) (14 Agustus 2009)Menarik napas dalam-dalam, seperti yang lazimdilakukan pada olahraga pernapasan, sebenarnya merupakan suatu sarana yang membantutubuh untuk mengubah udara yang dihirup menjadi energi.Aliran udara berenergi ini mampu menghasilkan tenaga dalam yang akan disebarkan keseluruh bagian tubuh. Efeknya bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan ketegangan otot diseluruh tubuh, menyegarkan kembali pikiran yang lelah, atau meringankan rasa sakit di bagian-bagian tubuh tertentu. Namun demikian, bukan berarti kondisi kesehatan yang menyeluruh hanya bergantung padaolahraga pernapasan saja.Anda tetap membutuhkan olahraga lain, yaitu olahraga aerobik intensitas sedang hinggatinggi. Sedangkan pada umumnya olahraga pernapasan termasuk dalam kategori aerobik lowimpact berintensitas rendah, sehingga sulit mencapai target heart rate yang diharapkan.Untuk menyiasatinya seperti dikutip tipssehat.com, disarankan untuk membuat variasi latihanolahraga setiap minggunya. Misalnya hari Senin berjalan kaki selama setengah jam, hari Rabu bersepeda setengah jam dan kemudian hari Sabtu olahraga pernapasan selama satu jam.Dengan begitu, Anda dapat memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan untuk mencapaikesehatan jantung dan paru-paru maksimal. Bagi Anda yang aktif dalam kegiatan olahragalain yang spesifik, seperti tenis atau joging, pernapasan dalam dapat meningkatkan staminadan memperbaiki prestasi.Otot-otot dan susunan saraf menjadi lebih responsif, terkendali dan terkoordinasi dengan baik,sehingga lebih mudah bagi Anda untuk melakukan gerakan-gerakan yang sulit sekalipun.Apalagi bagi Anda yang sering melakukan pekerjaan berat atau aktivitas yang padat setiapharinya, kegiatan seperti ini dapat merengganggkan otot saraf Anda sehingga otot tidak tegangdan dapat melakukan aktivitas dengan bik setiap hari. (cr1)........5 Februari 2009.

Activity (183)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
riman_thea liked this
m juari liked this
citra212 liked this
baimtrisna liked this
Tulik Mamaeabid liked this
Nancy Tessa Lonika Stg added this note
hf
hemranin liked this
Zaim Bin Madi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->