Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
8Activity
×
P. 1
37 Servis Transmisi Manual (Mo Ver Ind)

37 Servis Transmisi Manual (Mo Ver Ind)

Ratings: (0)|Views: 8,404|Likes:
Published by Pangido Ido

More info:

Published by: Pangido Ido on Jan 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/15/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
A.DESKRIPSI
 Judul modul ini adalah
 
Pemeliharaan/servis unit transmisimanual dan komponen-komponenya, di dalamnya akandibahas mengenai fungsi dan cara kerja transmisi manual,komponen transmisi manual, hingga pemeriksaan kerusakantransmisi manual. Hasil belajar modul ini, diharapkan siswaakan dapat:
1.
Menyebutkan fungsi dan cara kerja transmisi manual.
2.
Mengidentifikasi macam-macam transmisi manual.
3.
Mengidentifiikasi Komponen-komponen utama transmisimanual.
4.
Menjelaskan dan melakukan proses pemeliharaan unit trans-misi manual dan komponen-komponennya.
5.
Menjelaskan sistem perawatan berkala pada unit transmisimanual dan komponen-komponennya.
B.
PRASYARAT
Sebelum memulai modul ini, peserta diklat pada BidangKeahlian Mekanik Otomotif harus sudah menyelesaikan modul-modul prasyarat seperti terlihat dalam diagram pencapaiankompetensi maupun peta kedudukan modul. Prasyaratmempelajari modul OPKR-30-004B antara lain adalah OPKR-30-002B.
C.PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL
Untuk mempermudah di dalam mempelajari modul ini,maka diharapkan siswa membaca dengan baik petunjuk1
 
penggunaan modul ini baik yang bersifat umum maupun yangbersifat khusus, berikut ini:
1.
Petunjuk Bagi Peserta Diklat
Pertama, sebelum mempergunakan modul ini,terlebih dahulu sebaiknya anda dipelajari dan kuasaiterlebih dahulu modul-modul prasyarat. Sebab untukmencapai keberhasilan di dalam mempelajari modul inidiperlukan kemampuan atau kompetensi dalam bidangyang terkait dengan materi kegiatan. Seperti yang telahdisampaikan pada pengantar modul ini, tanpa dikuasaimateri prasyarat, maka akan terjadi kondisi yangdiistilahkan sebagai beban berkelanjutan, dan kondisi iniakan menghambat proses pembelajar melalui modul ini.Kedua, untuk membantu kelancaran proses belajar,siswa dapat berhubungan dengan guru, yang bisa dimulaiatas inisiatif dari siswa atau dari tutor. Sedangkan prosesdan hasil kerja program ini, sepenuhnya menjaditanggungjawab siswa. Masukan dapat diperoleh darimana dan siapapun, namun apa yang masuk di dalambuku kerja menjadi tanggungjawab siswa secara mandiri,dan siap untuk dilakukan evaluasi pencapaiannya sebagaibentuk penampilan yang telah dikuasai.Ketiga, untuk mencapai efisiensi dan efektivitasbelajar, maka ikutilah petunjuk khusus, dan berbagaipetunjuk yang terdapat di dalam setiap kegiatan belajar.Di samping itu, setiap kali menyelesai-kan setiap kegiatanmemberikan tanda Cek (V) pada kolom deskripsi kegiatan,sebagai tanda anda telah selesai mempelajari materi2
 
kegiat-an belajar. Hal ini juga untuk menghindarkanterjadinya pengulangan/ pengabaian setiap aspekkegiatan di dalam buku modul ini.Berikut ini petunjuk khusus yang perlu diperhatikandalam pengerjaan modul ini, yaitu:a.Pelajarilah modul ini dengan baik terhadap sajiankonsep yang diberikan pada setiap kegiatan belajar.
 b.
Untuk memahami isi materi yang terdapat di dalamsetiap kegiatan belajar, maka kerjakan semuapertanyaan yang diberikan pada setiap kegiatanbelajar, dan jawaban anda harap ditulis pada tempatyang telah disediakan dalam modul ini.
c.
Selain itu, diharapkan siswa dapat menyelesaikantugas-tugas, dan bila diperlukan dapat dilakukandiskusi dengan 3 – 5 orang teman. Selanjutnya jawabananda, tulis di dalam tempat yang telah disediakan.d.Bila anda telah selesai dan telah merasa menguasaimodul ini, silahkan berhubungan denganasesor/guru/tutor yang ber-sangkutan untukmendapatkan pengujian atas kompetensi anda.
2.Petunjuk Bagi Guru
Dalam penyelesaian modul ini, guru bertindaksebagai tutor yang mendampingi siswa dalammenyelesaikan modul ini, beberapa hal yang perludilakukan ialah:1)Membantu siswa membuat perencanaankegiatan belajar.2)Membantu siswa bila mengalamikesulitan/hambatan dalam menyelesaikan modul ini.3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->