Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
5Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Definisi uang

Definisi uang

Ratings: (0)|Views: 1,186|Likes:
Published by Anto PhaPhat

More info:

Published by: Anto PhaPhat on Jan 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/21/2013

pdf

text

original

 
Definisi uangDalam Ekonomi Tradisional Uang didefinisikan
Sebagai setiap alat tukar yangdapat diterima secara umum. Alat tukar itu berupa benda apa saja yang dapatditerima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa.
Dalam ilmu ekonomi modern definisi Uang adalah sb :
Menurut D.H. Robertson dalam bukunya Money, disebutkan bahwa uang adalahsesuatu yang bisa diterima dalam pembayaran untuk mendapatkan barang-barang.Menurut R.G. Thomas dalam bukunya Our Modern Banking menjelaskan uangadalah sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaranbagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya sertauntuk pembayaran utang.Menurut A.C. Pigou dalam bukunya The Veil of Money, yang dimaksud uang adalahalat tukar.
Menurut fungsinya Uang diartikan
: uang adalah sebagai satuan nilai dansebagai standar pembayaran yang tertunda – tidak menolong untuk menentukan“benda” yang termasuk dalam penawaran uang dan mana yang tidak termasuk,karena benda-benda tersebut berupa abstraksi yang dapat dihubungkan denganbanyak benda lain yang berbeda”. (Stephen M.Golgfeld dan Lester V. Chandler 11)Definisi uang menurut hukum menyebutkan bahwa uang tidak memuaskan untukkeperluan analisis ekonomi. Alasannya antara lain, bahwa orang mungkin menolakmenerima benda-benda secara hukum yang didefinisikan sebagai uang danmungkin bahkan menolakuntuk menjual barang dan jasa kepada mereka yang memberikan alat pembayaranyang sah dalam pembayarannya.(Stephen M.Golgfeld dan Lester V. Chandler 11)Menurut George Simmel, uang memiliki kemampuan mentransformasikan ataumengubah dunia sosial ke dalam dunia aritmatik, uang juga merupakan “saranareifikasi paling murni: karena kemampuan kalkulatifnya.Menurut Emile Durkheim, uang dapat dipahami sebagai fakta sosial yangkeberadaannya dalam masyarakat bersifat bebas dari motif-motif personal, obyektif bahkan bersifat memaksa terhadap individu.Menurut Talcote Parsons, uang tidak hanya sebagai instrument ekonomi tetapi jugabahasa simbolik yang terbagi, ini bukan komoditi melainkan penanda.Menurut Zelizer, uang menunjukkan pada konsep ”special monies. Sebagian besardiskusi tentang uang yang dilakukan oleh para antropolog tersebut hanyaberurusan dengan bentuk-bentuk uang primitif.
Fungsi Uang
 
Fungsi pokok uang :
Uang mempunyai satu tujuan fundamental dalam sistem ekonomi, yaitu :• Memudahkan pertukaran barang dan jasa.• Mempersingkat waktu dan usaha yang diperlukan untuk melakukan perdagangan.
Fungsi-fungsi asli uang :• Uang sebagai satuan nilai
Fungsi uang yang pertama dikenal dengan berbagai sebutan, salah satunya yangpaling umum adalah satuan nilai (unit of value), standar nilai (standard of value),satuan hitung (unit of account), nilai ukur umum (common measure of value) dannilai denominasi umum (common denominator of value)Semua istilah-istilah ini mewakili satu gagasan yang umum : Satuan moneterberfungsi sebagai satuan terhadap mana nilai dari barang dan jasa diukur dandinyatakan.
• Uang sebagai alat tukar
Adalah Uang dapat digunakan sebagai alat untuk mempermudah pertukaran. Agaruang dapat berfungsi dengan baik diperlukan kepercayaan masyarakat. Masyarakatharus bersedia dan rela menerimanya.Berbagai istilah telah diberikan untuk fungsi uang yang kedua ini: alat tukar(medium of exchange), perantara pembayaran (medium of payment), alat sirkulasi(sirculating medium), dan alat pembayaran (means of payment).Satu-satunya syarat yang diperlukan untuk obyek yang akan digunakan sebagaiuang adalah bahwa orang umumnya bersedia menerimanya dalam pertukaranbarang dan jasa.
• Uang sebagai gudang nilai (store of value)
Fungsi ketiga dari uang, yang sebagian besar yang berasal dari fungsi alat tukar,ialah bahwa uang itu berfungsi sebagai gudang nilai. Yang dimaksud dengan fungsiini pada dasarnya adalah bahwa uang itu berfungsi sebagai alat tukar, baiksepanjang waktu maupun sewaktu-waktu.
• Uang sebagai alat penimbun kekayaan
Setelah uang digunakan sebagai satuan nilai dan diterima secara umum sebagaialat pembayaran, dengan cepat uang itu digunakan secara luas sebagai alatpenimbun kekayaan.Semua orang dan preusan bisnis bebas memilih dalam bentuk apa, mereka akanmenimbun kekayaan mereka, menetukan berapa yang akan mereka pegang dalambentuk uang dalam berbagai bentuk non moneter dan merubahnya dari waktu kewaktu untuk mencapaiproporsi yang menurut mereka paling menguntungkan berdasarkan penghasilan,keamanan dan likuiditas.
 
• Uang sebagai unit perhitungan
Untuk menentukan harga sejenis barang diperlukan satuan hitung, juga denganadanya satuan hitung, kita dapat mengadakan perbandingan harga satu barangdengan barang lain. Walaupun uang hampir selalu berfungsi sebagai unitperhitungan, namun ada contoh-contoh sejarah dimana hal itu tidak terjadi. Dalamhiper – inflasi (inflasi yang sangat besar). Misalnya, bila harga-harga naik hampirsetiap jam, para pedagang mengadakan pembukuan dengan menggunakan istilahvaluta asing, dengan nilai yang lebihstabil daripada nilai mata uang dalam negeri walaupun mata uang dalam negeri ituterus beredar. Dengan alasan ini beberapa sarjana dan ahli ekonomi lebih sukaberfikir tentang unit perhitungan sebagaimana yang diharapkan, tetapi tidak harusmerupakan sifat dan milik (property) uang. Tetapi untuk segala tujuan yang praktis,uang itu berfungsi sebagai unit perhitungan.Fungsi Turunan, yaitu :
• Sebagai alat pembayaran yang sah
 Tidak semua orang dapat menciptakan uang terutama uang kartal, karena uanghanya dikeluarkan oleh lembaga tertentu, di Indonesia dikeluarkan oleh BankIndonesia selaku Bank Sentral.
• Alat penyimpan kekayaan dan pemindah kekayaan.
Dengan uang, kekayaan berupa tanah, gedung, dapat dipindah pemilikannyadengan menggunakan uang.
• Alat pendorong kegiatan ekonomi.
Apabila nilai uang stabil, orang senang menggunakan uang itu dalam kegiatanekonomi, selanjutnya apabila kegiatan ekonomi meningkat, uang dalam peredaranharus ditambah sesuai dengan kebutuhan.
• Standar pencicilan utang.
Uang dapat berfungsi sebagai standar untuk melakukan pembayaran dikemudianhari, pembayaran berjangka panjang atau pencicilan utang.
 Jenis-Jenis Uang
Uang yang beredar dalam masyarakat atau menurut lembaga yang mengeluarkandapat dibedakan dalam 2 (dua) jenis, yaitu :
• Uang kartal
Uang kartal adalah alat pembayaran yang sah dan wajib digunakan olehmasyarakat dalam melakukan transaksi jual-beli sehari-hari.
• Uang giral
Uang giral merupakan uang yang dimiliki masyarakat dalam bentuk simpanan(deposito) yang dapat ditarik sesuai kebutuhan. Untuk menarik uang ini, orangmenggunakan cek. Cek yang dibuat atas nama statu rekening deposito merupakan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->