Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
61Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Materi Ipa Kelas 5 Semester I

Materi Ipa Kelas 5 Semester I

Ratings:

1.0

(1)
|Views: 7,922 |Likes:
Published by ratnawindhasari

More info:

Published by: ratnawindhasari on Jan 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/27/2013

pdf

text

original

 
Materi IPA kelas 5 SD semester I
Cara Penyesuaian Diri Hewan dengan Lingkungan
1. Penyesuaian Bentuk Tubuh terhadap Lingkungan
Banyak makhluk hidup yang menyesuaikan diri terhadap lingkungan dengan caramenyesuaikan bentuk tubuhnya terhadap lingkungan atau menyesuaikan dengan fungsinya.Penyesuaian bentuk tubuh ini bertujuan untuk memperoleh makanan maupun untuk melindungi diridari musuhnya. Berikut ini contoh beberapa hewan yang menyesuaikan bentuk tubuhnya terhadaplingkungannya.
a. Burung
Burung memiliki bentuk kaki yang berbeda-beda disesuaikan dengan tempat hidupnya dan jenismangsa yang dimakannya. Berdasarkan lingkungan dan jenis makanan yang dimakannya, bentuk kaki burung dikelompokkan menjadi lima, seperti pada tabel 3.1 berikut. Tabel 3.1 Berbagai Bentuk KakiBurung
 
 Bentuk paruh burung juga beraneka ragam. Keanekaragaman bentuk paruh burung sesuaidengan jenis makanannya. Perhatikan keanekaragaman bentuk paruh burung pada tabel 3.2
b. Serangga
Untuk memperoleh makanannya, serangga memiliki cara tersendiri. Salah satu bentuk  penyesuaian dirinya adalah bentuk mulut yang bebedabeda sesuai dengan jenis makanannya.Bedasarkan jenis makanan yang dimakannya, jenis mulut serangga dibedakan menjadi empat, yaitumulutpengisap, mulut penusuk, mulut penjilat, dan mulut penyerap.
 
1) Mulut pengisap
Mulut pengisap pada serangga bentuknya seperti belalai yang dapat digulung dan dijulurkan.Contoh serangga yang memiliki mulut pengisap adalah kupu-kupu. Kupu-kupu menggunakan mulut pengisap untuk mengisap madu dari bunga.
2) Mulut penusuk dan penghisap
Mulut penusuk dan penghisap pada serangga memiliki ciri bentuk yang tajam dan panjang.Contoh serangga yang memiliki mulut penusuk dan penghisap adalah nyamuk. Nyamuk menggunakanmulutnya untuk menusuk kulit manusia kemudian menghisap darah. Jadi, selain mulutnya berfungsisebagai penusuk juga berfungsi sebagai pengisap.
3) Mulut penjilat
Mulut penjilat pada serangga memiliki ciri terdapatnya lidah yang panjang dan berguna untuk menjilat makanan berupa nektar dari bunga, contoh serangga yang memiliki mulut penjilat adalahlebah.
4) Mulut penyerap
Mulut penyerap pada serangga memiliki ciri terdapatnya alat penyerap yang mirip spons(gabus). Alat ini digunakan untuk menyerap makanan terutama yang berbentuk cair. Contoh seranggayang memiliki mulut penyerap adalah lalat.

Activity (61)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Fika 곱슬 liked this
Adhe'x WiSh YOu liked this
ConVenthree Insani added this note
ok ok :)
Maryan Defriantoni added this note
thanks atas materinya
Julian Bengngu liked this
zaky_friends liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->