Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Etika Profesi - Kode Etik Pendidikan Nonformal

Etika Profesi - Kode Etik Pendidikan Nonformal

Ratings: (0)|Views: 399 |Likes:
Published by Iqbal Radhibillah

More info:

Published by: Iqbal Radhibillah on Jan 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/27/2013

pdf

text

original

 
KODE ETIK PENDIDIKAN NON FORMAL1.Pendidikan Nonformal Berbasis Masyarakat
Pendidikan berbasis masyarakat (community-based education) merupakanmekanisme yang memberikan peluang bagi setiap orang untuk memperkayailmu pengetahuan dan teknologi melalui pembelajaran seumur hidup.Kemunculan paradigma pendidikan berbasis masyarakat dipicu oleh arus besarmodernisasi yang menghendaki terciptanya demokratisasi dalam segala dimensikehidupan manusia, termasuk di bidang pendidikan. Mau tak mau pendidikanharus dikelola secara desentralisasi dengan memberikan tempat seluas-luasnyabagi partisipasi masyarakat.Sebagai implikasinya, pendidikan menjadi usaha kolaboratif yangmelibatkan partisipasi masyarakat di dalamnya. Partisipasi pada konteks iniberupa kerja sama antara warga dengan pemerintah dalam merencanakan,melaksanakan, menjaga dan mengembangkan aktivitas pendidikan. Sebagaisebuah kerja sama, maka masyarakat diasumsi mempunyai aspirasi yang harusdiakomodasi dalam perencanaan dan pelaksanaan suatu program pendidikan.
2. Masyarakat dan Karakteristiknya
Masyarakat selalu mencakup kelompok-kelompok orang yang berinteraksiantara sesama, saling ketergantungan dan terikat oleh nilai dan norma yangdipatuhi bersama. Karakteristik masyarakat umum perlu di pahami betul karenaakan keunikannya atas suku bangsa, bahasa, dan lain sebagainya. Padaumumnya ada 2 ciri umum keunikan masyarakat Indonesia yakni:Nama: Muhamad IqbalRadhibillahNIM: 0906869Kelas: BMata Kuliah: Etika Profesi PLS Tugas: 5 (Kode Etik Pend. Nonformal)
 
Secara Horizontal ditandai oleh kesatuan-kesatuan social atau komunikasiyang berbeda.
Secara Vertikal ditandai dengan perbedaan pola kehidupan mereka yangbermacam-macam.Keunikan masyarakat justru perlu di pandang sebagai potensi yang sangatbermanfaat dalam menunaikan tugasnya. Perbedaan itu adalah suatu kewajarandan sekaligus kekayaan yang berharga.Selain itu seorang pendidik luar sekolah juga jangan gamang dalammenerapkan kode etik, karena akan dikhawatirkan pendidik luar sekolah akanmengalami future shock ( keterkejutan masa depan), sebab di masa depankemungkinan terjadi fenomena bahwa benda yang hari ini di anggap palingcanggih besok lusa bias menjadi sudah dimuseumkan karena terimbas olehpenemuan baru yang lebih canggih lagi.Gambaran masyarakat masa depan adalah ditandai dengan terjadinyaproses globalisasi yang amat cepat. Untuk melukiskan kejadian semacam ituKenichi Ohmac menulis buku yang berjudul “
The Borderless World 
” atau “
DuniaTanpa Tapal Batas
” (Dedi supriadi, 1990: 60). Yang perlu diperhatikan secara serius yaitu masyarakat yangmembutuhkan layanan professional dalam berbagai kehidupan. Karakteristiksemacam itu diwarnai oleh dua hal yaitu: Pertama, karena perkembangan Iptekyang semakin canggih dan daya piker masyarakat yang semakin kritis. Kedua,karena semakin terspesialisasikannya berbagai bidang pekerjaan.3.
Penerapan Kode Etik Pendidik luar sekolah dalam KehidupanBermasyarakat
 
Dalam pembahasan diatas yang menyebutkan karakteristik masyarakatIndonesia dan Kecenderungan dapat dijadikan kerangka berfikir dalam bahasanpenerapan kode etik pendidik luar sekolah sebagaimana mestinya. Kalaupendidik luar sekolah dan tenaga kependidikan lainnya ingin exist dimasyarakat, ketika berinteraksi dengan mereka ia harus berpegang teguh padakode etiknya. Perilaku yang ditampilkan harus mencerminkan nilai-nilai luhurkode etik itu sehingga kandungannya menjelma dalam perilakunya.Beberapa kode etik seorang pendidik luar sekolah yang mengabdi dimasyarakat antara lain:
Pendidik luar sekolah berbakti membimbing masyarakat untuk membentukmanusia Indonesia seutuhnya yang berjiwa pancasila.
Pendidik luar sekolah memiliki dan melaksanakan kejujuran professional
Pendidik luar sekolah berusaha memperoleh informasi tentang masyarakatdan lingkungan sekitar sebagai bahan melakukan bimbingan danpembinaan.
Pendidik luar sekolah menciptakan suasana pembinaan sebaik-baiknyayang menunjang berhasilnya proses pembinaan masyarakat.
Pendidik luar sekolah memelihara hubungan baik dengan lingkungan danmasyarakat sekitarnya untuk membina peran serta dan rasa tanggung jawab bersama terhadap pendidikan.
Pendidik luar sekolah secara pribadi dan bersama-bersamamengembangkan dan meningkatkan mutu dan martabat profesinya.
Pendidik luar sekolah memelihara hubungan seprofesi, semangatkekeluargaan dan kesetiakawanan sosial

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ayu Ningsih Siti liked this
Arif Kurniawan liked this
notnet liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->