Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Aspek Hukum Dalam Bisnis

Aspek Hukum Dalam Bisnis

Ratings: (0)|Views: 191 |Likes:
hukum dalam berbisnis
hukum dalam berbisnis

More info:

Published by: Yayan Embrienk Heryana on Jan 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/17/2011

pdf

text

original

 
ASPEK HUKUM DALAM BISNIS( Kontrak dalam Bisnis )
Disusun oleh :Nama : Chintiya ChaeraniKelas : B3 (Investasi)SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI (STIE)BISNIS INDONESIA2011
 
A. Pengertian Kontrak Bisnis
Kontrak merupakan perjanjian yang bentuknya tertulis. Dalam suatu kontrakbisnis, ikatan kesepakatan dituangkan dalam suatu perjanjian yangbentuknya tertulis. Hal ini untuk kepentingan kelak, jika dikemudian hariterjadi sengketa berkenaan dengan kontrak itu sendiri, maka para pihakdapat mengajukan kontrak tersbut sebagai salah alat bukti.Kontrak di Indonesa diatur dalam Kitab Undang-undang Hukum Perdata(KUHPerdata) Buku III tentang Perikatan. Perikatan dapat lahir dari perjanjiandan undang-undang. Perjanjian itu sendiri meliputi perjanjian yang bentuknyatertulis (kontrak) dan perjanjian lisan. Dari uraian singkat tersebut terlihatbahwa kontrak dengan perikatan memiliki kaitan, yaitu bahwa kontrakmerupakan salah satu sumber dari perikatan.
B. Asas ± asas Dalam Kontrak Bisnis
 Asas dimaknai sebagai hal-hal mendasar yang menjadi latar belakanglahirnya suatu norma atau aturan atau kaidah. Sebelum membuat suatuaturan biasanya ditentukan dahulu asasnya yang biasanya lebih bersifatfilosofis. Asas-asas dalam kontrak bisnis di antaranya.1. Asas Kebebasan Berkontrak : Asas ini dimaknai dengan adanya keleluasaan atau kebebasan bagi parapihak yang mengikatkan diri dalam suatu kontrak untuk menentukan isikontrak, bentuk kontrak, dan apa pun yang diatur dalam kontrak. Asas initersirat dalam Pasal 1338 ayat (1) KUHPerdata bahwa pada pokoknyaperjanjian yang dibuat secara syah berlaku sebagai undang-undang bagiyang membuatnya. Namun demikian, kebebasan yang diperoleh parapihak masih ada batasannya, yaitu Undang-undang. Ketertiban umumdan kesusilaan.2. Asas Kekuatan Menigkat Asas ini dimaknai dengan adanya ikatan dari para pihak ketika membuatkontrak. Para pihak yang menandatangani kontrak terikat dengan apayang telah ditandatanganinya dalam kontrak tersebut. Asas yang tersirat
 
dalam Pasal 1338 ayat (1) KUHPerdata bahwa pada pokoknya perjanianyang dibuat secara syah berlaku sebagai Undang-undang bagi yangmembuatnya. Kata-kata ³berlaku sebagai undang-undang´ memilikimakna kekuatannya sama dengan undang-undang, artinya memiliki dayapaksa untuk mematuhi apa yang tertuang dalam kontrak tersebut.3. Asas Itikad Baik. Asas ini memiliki makna yaitu kontrak yang dibuat para pihak harusdidasari dengan adanya itikad baik di antara para pihak baik sebelumdibuatnya kontrak, pada saat dibuatnya kontrak maupun setelahberakunya kontrak. Asas ini tersirat dalam Pasal 1338 ayat (2)KUHPerdata.4. Asas Kesepakatan Asas ini memiliki makna yaitu kesepakatan merupakan pangkal tolak darimulai berlakunya suatu kontrak atau mulai mengikatnya suatu kontrakbagi para pihak. Asas ini tersirat dalam Pasal 1338 ayat (3) KUHPerdata jo. Pasal 1320 ayat (1) KUHPerdata.Harus digaris bawahi bahwa asas bukanlah norma, jadi ketika terjadipelanggaran terhadap asas maka tidak dapat dikategorikan telah terjadipelanggaran hukum dengan adanya sanksi hukum, melainkan telahterjadi pelanggaran asas dengan sanksi yang bersifat moral. Namunapabila asas ini sudah tertuang dalam suatu norma atau aturan makatentu saja pelanggarannya bukan merupakan pelanggaran asas tetapisudah termasuk pelanggaran hukum atau peraturan norma sehinggapatut mendapat sanksi hukum.
C. Syarat-Syarat sahnya Kontrak Bisnis
Suatu Kontrak harus memenuhi empat syarat supaya kontrak sah secarahukum. Keempat syarat syahnya Kontrak Bisnis di atur dalam Pasal 1320KUHPerdata. Oleh karena empat syarat tersebut merupakan ketentuan yangmemaksa dalam arti harus dipenuhi, jika tidak maka terdapat sanksi hukumyaitu kontrak tersebut tidak sah secara hukum.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->