Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
45Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Permasalahan Aktual Pendidikan Dan Penanggulangannya Di Indonesia

Permasalahan Aktual Pendidikan Dan Penanggulangannya Di Indonesia

Ratings: (0)|Views: 10,195|Likes:
permasalahan aktual pendidikan
permasalahan aktual pendidikan

More info:

Published by: Yayan Embrienk Heryana on Jan 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/16/2013

pdf

text

original

 
 
PERMASALAHAN AKTUAL PENDIDIKAN DANPENANGGULANGANNYA DI INDONESIA
Nama : MAIL ISKANDARNIM : 20108210663Jurusan : PPKnDosen : Drs. Syarif Hidayat, M.Pd
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKANKUSUMA NEGARA2011
 
 
B
A
B
IPENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang MasalahPendidikan selalu menghadapi masalah, karena selalu terdapatkesenjangan antara apa yang diharapkan dengan hasil yang dapatdicapai dari proses pendidikan. Permasalahan aktual berupakesenjangan-kesenjangan yang pada saat ini kita hadapi dan terasamendesak untuk ditanggulangi.Pendidikan mempunyai tugas menyiapkan sumber dayamanusia untuk pembangunan, derap langkah pembangunan selaludiupayakan seirama dengan tuntutan zaman. Perkembangan zamanselalu memunculkan tantangan-tantangan baru, sebagiannya seringtidak dapat diramalkan sebelumnya.1.2 Perumusan MasalahMasalah yang dihadapi dunia pendidikan itu demikian luas,pertama sifat sasarannya yaitu manusia sebagai mahluk misteri,kedua karena usaha pendidikan harus mengantisipasi kehari depanyang tidak segenap seginya terjangkau oleh kemampuan daya ramalmanusia, oleh karena itu, perlu ada rumusan sebagai masalah-masalah pokok yang dapat dijadikan pegangan oleh pendidik dalammengemban tugasnya.Beberapa masalah aktual pendidikan yang akan dikemukakanmeliputi masalah-masalah keutuhan pencapaian sasaran, kurikulum,peranan guru, pendidikan dasar 9 tahun, dan pendayagunaanteknologi pendidikan.
 
 
B
A
B
IIPEM
B
AHASAN
Masalah aktual tersebut ada yang mengenai konsep dan ada yangmengenai pelaksanaannya.Perlu dipahami bahwa tidak semua masalah aktual tersebutmerupakan masalah baru. Bahkan ada yang sudah lama. Sudah sejaklama masalah aktual itu kita sepakati untuk mengatasinya, tetapi daritahun ketahun hasilnya tetap sama. Contoh Pendidikan Moral Pancasilayang tekanannya pada pendidikan afektif, ternyata dalam pelaksanaannyamenjadi pelajaran tentang pengetahuan Pancasila (meng-kognitifkan yangafektif), ini adalah contoh masalah operasional.Berikut ini masalah aktual tersebut akan dibahas satu persatu :
a.
M
asalah
Keutu
han
Pe
ncapaian
S
asaran.
 
Masalahnya apakah sistem pendidikan kita member peluangdemi terjadinya pengalaman-pengalaman tersebut. Kelihatannyabanyak hambatan yang harus dihadapi, antara lain :1) Beban kurikulum sudah terlalu sarat2) Pendidikan afektif sulit diprogramkan secara eksplisit, karenadianggap menjadi kurikulum tersembunyi (hidden curriculum) yangketerlaksanaannya sangat tergantung kepada kemahiran danpengalaman guru.3) Pencapaian hasil pendidikan afektif memakan waktu, sehinggamemerlukan ketekunan dan kesabaran pendidik.4) Menilai hasil pendidikan afektif tidak mudah. Bahkan kalau mauberhasil, juga membutuhkan biaya.Disinilah letak masalahnya jika sarana pendidikan yang utuhingin dicapai.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->