Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
22Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Modul Bahasa Indonesia Smp Kelas Vii Semester II

Modul Bahasa Indonesia Smp Kelas Vii Semester II

Ratings: (0)|Views: 6,400|Likes:

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: R Alfian Arif Bintara on Jan 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/05/2013

pdf

text

original

 
MODUL BAHASA INDONESIA SMP KELAS VII SEMESTER IIOleh : Alfian Arif BintaraMENULISStandar Kompetensi :
12. Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat.
Kompetensi Dasar :
12.1 Mengubah teks wawancara menjadi narasi dengan memperhatikan cara penulisankalimat langsung dan tak langsung.12.2 Menulis pesan singkat denga menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun.Setelah kalian memahami materi wawancara, pada pembelajaran ini kalian akan belajar menarasikan teks wawancara. Perlu dicermati lagi bahwa wawancara biasanya berupakalimat langsung. Jika dinarasikan maka kalian harus mengubah kalimat tersebut menjaditak langsung. Masih ingatkah kalian kalimat langsung dan tak langsung?
A. Kalimat langsung adalah
: Kalimat hasil kutipan pembicaaraan seseorang persisseperti apa yang dikatakannya.Contoh :Kata Desmon,”
 Anggel nanti pulangnya saya antar!”
“Anggel Nanti pulangkanya kamu saya antar ya?” kata Desmon.
 Kata Desmon disebut kalimat pengiring.
 Jikapengiring di belakang perhatikan tanda baca sebelum tanda kutib( Jika kalimat tanya dan perintah sebelum tanda kutib menggunakan tanda ? atau ! jika kalimat beritamenggunakan koma. Selain itu Huruf awal di pengiring huruf kecil perhatikan contohberikut.
1. ” Kapan bukuku kamu kembalikan
?
t
anya Samid.2. ” Belikan saya mobil baru
!
p
inta Tria.3. ” Saya akan datang nanti malam
,
ata Hamid.
Perubahan Kalimat Langsung ke Tak Langsung
Dalam perubahan bentuk ini perhatikan perubahan kata gantinya:Langsung —>Tak LansungSaya —-> Dia1
 
Kamu —–> SayaKalian —–> KamiKami —–> MerekaKita —–> KamiAda alternatif lain agar tidak menghafal :Caranya Posisikan diri anda menjadi orang yang diajak bicara setelah itu informasikankepada orang ketiga.
Contoh : Kata Dhani,” Coba
kamu
bantu
 saya
menyelesaikan tugas ini!”
Maka anda menjadi orang yang diajak bicara Dhani,Setelah itu ada orang lain yg bertanya : Dhani tadi bicara apa? jawab: Dhani mengatakan supaya
saya
membatu
dia
menyelesaikan tugas.Jawaban anda itulah kalimat tak langsungnya.
Ciri kalimat langsung :
1. Bertanda petik (“.....”)2. Intonasi bagian yang dikutip lebih tinggi daripada bagian lain3. Kata ganti orang pada bagian kalimat yang dikutip tetap.4. Tidak berkata lugas.5. Kalimat yang diberi tanda petik bisa berbentuk kalimat berita, tanya, atau perintah.
B. Kalimat Tak Lansung
.Kalimat menyatakan isi ujaran orang ketiga tanpa mengulang kata-katanya secaraCaramerubah Kalimat tak langsung ke Kalimat langsung.Contoh :Webby mengatakan bahwa dia akan datang kerumahku nanti sore.Untuk merubahnya maka anda harus :1. Menerka kira-kira Webby bicaranya apa saat itu.2. Ubahlah kembali ke Tak Langsung lagi sebagi cek ulang.Hasilnya :Kata Webby,” Saya nanti sore akan kerumahmu.”
Ciri kalimat tak langsung sebagai berikut
.1. Tidak bertanda petik.2. Intonasi mendatar dan menurun pada bagian akhir kalimat.3. Kata ganti orang pada bagian kalimat yang dikutip.4. Berkata lugas misalnya
bahwa, sebab, untuk, supaya.
2
 
5. Hanya berbentuk kalimat berita.
Perhatikan contoh menarasikan wawancara berikut ini!
Wartawan : “Wah hebat! Adik telah berhasil menjadi juara pertama OlimpiadeMatematika.”Pelajar : “Terima kasih.”Wartawan : “Berapa lama Adik mempersiapkannya?Pelajar : “Yah, kira-kira 1 tahun.”
Teks wawancara tersebut jika diubah menjadi narasi akan menjadi seperti berikutini!
Seorang pelajar telah berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika. Persiapanyang dibutuhkan untuk mengikuti lomba tersebut selama 1 tahun.Ubahlah teks wawancara berikut ini menjadi bentuk narasi!1. Wartawan : “Bagaimana perasaan Anda setelah berhasil mendapat piala kategori pemeran utama terbaik?”Dedy : “Yah, merasa bangga sekaligus bersyukur. Akhirnyakerja keras ini membuahkan hasil.”Wartawan : Apakah karena peran yang dimainkan sesuai dengankarakter Anda?”Dedy : “Saya kira, seorang aktor harus mampu memerankankarakter apa aja!”Wartawan : “Kalau begitu, Anda memang pantas mendapat pialaitu! Selamat, bung Dedy!”2. Wartawan : “Pak Wali, akhir-akhir ini kota Anda menjadi sorotankarena program penghijauan yang begitu gencar.”Pak Walikota : “Memang, kami ingin kota ini mendapat julukankota hijau atau kota seribu pohon.”Wartawan : “Bagaimana caranya, Pak?”Pak Walikota : “Dengan menghimbau agar warga senangmenanam dan kami memberi peringatan keras jika penebangan pohon dilakukan sembarangan.”Wartawan : “Wah, hebat! Semoga terlaksana, Pak!”Pak Walikota : “Terima kasih, Dik!”3

Activity (22)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Dian Fitriyani liked this
Salahuddin Emba liked this
joko_tm02 liked this
Neng Mitmit liked this
Setengah Diaz liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->