Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
41Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Kimia Dalam Kehidupan

Makalah Kimia Dalam Kehidupan

Ratings: (0)|Views: 13,282|Likes:
Published by Mumu Ea

More info:

Published by: Mumu Ea on Jan 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

08/07/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
Latar Belakang
Hasil-hasil penelitian kimia di berbagai bidang Kehidupantelah menghasilkan produk produk yang bermanfaat dalamkehidupan sehari hari, tetapi disamping bermanfaat, produkproduk kimia tersebut juga mengandung zat yang bahaya bagikehidupan, oleh sebab itu penyusun dalam hal ini akanmembahas tentang kimia dalam kehidupan.
Rumusan Masalah
Berdasarkan apa yang dikemukakan dalam latar belakang maka penulis menarisuatu rumusan masalah sebagai berikut :a. Adakah Kegunaan kimia dalam kehidupan ? b. Pengaruh penggunaan bahan – bahan kimia dalam kehidupan ?
Tujuan Penulisan
1.Menjelaskan pengertian dasar mengenai kimia2.Menjelaskan sifat fisik kimia3.Menjelaskan Bahan – bahan kimia rumah tangga4.Menjelaskan Bahan Kimia tambahan pada makanan.
 
BAB IIPEMBAHASAN
Kimia
Kimia sering disebut sebagai "ilmu pusat" karena menghubungkan berbagai ilmulain, seperti fisika, ilmu bahan,nanoteknologi, biologi,farmasi,kedokteran,  bioinformatika, dangeologi 
. Koneksi ini timbul melalui berbagai subdisiplinyang memanfaatkan konsep-konsep dari berbagai disiplin ilmu. Sebagai contoh,kimia fisik melibatkan penerapan prinsip-prinsip fisika terhadapmateripada tingkatatomdanmolekul. Kimia berhubungan dengan interaksi materi yang dapat melibatkan dua zat atauantara materi danenergi,terutama dalam hubungannya denganhukum pertama  termodinamika. Kimia tradisional melibatkan interaksi antarazat kimiadalam reaksi kimia,yang mengubah satu atau lebih zat menjadi satu atau lebih zat lain.Kadang reaksi ini digerakkan oleh pertimbanganentalpi, seperti ketika dua zat berentalpi tinggi seperti hidrogen dan oksigen elemental bereaksi membentuk air,zat dengan entalpi lebih rendah. Reaksi kimia dapat difasilitasi dengan suatukatalis, yang umumnya merupakan zat kimia lain yang terlibat dalam media reaksitapi tidak dikonsumsi (contohnya adalahasam sulfatyang mengkatalisasielektrolisisair) atau fenomena immaterial (sepertiradiasi elektromagnetdalam reaksifotokimia). Kimia tradisional juga menanganianalisiszat kimia, baik di dalam maupun di luar suatu reaksi, seperti dalamspektroskopi.
Sifat Fisik dan Kimia
Beberapa sifat fisik dari suatu benda adalah sebagai berikut:1.Wujud zat : padat, cair, gas2.Warna dan bau3.Rasa, sifat suatu benda yang berhubungan dengan komposisi zat dalamsuatu materi.
 
4.Massa, massa zat dapat diukur dengan menggunakan timbangan atauneraca5.Volume, volume dapat diukur dengan gelas ukur 6.Kelarutan. Kelarutan adalah kemampuan suatu zat untuk dapat melarutdalam suatu pelarut.7.Titik didih, titik leleh dan titik beku.8.Kekerasan. Kekerasan adalah sifat ketahanan suatu zat terhadap gesekandan tempaan.9.Kemagnetan adalah suatu sifat yang berhubungan dengan kemampuansuatu zat untuk dipengaruhi oleh suatu medan magnet.10.Daya hantar, yaitu suatu sifat yang berhubungan dengan kemampuan suatuzat untuk menghantarkan arus listrik atau panas.Sifat-sifat yang tergolong sifat kimia antara lain :1.Mudah tidaknya suatu benda / zat terbakar.2.Kestabilan, mudah tidaknya suatu benda / zat terurai oleh pengaruh panas.3.Kereaktifan, mudah tidaknya suatu zat untuk bereaksi dengan zat lain.4.Perkaratan, mudah tidaknya suatu zat membentuk karat.
A.Bahan Kimia Rumah Tangga
Bahan kimia dalam rumah tangga dapat dikelompokkan menjadi empatkelompok yaitu :
1.Pembersih
Pembersih berfungsi untuk membersihkan berbagai benda di rumah tangga darikotoran. Ada beberapa jenis bahan kimia yang dapat digunakan sebagai pembersih. Misalnya, pembersih badan, pembersih rambut, pembersih motor danmobil, pembersih piring, pembersih baju, serta pembersih lantai. Pembersihdikenal secara umum dengan detergen.
2.Pemutih
Produk pemutih berfungsi untuk memutihkan pakaian putih yang terkena nodayang susah dibersihkan dengan pembersih biasa. Selain untuk memutihkan pakaian, ada pula produk pemutih yang berfungsi untuk memutihkan wajah atautubuh.

Activity (41)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Devilart liked this
Dhien Classer liked this
Arif Gani liked this
Andi Nurul Ana H liked this
Ame Hacker liked this
nurulragil liked this
Gian Ami liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->