Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
75Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan RAT Koperasi

Laporan RAT Koperasi

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 8,811 |Likes:
Published by ahmad abdul syakur
Ahmad Abdul Syakur, RAT Koperasi
Ahmad Abdul Syakur, RAT Koperasi

More info:

Published by: ahmad abdul syakur on Jan 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/10/2013

pdf

text

original

 
JADWAL ACARA RAT TAHUN BUKU 2009KOPERASI PUTRA SEJAHTERA SMKN 6 SEMARANGNoWaktuAcaraPenanggung Jawab
1.13.00-13.30Mengisi daftar hadir peserta RATSie Acara2.13.30-14.00Pembukaan Sie Acara3.14.00-14.30a)Sambutan Kepsek SMKN 6 b)SambutanKepsek SMKN 6Ka Din Kop kota Semarang4.14.30-15.00a)Pembacaan acara dan pengesahan b)Pembacaan tata tertib dan pengesahanSekretaris5.15.00-15.30ISOMA615.30-16.00Laporan pertanggung -jawaban pengurus dan badan pengawasKetua pengurusBadan pengawas7.16.00-16.30Pandangan umum AnggotaPimpinan Sidang8.16.30-16.45Pengesahan Laporan pengurus dan BPtahun buku 2009Pimpinan Sidang9.PenutupSie Acara
KETENTUAN PESERTA RAT DAN AGENDA RATKOPERASI PUTRA SEJAHTERA TAHUN BUKU 2009A.Ketentuan Peserta
1.
Peserta RAT mengisi daftar hadir pada saat RAT 2009 akan dimulai.
2.
RAT 2009 diselenggarakan oleh pengurus dan badan pengawas KoperasiPutra Sejahtera SMK 6 Semarang dan dihadiri oleh seluruh anggota yang sudah tercatatsecara sah dari Koperasi Putra Sejahtera SMKN 6 Semarang serta tamu undangan.
3.
Dalam pemanggilan RAT Koperasi Putra Sejahtera apabila anggota tidak dapat hadir tidak dapat diwakilkan.
4.
Anggota yang tidak hadir (apabila RAT Koperasi Putra Sejahtera SMKN 6Semarang telah memenuhi quorum), maka dianggap menyetujui hasil RAT 2009 danatau hak suara dalam RAT 2009 hilang.
B.Agenda RAT
1.
Laporan Pertanggungjawaban pengurus dan pengawas.
2.
Pengesahan RAT 2009.
3.
Pembagian transport, SHU, Doorprize dan lain-lain.PROFIL LEMBAGA KOPERASI PUTRA SEJAHTERA
JL. SIDODADI BARAT NO.8 TELP. 8312438VISI
Bertekad menjadi lembaga usaha yang mandiri dan tangguh bermanfaat bagi kesejahteraan anggotadan keluarganya.
i.MISI
2.
Menumbuhkembangkan sumber daya manusia dan sumber daya ekonomi anggota koperasi pada khususnya dan ekonomi SMKN 6 Semarang pada umumnya.3.Menciptakan penyediaan modal bagi anggota dengan cepat dan sesuai dengan kebutuhan.4.Menumbuhkan usaha-usaha produktif anggota.
i.LEGALITAS : Badan hukum koperasi No.180.08/477
KEGIATAN POKOK 
1. Menghimpun potensi dana yang ada dalam lingkungan SMKN 6 Semarang untuselanjutnya didistribusikan kembali ke usaha-usaha koperasi dan selanjutnya ke anggota baik secara langsung maupun tidak langsung.
1
 
DAFTAR PENGURUSKOPERASI PUTRA SEJAHTERA SMK N 6 SEMARANGPERIODE 2009 – 2010
I.Badan Pembina : - Kantor Dinas Koperasi Kota Semarang- Kepala SMKN 6 Semarang.II. PengurusKetua: Drs. H. Husen Djunaidi, MMSekretaris: Drs. Ahmad Abdul SyakuBendahara: Dra. Endang Susilowati SIII.Pengawas: - A. Abdul Ghoni, S. Ag.- Dalgiri, SE.- Dra. Sri WahyuningsihIV.Pengelolaa.USP : Dra. Siti Isminingsih b.Pertokoan : Dra. SumartiStefiani Kristyc. Kredit Barang : Dra. Sri Sih Retningd. USP Pihak ke-3 : Fatimah Irdayani S.
V.
Alamat Kantor : Jl. Sidodadi Barat No. 8 SemarangTelp. 8312438
VI.
Tgl didirikan : 26 Juni 2001Pengesahan Kantor Pelayanan Kop dan UKM KotaMadya Semarang : No. 180.08/477
 
2. Mengembangkan usaha produktif bagi kemudahan kebutuhan anggota.
3.
Memfasilitasi kebutuhan anggota dengan penyediaan dana, barang dan jasa.
V. MANFAAT KOPERASI
5.Meningkatkan kesejahteraan seluruh anggota.
6.
Mendidik seluruh anggota untuk hidup hemat, tidak konsumtif, ekonomis dan berpandangan ke depan melalui sikap dan kebiasaan menyimpan di koperasi dan upaya produktif.
7.
Melayani anggota untuk mendapatkan modal dan dana serta konsultasi finansial.
VI. JENIS USAHA1.USP ( Unit Simpan Pinjam )
a.USP Koperasi Putra Sejahtera SMK N 6 Semarang adalah unit otonomi dari koperasi b.Membuka produk-produk:
Simpanan sukarela, diantaranya
Simpanan Hari Raya (Sihar) dapat diambil pada waktu Hari Raya
Simpanan Qurban (Siqor) dapat diambil pada hari Raya Qurban
Simpanan Hajatan (Sihat) dapat diambil pada waktu akan hajatan
Simpanan Pendidikan (Sidik) diambil waktu tahun ajaran baru
Simpanan lain-lain, sesuai dengan harapan para anggota.
c.Memberikan bunga simpanan / tabungan kepada anggota pada setiap produk simpanansukarela sebesar 3% kali akumulasi tabungan setahun.d.Besarnya bunga pinjaman pada Unit Simpan Pinjam sebesar 1,5% per bulan Flat (tetap)e.Pengembalian lagi bunga pinjaman sebesar 0,3% x besar pinjaman x jumlah angsuran,flat kepada peminjam yang akan diberikan bersama pembagian SHU pada rapat anggotatahunan (RAT)
f.Memberikan pelayanan pinjaman pada anggota sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangandengan jaminan surat pernyataan pemotongan gaji.
2.PERTOKOAN
a.pertokoan koperasi putra sejahtera adalah unit otonom yang menyediakan beberapa barangkebutuhan yang langsung maupun yang melalui pemesanan sebelumnya b.menyediakan barang/bahan keperluan hajatan dan kebutuhan praktik pada masing-masing jurusanyang ada, dengan pembayaran cash/tunai maupun tunda atau kredit dengan mencicilnya, dengan pelayanan sebaik-baiknyac.mewajibkan bagi anggota koperasi untuk belanja minimal Rp.10.000,00 (sepuluh ribu rupiah) perbulan
d.
mengembalikan kembali keuntungan kepada anggota sebesar 1% per bulan dikalikan besarnyanominal belanja yang akan diberikan bersama SHU pada rapat anggota tahunan (RAT)
3. UNIT SIMPAN PINJAM PIHAK KETIGA
a.Unit Simpan pinjam pihak ketiga adalah USP khusus menangani simpan pinjam dana dari Bank Muamalat dan PKPRI. b.Koperasi Putera Sejahtera berlaku sebagai executing artinya bertanggung jawab penuh terhadap pembayaran hingga lunas.
c.
Keuntungan yang diperoleh koperasi berasal dari spread/silisih dari pembelian dari pihak Bank/PKPRI dengan harga jual terhadap anggota.d.Tujuan program ini untuk membantu anggota yang memerlukan dana agak besar, meski keuntungankoperasi tidak besar, yang penting anggota terpenuhi kebutuhannya.
4. USAHA USAHA LAIN
a.
Membantu para siswa dalam merencanakan kegiatan wisata melalui tabungan wisata, sehingga para siswa tidak kesulitan mempersiapkan dana pada saat pelaksanaan study tour (wisata )yang diadakan oleh sekolah.
 b.
Menghimbau atau membuat kerja-sama dengan pedagang atau yang lainnya yang memasarkan /menjual barang dagangannya di dalam lingkungan sekolah..
VII.STRUKTUR KEPEMILIKAN
Koperasi Putra Sejahtera ini dimiliki oleh anggota yang telah menyerahkan simpanan pokok dan membayar simpanan wajib setiap bulannya sesuai dengan jumlah yang telah ditetapkan, daftar kepemilikan sebagai berikut
: ( terlampir )
2
 
VIII.PENGURUS DAN PENGAWAS
Kekuasaan yang dimiliki oleh pengurus koperasi berada dibawah kekuasaan rapat anggota.Pengurus hanya merupakan pemegang mandat yang dipilih, diangkat serta diberhentikan olehanggota. Pengurus harus membuat kebijakan yang tidak menyimpang dari Anggaran Dasar danAnggaran Rumah Tangga dan hasil keputusan rapat anggota lainnya dan pada Rapat AnggotaTahunan harus mempertanggung jawabkan hasil kerjanya kepada anggota.Secara umum, tugas utama pengurus Koperasi Putera Sejahtera adalah memimpinorganisasi dan perusahaan koperasi, melakukan segala perbuatan hukum dan atas nama koperasi,serta mewakili koperasi baik di dalam maupun di luar pengadilan.Pengurus dipilih dari anggota dan masa jabatan pengurus dan pengawas satu periode adalahtiga tahun dan setelah masa jabatannya berakhir dapat dipilih kembali.Unsur-unsur Pengurus Koperasi terdiri atas:KetuaSekretarisBendaharaPengelola:Unit Simpan PinjamUnit PertokoanUnit Kredit BarangUnit Simpan Pinjam dengan pihak ke tigaAnggota koperasi yang dapat dipilih menjadi pengurus adalah yang memenuhi persyaratansebagai berikut:1. Mempunyai sifat jujur dan keterampilan kerja.2. Mempunyai pengetahuan tentang perkoperasian.3. Mempunyai rasa disiplin dan tanggung jawab atas jalannya kegiatan usaha koperasi.Pengurus bertugas:
Menyelenggarakan rapat anggota.
Menyelenggarakan pembinaan organisasi.
Mewakili koperasi didalam dan diluar pengadilan.
Mengelola koperasi dan usahanya.
Mengajukan laporan keuangan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.
Menyelenggarakan pembukuan secara tertib.
Memelihara Daftar Buku Anggota, Buku Pengurus, dan Buku Pengawas.Pengurus berwenang:
Menentukan kebijaksanaan koperasi sesuai dengan Keputusan Rapat Anggota.
Memutuskan penerimaan dan penolkan anggota baru serta pemberhentian anggota sesuaidengan ketentuan dalam Anggaran Dasar.Arah dari langkah-langkah kebijakan penguirus tersebut telah ditetapkan melalui rencana kerjakoperasi yang dituangkan dalam hasil keputusan rapat anggota.Tugas dan wewenang masing-masing komponen pengurus itu dapat dirinci sebagai berikut:
a. Ketua:
Ketua Koperasi Putera Sejahtera memiliki tanggung jawab baik kedalam maupun keluar organisasi,dengan uraian tugas selengkapnya sebagai berikut:
Memimpin Koperasi dan mengkoordinasikan kegiatan seluruh Anggota dan Pengurus.
Mewakili Koperasi di dalam dan di luar pengadilan.
Melaksanakan segala perbuatan sesuai dengan Keputusan Rapat anggota dan RapatPengurus.
Ketua bertanggung jawab kepada Rapat Anggota
b. Sekretaris
Tugas utama sekretaris adalah sebagai penanggungjawab administrasi koperasi, adapun uraiantugasnya sebagai berikut:
Bertanggung jawab atas kegiatan administrasi.
Mengusahakan kelengkapan organisasi.
Memberi pelayanan administrasi pada pengelola
Menghimpun dan menyusun laporan kegiatan bersama ketua, bendahara dan pengawas.
Menyususn rancangan rencana program kerja bersama ketua dan pengawas.Sekretaris berwenang :
3

Activity (75)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Yani Ardi liked this
wyndjo liked this
Aulia Arfan liked this
kydava liked this
Gede Suyasa liked this
Dwi Winardi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->