Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
14Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Nilai Nilai MusikaL Pertunjukan Musik

Nilai Nilai MusikaL Pertunjukan Musik

Ratings: (0)|Views: 3,212 |Likes:
tentang nilai musikal pertunjukan musik
tentang nilai musikal pertunjukan musik

More info:

Published by: Yayan Embrienk Heryana on Jan 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/14/2012

pdf

text

original

 
NILAI-NILAI MUSIKAL PERTUNJUKAN MUSIK
Musik merupakan seni mengaransir suara. Musik telah menjadibagian dari setiap budaya di dunia, dan berkembang dengan luas disetiapcorak budaya.Seperti halnya bahasa, aransemen musik merupakan saranakomunikasi yang dilakukan manusia yang berkembang dan menjadisarana komunikasi yang sangat kuat pengaruhnya terhadap kehidupanmanusia. Musik dipercaya sebagai sarana penyembuh penyakit psikismanusia bagi beberapa orang.Dewasa ini perkembangan musik sudah sangat pesat, ditunjangdengan semakin modernnya sarana prasarana untuk menikmati musik.Demikian pula halnya dengan pertunjukkan musik, kita dapatmenyaksikan hampir setiap saat, baik secara langsung maupun melaluimedia visual.Pada modul ini, anda akan mempelajari hal-hal yang terkait denganpertunjukkan musik, dan cara mengapresiasikannya.Musik merupakan kebutuhan mausia inmaterial yakni memenuhikebutuhan rohani. Dengan musik hati terhibur, dengan musik badan segar kembali, semangat bekerja bertambah, sehingga terdapat daya kekuatantersendiri.Musik terdiri dari berbagai jenis, ada musik tradisional, musikklenengan/karawitan, calung, kulintang, degung, rebana, dan ada jugamusik non tradisional atau modern missal band, dangdut, ansambel,konser dan simponi.musik-musik tersebut mempunyai daerahperkembangan dan penggemar tersendiri, misal remaja menyukai musikrock, pop, dangdut, orang tua menyukai lagu-lagu slow, anak-anakmenyukai lagu-lagu anak dan lain-lain.
 
Disamping sebagai ungkapan ekspresi, musik juga dapatdifungsikan untuk kegiatan agama, perdagangan, untuk komunikasi, jugasebagai hiburan, pendidikan, yakni membentuk watak dan jiwa manusiamenjadi lebih baik.
Nilai-Nilai Musikal
Dalam permainan musik terdapat nilai-nilai. Nilai-nilai tersebutdapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.Diantara nilai-nilai tersebut adalah :a. Nilai-nilai budi pekerti luhur yakni musik berisi ajaran tingkah laku baik,ajaran agama, keteladanan, rasa cinta terhadap alam.b. Nilai keindahan yang tinggi (artistik) dan nilai estetis (indah), yaknimusik diciptakan untuk keindahan musik itu sendiri.c. Berisi permainan, yakni musik dapat dijadikan sebagai alat permainananak-anak maupun orang dewasa, dapat dijadikan sebagai hiburan,luapan emosi, imajinasi.d. Nilai komunikasi, yakni musik dapat dijadikan alat komunikasi/perhubungan, antara manusia dengan manusia.e. Seni musik sebagai ekspresi yakni mencetuskan, mengungkapkan idedan gagasan secara spontan.
 
MENGENAL FUNGSI DAN LATAR BELAKANG MUSIK
Musik tradisional lahir dari budaya daerah setempat. Hal tersebutsudah terjadi dan sudah ada sejak nenek moyang secara turun temurun.Secara umum, fungsi musik tradisional antara lain sebagai pengiringupacara adat / religious, pengiring tari tradisional, sarana hiburan parabangsawan, sebagai pengiring pergelaran (teater), sebagai mediabermain, sebagai media mendongeng, sebagai media komunikasi, dansebagai media penerangan. Salah satu contoh musik sebagai mediakomunikasi adalah kentongan ataupun bedug. Kentongan dapatdigunakan untuk memanggil ataupun mengumpulkan orang untukberkumpul dalam gotong royong atau acara tertentu, terutama acara untuksosial kemasyarakatan.Disamping mempunyai fungsi, musik tradisional mempunyai nilai-nilai antara lain nilai artistik, permainan, media komunikasi, budi pekertiluhur dan alat ekspresi.Jadi, musik tradisional di tiap-tiap daerah di Indonesia mempunyaimakna yang penting, terutama dalam melestarikan budaya, melestarikankekayaan seni yang tidak dapat dinilai dengan uang, tidak dapat dihitungdengan angka, karena memang sangat berharga pada masa sekarangmaupun masa yang akan datang.
1. Fungsi dan Latar Belakang Musik Tradisional
a. Fungsi Musik TradisionalMusik tradisional merupakan musik yang lahir dari budayadaerah yang sudah ada sejak nenek moyang secara turun temurun. Alat dan penyajiannya sederhana.Contoh musik daerah / tradisional :1) Calung (Jawa Barat)2) Angklung (Jawa Barat)3) Gamelan (Jawa)

Activity (14)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Fabian Yustejo liked this
u_breatz_ liked this
Enda Titeue liked this
Erma Yunita liked this
Alfred Alphard liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->