Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
24Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Petunjuk Sofware BOS

Petunjuk Sofware BOS

Ratings: (0)|Views: 1,690 |Likes:
Published by nirsinggih
Petunjuk Sofware bos
posting by http://deuniv.blogspot.com/
Petunjuk Sofware bos
posting by http://deuniv.blogspot.com/

More info:

Published by: nirsinggih on Jan 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/14/2012

pdf

text

original

 
Panduan Pengelolaan Data KeuanganSekolah/ Madrasah dengan software BOS
 
USAID - DECENTRALIZED BASIC EDUCATION 1 (DBE1)
[25 Mei 2010]
 
Panduan Pengelolaan Data Keuangan Sekolah/ Madrasah dengan software BOS
Salah satu fasilitas yang tersedia dalam SDS
++
adalah pengelolaan transaksi keuangan sekolah/madrasah.Dengan memanfaatkan fasilitas ini sekolah/madrasah dapat menyusun RKAS/M dan memperbaharuinyauntuk setiap tahun ajaran. Selain itu Sekolah/Madrasah dapat Mencatat setiap transaksi keuangan yangterdiri dari transaksi tunai, bank, dan pajak), dan tentunya mencetak laporan penggunaan dana BOS yangdilakukan oleh sekolah/madrasah.Selain dari sumber pendanaan BOS, sekolah/madrasah dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk mengelolasumber pendanaan lain, Secara umum diagram alir yang dilakukan dalam proses pengelolaan datakeuangan sekolah/madrasah adalah sebagai berikut:
Gambar 1
 
Alur Pengelolaan Data Transaksi BOS dalam SDS
++
 
KonfigurasiPersyaratanPengajuan BOSBOS 01PerencanaanPembukuanPelaporanBOS 03Input (data)PerencanaanBOS K-1ABOS K-1BOS-12BOS-11AInputTransaksiBOS K3BOS K4BOS K5BOS K6BOS K-2RinciBOS K-11BSPJ
 
Pada Gambar di atas tampak bahwa alur besar sistem dimulai dari proses konfigurasi sistem, persyaratanpengajuan BOS, perencanaan, pembukuan, dan pelaporan. Setiap bagian tersebut kecuali bagiankonfigurasi sistem memuat berbagai dokumen output. Khusus untuk proses perencanaan dan jugapencatatan, proses diawali dengan melakukan pencatatan ayat-ayat perencanaan dan transaksi, kemudianbaru dilanjutkan dengan mencetak berbagai variasi output yang tersedia.
Jenis-jenis format yang digunakan di tingkat sekolah
Tidak semua format yang dimuat dalam Panduan BOS 2009 adalah format untuk sekolah. Ada beberapaformat yang ditujukan untuk Tim Manajemen BOS Kab/Kota, contohnya adalah format BOS-02A, BOS-02B, BOS-04A, BOS-04B dan seterusnya.Ada berbagai format yang harus disiapkan oleh sekolah dalam mengelola keuangannya berdasarkan BOS2009. Format-format tersebut meliputi format perencanaan dan pengajuan, format perencanaan, formatpembukuan dan format pelaporan. Berikut ini adalah urut-urutan format yang sekolah akan gunakanuntuk berbagai pencatatan keuangan. Tidak seluruh laporan pada tingkat sekolah disediakan dalam modulpembukuan keuangan sekolah pada SDS++, namun demikian beberapa laporan yang erat kaitannyadengan tata cara pembukuan keuangan telah disertakan dalam modul ini. Terdapat beberapa formatLaporan yang ditambahkan oleh DBE1 untuk membantu sekolah melakukan monitoring dan perencanaansecara lebih baik, sebagai contoh format laporan BOS-K1A dan BOS-K2 Rinci.
Daftar Laporan BOS yang dipersiapkan oleh Sekolah
No Format Tentang Jenis
1 BOS-01 Surat Perjanjian Pemberian Bantuan Persyaratan2 BOS-03 Surat Pernyataan Pengiriman Nomor Rekening Sekolah Persyaratan3 BOS-08 Daftar Siswa Miskin yang Dibebaskan dari Segala JenisPungutan/Iuran (hanya untuk sekolah swasta)Pelaporan4 B OS-11A Contoh Pengumumam Rencana Penggunaan Dana Perencanaan5 BOS-11B Contoh Pengumumam Laporan Penggunaan Dana Pelaporan6 BOS-12 Format Rencana Pengambilan Dana Perencanaan7 BOS-13 Lembar Perbandingan Harga Barang/Jasa (untuk belanjabarang/jasa lebih dari Rp. 5 juta)
 – 
diproses secara manual)Perencanaan8 BOS-17 Rencana Kebutuhan Barang/Jasa
 – 
diproses secara manual) Perencanaan9 BOS-18 Rencana Kerja Perawatan Ringan/Pemeliharaan Sekolah
 – 
 diproses secara manual)Perencanaan10 BOS-19 Laporan Pelaksanaan Perawatan Ringan/PemeliharaanSekolah
 – 
diproses secara manual)Pelaporan11 BOS K-1 Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS/M) Perencanaan

Activity (24)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
muhammaderwan liked this
Bintang Kecil liked this
Yopi Saptawijaya liked this
Sihin Ahmad liked this
Erwan Sutandar liked this
Yanto Ngadianto liked this
ddnshd liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->