Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tugas TIK (Pengertian Jaringan, Fungsi Jaringan, Jenis-Jenis Jaringan)

Tugas TIK (Pengertian Jaringan, Fungsi Jaringan, Jenis-Jenis Jaringan)

Ratings: (0)|Views: 835 |Likes:

More info:

Published by: Muhammad Kevin Perdana on Jan 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/21/2013

pdf

text

original

 
 Nama : M. Kevin PerdanaKelas: IX-ETugas: Membuat makalah (Pengertian jaringan, Fungsi jaringan, Jenis-Jenis jaringan)B. Studi: TIK (Teknologi Informasi & Komunikasi)
Pengertian Jaringan
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.Tujuan dari jaringan komputer adalah:- Membagi sumber daya:contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk. Komunikasi: contohnyasurat elektronik, instant messaging, chatting-Akses informasi:contohnya web browsing Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang memintalayanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server).Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruhaplikasi jaringan komputer.
Jenis-Jenis Jaringan
 
Jenis-jenis jaringan antara lain:1) Jaringan Workgroup (Peer-to-peer)Peer-to-peer Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi clientsecara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberihak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat Amengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses filekepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.2). Jaringan LANLocal Area Network Skema Local Area Network. Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringankomputer yang secara geografis masih terhitung dekat seperti jaringan komputer kampus,gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini LAN biasanya berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yangmempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet,saat ini teknologi 802.11b atau biasa disebut Wi-fi juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologiWi-fi biasa disebut hotspot. Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyaidaya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer jugadapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telahdiatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN,seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain denganmenggunakan aplikasi yang sesuai. Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut 1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi 2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit 3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasiBiasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadiserver yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.3). Jaringan WAN (Wide Area Network) Jaringan yang lebih luas dari LAN. Jika LANdalam satu gedung maka WAN untuk satu kota.
 
WAN ( Wide Area Network )Wide Area Network dengan cakupan yang lebih luas lagi, cakupannya meliputi satukawasan, satu pulau atau satu negara bahkan benua. Sedangkan metode yang di pakaidalam WAN hampir sama dengan yang di pakai di dalam LAN dan MAN.4). Jaringan InternetInternet adalah interkoneksi antar jaringan-jaringan komputer yang ada di dunia yang bisa saling berkomunikasi dan bertukan informasi menggunakan standard InternetProtocol ( IP ).Klasifikasi jaringan komputer berdasarkan media pengantar data kini terbagi menjadi dua1. Wireless Network Wireless Network adalah jaringan tanpa kabel yangmenggunakan media pengantar peralatan radio yang bisa saling terhubung. Jenis- jenis radio yang bisa di gunakan memiliki macam dan ragam yang banyak.Seperti halnya radio yang biasa kita dengar kan yang memiliki frequensi, radioinipun memiliki frequensi yang membatasi tiap-tiap radio tidak saling terhubung.Frequensi yang di gunakan pada radio untuk jaringan komputer biasanyamenggunakan frequensi tinggi, seperti 2.4 GHz , 5.8 GHz, dan banyak lagi yanglainnya.2. Wire Network Wire Network adalah jaringan komputer dengan menggunakankable sebagai perantaranya. Kabel yang umum digunakan pada jaringan komputer  biasanya di sebut dengan kabel UTP (Unshielded twisted-pair). Kabel inimenggunakan bahan dasar tembaga tanpa pelindung di dalamnya, makanya kabelini dinamakan dengan Unshielded twisted-pair. Kabel yang digunakan dalam pengkoneksian komputer-komputer ini memiliki kategori yang berbeda-beda,dimulai dengan category 1 ( cat1), category 2 (cat2), category 3(cat3), category4(cat4), category 5 (cat5), Enhanced category 5 (cat5e), dan lain-lain. Sedangkanyang umum dipakai adalah (cat5) dan (cat5e). Sedangkan konektor di ujungmasing-masing kabel di sebut dengan RG 45.Klasifikasi jaringan berdasarkan fungsi. Jaringan komputer dibagi menjadi 2 bagian.1. Client Server Client Server adalah jaringan komputer yang salah satu komputer di dalam jaringan tersebut di dedikasikan sebagai server atau induk dari komputer yang lain, yang melayani atau memberikan services kepada komputer lain sebagaiclient. Services disini bisa berupa service web, service mail, service file, danservices yang lainnya.2. Peer to Peer Peer to Peer adalah jaringan komputer dimana komputer yangterhubung bisa menjadi server sekaligus sebagai client. Implementasi bisa kita

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Wafi Ajah liked this
Nurlina Apriani liked this
Ugik Acong liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->