Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
17Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH KEPENDUDUKAN DAN LINGKUNGAN HIDUP

MAKALAH KEPENDUDUKAN DAN LINGKUNGAN HIDUP

Ratings: (0)|Views: 1,623 |Likes:

More info:

Published by: rizky novid hermansyah on Jan 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/27/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA. Latar Belakang
Indonesia sebagai Negara berpenduduk terbesar ke-lima sesudah RRC,India, USSR dan USA, sangat merasakan betapa berat tekanan-tekanan akibatadanya masalah kependudukan yang sangat dirasakan adalah pertumbuhannyayang pesat dan penyebarannya ke seluruh wilayah yang tidak seimbang.Di samping itu, Indonesia sebagai Negara yang berkembang jugamenghadapi masalah urbanisasi penduduk ke kota-kota yang umumnya tidak memiliki lapangan pekerjaan, sehingga pemanfaatan SDA semakin diperluas yangakhirnya menimbulkan berbagai masalah lingkungan hidup.Dari hasil sensus penduduk tahun 1990 jumlah penduduk Indonesia adalah179,4 juta. Berarti Indonesia termasuk negara terbesar ke tiga di antaranegaranegara yang sedang berkembang setelah Gina dan India.Dibanding dengan jumlah sensus tahun 1980 maka akan terlihat peningkatan penduduk Indonesiarata-rata1,98% pertahun.Berdasarkan hasil proyeksi penduduk, jumlah penduduk Indonesia padatahun 1995 sebanyak 195,3 juta jiwa. Bila dilihat dari luas Wilayah pada peta penyebaran penduduknya terlihat tidak merata di 27 propinsi. Berdasarkan hasilsensus penduduk tahun 1990 sekitar 60% penduduk tinggal di pulau Jawa, padahal luas pulau Jawa hanya 7% dari luaswilayah Indonesia. Dilain pihak pulau Kalimantan yang luas wilayahnya hanyaditempati oleh 5% dari jumlah penduduknya.
 
Kondisi tersebut menunjukan bahwa kepadatan penduduk Indonesia tidak seimbang. Kondisi tersebut memerlukan upaya pemerataan dan upaya tersebuttelah dilaksanakan melalui program transmigrasi dan gerakan kembali ke Desa.Dilihat dari tingkat pertambahan Penduduknya Indonesia masih tergolong tinggi,hal ini bila tidak diupayakan pengendalianya akan menimbulkan banyak masalah.Masalah lingkungan hidup (environmental problems) akhir-akhir ini telahdijadikan isu global terutama dua dekade terakhir sehingga baik pemerintahmaupun masyarakat di Negara-negara maju yang sedang berkembang telahmemberikan perhatian yang serius pada masalah tersebut. Dunia semakinmenyadari bahwa eksploitasi SDA (natural resources) yang hanya berorientasiekonomi tidak hanya membawa efek positif tetapi juga membawa efek negatif.
B. Rumusan Masalah
1. Bagaimanakah sikap manusia terhadap kependudukan dan lingkungan hidup ?2. Tindakan apa yang harus di tempuh dalam mengatasi kependudukan danlingkungan hidup ?
 
BAB IIPEMBAHASANA. Kependudukan
Sampai kini belum ada orang yang tahu dengan tepat sejak kapan manusia pertama mendiami bumi ini, orang hanya mampu menaksir sejak kapan manusiamampu membuat alat-alat batu, yang dikenal sebagai zaman batu. Pada zaman itusekitar 8.000-7.000 tahun sebelum Isa Al-Masih, diperkirakan jumlah penduduk  bumi antara 5-10 juta orang (IKIP, 1988 : 46).Dalam determinants and consequens of population growth (united nation, New York, 1953), disebutkan bahwa manusia telah mendiami ini sejak 100.000tahun yang lalu. Pertumbuhan penduduk sangat lambat karena tingginya angkakematian bayi dimana pengadaan makanan merupakan faktor utama membatasi pertumbuhan penduduk pada zaman prasejarah karena pengolahan lahan pertanianyang sangat primitif (1988). Barulah antara 1.000-300 tahun sebelum Isa Al-Masih terjadi perbaikan yang berarti dalam bidang pertanian yang ditandai dengan penggunaan sungai Nil di Mesir di lembah sungai Tigris dan sungai Eufrhat padakerajaan Babylonia (Iraq), lembah sungai Kuning (yang tse kiang) di Tiongkok,lembah sungai Indus di India. Di daerah-daerah tersebutlah muncul peradabankuno dimana pertambahan penduduk berlangsung dengan cepat.Pada masa kehidupan nabi Isa a.s. penduduk dunia diperkirakan 200-300 juta jiwa dan pada zaman kerajaan Romawi. Kerajaan tersebut mempunyai penduduk 50-55 jiwa sedang sebagian besar Amerika, Eropa Utara, lautan pasifik,dan Asia bagian Utara masih jarang sekali penduduknya (1988).

Activity (17)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Fadly Wa-one added this note
Bagai mana carax download free
Upin D'Yanto liked this
Vhivi Ramadhani liked this
Rafles Rifa'i liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->