Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Aloevera

Aloevera

Ratings: (0)|Views: 15|Likes:
Published by Iqbal Amaterasu

More info:

Published by: Iqbal Amaterasu on Jan 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/19/2011

pdf

text

original

 
Manfa`at Lidah buaya(Aloevera)
Selain menyuburkan rambut, lidah buaya juga dikenal berkhasiat untuk mengobati sejumlah penyakit. Di antaranya diabetes melitus dan serangan jantung.Lidah buaya atau Aloevera adalah salah satu tanaman obat yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Tanaman ini sudah digunakan bangsa Samaria sekitar tahun 1875 SM.Bangsa Mesir kuno sudah mengenal khasiat lidah buaya sebagai obat sekitar tahun 1500 SM.Berkat khasiatnya, masyarakat Mesir kuno menyebutnya sebagai tanaman keabadian.Seorang peracik obat-obatan tradisional berkebangsaan Yunani bernama Dioscordes,menyebutkan bahwa lidah buaya dapat mengobati berbagai penyakit. Misalnya bisul, kulitmemar, pecah-pecah, lecet, rambut rontok, wasir, dan radang tenggorokan.Dalam laporannya, Fujio L. Panggabean, seorang peneliti dan pemerhati tanaman obat,mengatakan bahwa keampuhan lidah buaya tak lain karena tanaman ini memiliki kandungannutrisi yang cukup bagi tubuh manusia. Hasil penelitian lain terhadap lidah buaya menunjukkan bahwa karbohidrat merupakan komponen terbanyak setelah air, yang menyumbangkan sejumlahkalori sebagai sumber tenaga.
 
Manfa`at Lidah buaya(Aloevera)
Mengandung Antioksidan
Menurut Dr. Freddy, beberapa unsur mineral yang terkandung dalam lidah buaya juga ada yang berfungsi sebagai pembentuk antioksidan alami. Misalnya vitamin C, vitamin E, dan zinc.“Bahkan hasil penelitian yang dilakukan ilmuwan asal Amerika Serikat menyebutkan bahwadalam Aloevera barbadensis miller terdapat beberapa zat yang bisa berfungsi sebagaiantioksidan,” ujarnya. Antioksidan itu berguna untuk mencegah penuaan dini, serangan jantung,dan beberapa penyakit degeneratif.Lidah buaya bersifat merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Dalam lendir lidah buayaterkandung zat lignin yang mampu menembus dan meresap ke dalam kulit. Lendir ini akanmenahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit. Hasilnya, kulit tidak cepat kering danterlihat awet muda.Selain wasir, lidah buaya bisa mengatasi bengkak sendi pada lutut, batuk, dan luka. Lidah buaya juga membantu mengatasi sembelit atau sulit buang air besar karena lendirnya bersifat pahit danmengandung laktasit, sehingga merupakan pencahar yang baik.Sejauh ini, menurut Dr. Freddy, penelitian belum menemukan efek samping penggunaan lidah buaya. Jika ada masalah, itu hanya berupa alergi pada mereka yang belum pernah mengonsumsilidah buaya. “Tapi, sejauh ini dari pasien saya yang mengonsumsi suplemen berbahan dasar lidah buaya, reaksi yang muncul adalah karena daya kerja obat yang melawan penyakit,”katanya. Namun, yang perlu diingat, menurut Dr. Freddy, sifat tanaman lidah buaya hampir mirip dengan buah apel yang bila habis digigit langsung berwarna cokelat. Hal itu bisa menjadi tanda lidah buaya telah teroksidasi, sehingga beberapa zat yang dikandungnya rusak.“Memang tidak semua unsurnya rusak, tapi siapa yang mau hanya mendapat ampas? Karena itu,sebaiknya segera konsumsi ramuan lidah buaya, baik yang diracik atau yang sudah diolah, agar lebih terasa manfaatnya,” lanjutnya.
Ramuan Lidah BuayaRadang tenggorokan
Cara Meramu: 1 daun lidah buaya dicuci dan dikupas. Isinya dipotong-potong atau diblender.Tambahkan 1 sendok makan madu murni. Minum 3 kali sehari.
Ambeien
Cara Meramu: Setengah (1/2) batang daun lidah buaya dibuang durinya, dicuci, lalu diparut. Berisetengah (1/2) gelas air panas, kemudian peras. Tambahkan 2 sendok makan madu. Dalamkeadaan hangat, minum 3 kali sehari.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->