Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sejarah Keperawatan Di Dunia Dan Indonesia

Sejarah Keperawatan Di Dunia Dan Indonesia

Ratings: (0)|Views: 262 |Likes:
Published by Jina Tilman
tugas
tugas

More info:

Published by: Jina Tilman on Jan 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/23/2014

pdf

text

original

 
Sejarah keperawatan di dunia diawali pada zaman purbakala (Primitive Culture) sampai pada munculnya Florence Nightingale sebagai pelopor keperawatan yang berasal dari Inggris.Perkembangan keperwatan sangat dipengaruhi oleh perkembangan struktur dan kemajuan peradaban manusia.Perkembangan keperawatan diawali pada :1.Zaman Purbakala (Primitive Culture)Manusia diciptakan memiliki naluri untuk merawat diri sendiri (tercermin pada seorangibu). Harapan pada awal perkembangan keperawatan adalah perawat harus memiliki nalurikeibuan (Mother Instinc). Dari masa Mother Instic kemudian bergeser ke zaman dimana orangmasih percaya pada sesuatu tentang adanya kekuatan mistic yang dapat mempengaruhikehidupan manusia. Kepercayaan ini dikenal dengan nama Animisme. Mereka meyakini bahwasakitnya seseorang disebabkan karena kekuatan alam/pengaruh gaib seperti batu-batu, pohon- pohon besar dan gunung-gunung tinggi.Kemudian dilanjutkan dengan kepercayaan pada dewa-dewa dimana pada masa itu merekamenganggap bahwa penyakit disebabkan karena kemarahan dewa, sehingga kuil-kuil didirikansebagai tempat pemujaan dan orang yang sakit meminta kesembuhan di kuil tersebut. Setelah itu perkembangan keperawatan terus berubah dengan adanya Diakones & Philantrop, yaitu suatukelompok wanita tua dan janda yang membantu pendeta dalam merawat orang sakit, sejak itumulai berkembanglah ilmu keperawatan.2. Zaman KeagamaanPerkembangan keperawatan mulai bergeser kearah spiritual dimana seseorang yang sakitdapat disebabkan karena adanya dosa/kutukan Tuhan. Pusat perawatan adalah tempat-tempatibadah sehingga pada waktu itu pemimpin agama disebut sebagai tabib yang mengobati pasien.Perawat dianggap sebagai budak dan yang hanya membantu dan bekerja atas perintah pemimpinagama.3. Zaman MasehiKeperawatan dimulai pada saat perkembangan agama Nasrani, dimana pada saat itu banyak terbentuk Diakones yaitu suatu organisasi wanita yang bertujuan untumengunjungiorang sakit sedangkan laki-laki diberi tugas dalam memberikan perawatan untuk mengubur bagi yang meninggal.Pada zaman pemerintahan Lord-Constantine, ia mendirikan Xenodhoecim atau hospes yaitutempat penampungan orang-orang sakit yang membutuhkan pertolongan. Pada zaman ini berdirilah Rumah Sakit di Roma yaitu Monastic Hospital.
 
4. Pertengahan abad VI MasehiPada abad ini keperawatan berkembang di Asia Barat Daya yaitu Timur Tengah, seiringdengan perkembangan agama Islam. Pengaruh agama Islam terhadap perkembangankeperawatan tidak lepas dari keberhasilan Nabi Muhammad SAW menyebarkan agama Islam.Abad VII Masehi, di Jazirah Arab berkembang pesat ilmu pengetahuan seperti Ilmu Pasti, Kimia,Hygiene dan obat-obatan. Pada masa ini mulai muncul prinsip-prinsip dasar keperawatankesehatan seperti pentingnya kebersihan diri, kebersihan makanan dan lingkungan. Tokohkeperawatan yang terkenal dari Arab adalah Rufaidah.5. Permulaan abad XVIPada masa ini, struktur dan orientasi masyarakat berubah dari agama menjadi kekuasaan,yaitu perang, eksplorasi kekayaan dan semangat kolonial. Gereja dan tempat-tempat ibadahditutup, padahal tempat ini digunakan oleh orde-orde agama untuk merawat orang sakit. Denganadanya perubahan ini, sebagai dampak negatifnya bagi keperawatan adalah berkurangnya tenaga perawat. Untuk memenuhi kurangnya perawat, bekas wanita tuna susila yang sudah bertobat bekerja sebagai perawat. Dampak positif pada masa ini, dengan adanya perang salib, untuk menolong korban perang dibutuhkan banyak tenaga sukarela sebagai perawat, mereka terdiri dariorde-orde agama, wanita-wanita yang mengikuti suami berperang dan tentara (pria) yang bertugas rangkap sebagai perawat.Pengaruh perang salib terhadap keperawatan :a. Mulai dikenal konsep P3K  b. Perawat mulai dibutuhkan dalam ketentaraan sehingga timbul peluang kerja bagi perawatdibidang sosial.Ada 3 Rumah Sakit yang berperan besar pada masa itu terhadap perkembangan keperawatan :1. Hotel Dieu di LionAwalnya pekerjaan perawat dilakukan oleh bekas WTS yang telah bertobat. Selanjutnya pekerjaan perawat digantikan oleh perawat terdidik melalui pendidikan keperawatan di RS ini.2. Hotel Dieu di ParisPekerjaan perawat dilakukan oleh orde agama. Sesudah Revolusi Perancis, orde agamadihapuskan dan pekerjaan perawat dilakukan oleh orang-orang bebas. Pelopor perawat di RS iniadalah Genevieve Bouquet.
 
3. ST. Thomas Hospital (1123 M)Pelopor perawat di RS ini adalah Florence Nightingale (1820). Pada masa ini perawatmulai dipercaya banyak orang. Pada saat perang Crimean War, Florence ditunjuk oleh negaraInggris untuk menata asuhan keperawatan di RS Militer di Turki. Hal tersebut memberi peluang bagi Florence untuk meraih prestasi dan sekaligus meningkatkan status perawat. KemudianFlorence dijuluki dengan nama “ The Lady of the Lamp”.6. Perkembangan keperawatan di InggrisFlorence kembali ke Inggris setelah perang Crimean. Pada tahun 1840 Inggris mengalami perubahan besar dimana sekolah-sekolah perawat mulai bermunculan dan Florence membukasekolah perawat modern. Konsep pendidikan Florence ini mempengaruhi pendidikankeperawatan di dunia.Kontribusi Florence bagi perkembangan keperawatan a. l :a. Nutrisi merupakan bagian terpenting dari asuhan keperawatan. b. Okupasi dan rekreasi merupakan terapi bagi orang sakitc. Manajemen RSd. Mengembangkan pendidikan keperawatane. Perawatan berdiri sendiri berbeda dengan profesi kedokteranf. Pendidikan berlanjut bagi perawat.Sejarah dan Perkembangan Keperawatan di IndonesiaSejarah dan perkembangan keperawatan di Indonesia dimulai pada masa penjajahan Belandasampai pada masa kemerdekaan.1. Masa Penjajahan BelandaPerkembangam keperawatan di Indonesia dipengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi yaitu pada saat penjajahan kolonial Belanda, Inggris dan Jepang. Pada masa pemerintahan kolonialBelanda, perawat berasal dari penduduk pribumi yang disebut Velpeger dengan dibantu ZiekenOppaser sebagai penjaga orang sakit.Tahun 1799 didirikan rumah sakit Binen Hospital di Jakarta untuk memelihara kesehatan staf dan tentara Belanda. Usaha pemerintah kolonial Belanda pada masa ini adalah membentuk DinasKesehatan Tentara dan Dinas Kesehatan Rakyat. Daendels mendirikan rumah sakit di Jakarta,Surabaya dan Semarang, tetapi tidak diikuti perkembangan profesi keperawatan, karenatujuannya hanya untuk kepentingan tentara Belanda.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->