Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
14Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kelompok 7 QoS

Kelompok 7 QoS

Ratings: (0)|Views: 523 |Likes:
Published by Iswandi

More info:

Published by: Iswandi on Jan 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/03/2013

pdf

text

original

 
Page
 
1
 
of 
 
33
 
Skema QoS dan Protokol Pendukung
BAB IPENDAHULUANQuality of Service (QoS)1.1 Definisi QoS
Di bidang jaringan komputer dan packet-switched jaringan telekomunikasi, lalulintas istilah Quality of Service (QoS) mengacu pada mekanisme kontrol reservasiresource daripada kualitas pelayanan yang dicapai. QoS adalah kemampuan untukmemberikan prioritas yang berbeda untuk berbagai aplikasi, pengguna, atau aliran data,atau untuk menjamin tingkat kinerja tertentu ke aliran data. Sebagai contoh, laju bityang diperlukan, delay, jitter, probabilitas packet dropping dan / atau bit error rate (BER)dapat dijamin.Jaminan QoS penting jika kapasitas jaringan tidak cukup, terutama untukaplikasi streaming multimedia secara real-time seperti voice over IP, game online danIP-TV, karena sering kali ini tetap memerlukan bit rate dan tidak diperbolehkan adanyadelay, dan dalam jaringan di mana kapasitas resource yang terbatas, misalnya dalamkomunikasi data selular. Dalam ketiadaan jaringan, mekanisme QoS tidak diperlukan.Sebuah jaringan atau protokol yang mendukung QoS dapat menyepakati sebuahkontrak traffic dengan software aplikasi dan kapasitas cadangan di node jaringan,misalnya saat sesi fase pembentukan.Selama sesi dapat memantau tingkat kinerja yang dicapai, misalnya data ratedan delay, dan kontrol secara dinamis prioritas penjadwalan di simpul jaringan. Sebuahlayanan atau jaringan best effort tidak mendukung kualitas layanan. Sebuah alternatifuntuk mekanisme kontrol QoS adalah untuk menyediakan komunikasi berkualitas tinggimelalui jaringan best effort oleh pengadaan kapasitas yang lebih sehingga cukup untukpuncak beban trafik yang diharapkan.Di bidang telepon, kualitas pelayanan didefinisikan dalam standar ITU X.902sebagai "Satu set persyaratan kualitas pada perilaku kolektif dari satu atau lebihobjek". Quality of Service terdiri dari persyaratan pada semua aspek sambungan,seperti pelayanan waktu response, loss sinyal-to-noise ratio, cross-talk, echo, interrupt,
 
Page
 
2
 
of 
 
33
 
Skema QoS dan Protokol Pendukung
respons frekuensi, tingkat kenyaringan, dan seterusnya. Bagian dari telephony QoSadalah persyaratan Grade of Service (GOS), yang terdiri dari sambungan aspek yangberhubungan dengan kapasitas dan jangkauan jaringan, misalnya menjaminprobabilitas blocking maximum dan probabilitas outage. QoS kadang-kadang digunakansebagai ukuran kualitas, dengan banyak alternatif definisi, bukan mengacu padakemampuan sumber daya cadangan. QoS kadang-kadang mengacu pada tingkatkualitas pelayanan, yaitu jaminan kualitas layanan.
1.2 Parameter-Parameter Quality of Service (QoS)
Pada jaringan packet switched, kualitas layanan dipengaruhi oleh berbagaifaktor, yang dapat dibagi menjadi faktor "manusia" dan faktor "teknis". Faktor-faktormanusia meliputi: stabilitas layanan, ketersediaan layanan, delay, dan informasipengguna. Faktor-faktor teknis meliputi: realibility, scalability, effectiveness,maintainability, Grade of Service (GOS), dll. Terdapat banyak hal bisa terjadi padapaket ketika mereka melakukan perjalanan dari asal ke tujuan, yang mengakibatkanmasalah-masalah berikut dilihat dari sudut pandang pengirim dan penerima,atau yangsering disebut sebagai parameter-parameter QoS:
Throughput
Karena beban yang bervariasi dari pengguna lain yang menggunakan resource yangsama, bit-rate (throughput maksimum) yang dapat diberikan kepada aliran data tertentumungkin terlalu rendah untuk layanan multimedia realtime jika semua aliran data yangmendapatkan prioritas penjadwalan yang sama.
Packet Loss
 Packet Loss / Error adalah ukuran error rate dari transmisi packet data yang diukurdalam persen. Packet hilang (bit loss) yang biasanya dikarenakan buffer yang terbatas,
 
Page
 
3
 
of 
 
33
 
Skema QoS dan Protokol Pendukung
urutan packet yang salah termasuk dalam error rate ini. Packet Loss = Frame dariTransmitter – Frame dari Receiver
Delay
Mungkin dibutuhkan waktu yang lama untuk sebuah paket untuk mencapai tujuan,karena adanya antrian yang panjang, atau mengambil rute yang lain untuk menghindarikemacetan. Dalam beberapa kasus, penundaan yang berlebihan dapat membuataplikasi seperti VoIP atau online game tidak dapat digunakan.
Jitter
 Paket dari sumber akan mencapai tujuan dengan berbagai penundaan. Sebuah paketdelay bervariasi dengan posisinya dalam antrian dari router sepanjang jalur antarasumber dan tujuan dan posisi ini dapat bervariasi secara tak terduga. Variasi dalampenundaan ini dikenal sebagai jitter dan dapat mempengaruhi kualitas streaming audiodan / atau video.
Out-of-order
Ketika sebuah paket yang disalurkan melalui internet, paket-paket yang berbeda dapatmengambil rute yang berbeda, masing-masing mengakibatkan penundaan yangberbeda. Dan akibatnya adalah bahwa paket-paket tiba dalam urutan yang berbeda darimereka dikirim. Masalah ini memerlukan protokol tambahan khusus bertanggung jawabuntuk mengatur kembali out-of-order untuk paket-paket ke sebuah isochronous statesetelah mereka mencapai tujuan mereka. Hal ini terutama penting bagi VoIP streamvideo dan kualitas secara dramatis di mana dipengaruhi oleh kedua latensi dankurangnya isochronicity.
Error
 Kadang-kadang paket yang salah arah, atau dikombinasikan bersama-sama, ataurusak, sementara perjalanan. Penerima harus mendeteksi ini dan, sama seperti jikapaket dijatuhkan, meminta si pengirim untuk mengulang sendiri.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->