Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Cara Mengajar Yang Efektif

Cara Mengajar Yang Efektif

Ratings: (0)|Views: 382|Likes:
Published by langgengdwi

More info:

Published by: langgengdwi on Jan 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/22/2011

pdf

text

original

 
Cara Mengajar Yang Efektif 
Ketika mengajar adalah hal yang kompleks dan karena murid-murid itu bervariasi, maka tidak ada cara tunggal untuk mengajar yang efektif untuk semua hal. Guru harus menguasai beragamperspektif dan strategi, dan harus bisa mengaplikasikannya secara fleksibel. Hal yang dibutuhkandua hal utama yaitu: (1) Pengetahuan dan keahlian profesional; (2) komitmen dan motivasi.
PENGETAHUAN DAN KEAHLIAN PROFFESIONAL
 Guru yang efektif menguasai materi pelajaran dan keahlian atau keterampilan mengajar yangbaik. Guru yang efektif memiliki strategi pengejaran yang baik dab didukung oleh metodepenetapan tujuan, perencanaan pengajaran, dan manajemen kelas. Mereka tahu bagaimanamemotivasi, berkomunikasi, dan berhubungan secara efektif dengan murid-murid dari berbagailatar belakang kultural. Mereka juga mengetahui cara menggunakan teknologi yang tepat guna didalam kelas. Berikut adalah masing-masing penjelasan dari beberapa kriteria di atas.
1.
 
Penguasaan materi pelajaran
 Guru yang efektif harus berpengetahuan, fleksibel, dan memahami materi. Tentu saja,pengetahuan subjek materi tidak hanya mencakup fakta, istilah, dan konsep umum. Ini jugamembutuhkan pengetahuan dasar pengorganisasian materi, mengkaitkan berbagai gagasan,cara berpikir dan berargumentasi.
2.
 
Strategi Pengajaran
 Dalam hal ini bagaimana guru dapat membuat pengajaran materi dapat dikuasai oleh murid.Pada pendidikan model lama (tradisional) terlalu menekankan murid harus duduk diam,menjadi pendengar pasif dan menyuruh murid untuk menghafal informasi yang relevan dantidak relevan. Kemudian berganti pada prinsip konstruktivisme, yaitu menekankan agarmurid secara aktif menyusun dan membangun pengetahuan dan pemahamannya. Namuntidak semua ahli setuju dengan cara di atas, tetapi yang terpenting adalah walaupun andamenggunakan salah satu strategi di atas, masih banyak hal yang harus diketahui, hal-hal yangmemberikan pengaruh dalam pengajaran yang efektif.
3.
 
Penetapan tujuan dan keahlian perencanaan instruksional
 Guru yang efektif tidak sekadar mengajar di kelas, entah dia menggunakan perspektif tradisional atau konstruktivisme di atas. Mereka juga harus menentukan tujuan pembelajarandan menyusun rencana untuk mencapai tujuan itu.
4.
 
Keahlian manajemen kelas
 Aspek penting lainnya untuk menjadi guru yang efektif adalah mampu menjaga kelas tetapaktif bersama dan mengorientasikan kelas ke tugas-tugas. Guru yang efektif dapatmempertahankan lingkungan belajar yang kondusif.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->