Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
67Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Demografi Indonesia

Demografi Indonesia

Ratings: (0)|Views: 9,848|Likes:
Published by Nan4_berau

More info:

Published by: Nan4_berau on Jan 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/24/2013

pdf

text

original

 
Demografi IndonesiaIndonesia
memiliki jumlah penduduk sebesar 245 juta jiwa, menjadikan negara ininegara dengan penduduk terbanyak ke-4 di dunia.PulauJawamerupakan salah satu daerah terpadat di dunia, dengan lebih dari 107 juta jiwa tinggal di daerah dengan luassebesar  New York .Indonesia memiliki budaya dan bahasa yang berhubungan namun berbeda. Sejakemerdekaannya Bahasa Indonesia(sejenis denganBahasa Melayu
 
) menyebar ke seluruh penjuru Indonesia dan menjadi bahasa yang paling banyak digunakan dalam komunikasi, pendidikan, pemerintahan, dan bisnis. Namun bahasa daerah juga masih tetap banyak dipergunakan.
Penduduk 
Migrasi penduduk besar-besaran ke wilayah Indonesia dari Hindia Belakang diyakinisetidak-tidaknya terjadi atas 2 gelombang migrasi. Migrasi besar-besaran pertama, beberapa abad sebelum Masehi, saat ini dikenal sebagairumpun Proto-Melayuyanghidup di daerah pedalaman dan pegunungan diwilayah Nusantara; dan migrasi besar- besaran kedua menjelang abad Masehi, saat ini hidup didaerah pesisir dan dataran rendahdikenal sebagairumpun Deutro-Melayu. Ras di Indonesia sebagian besar adalahras  Sinidadari rumpun bangsa Mongoloidmendiami Daratan Indonesia bagian Barat dan Daratan Indonesia Bagian Tengah; sebagian kecil, terutama di Daratan Indonesia BagianTimur didiami olehras Melanesiadarirumpun bangsa Australoid. Imigranke Indonesia terutama dari China tenggara, merupakan penduduk keturunanasing yang terbanyak, menyebar hampir di semua kota besar di Indonesia. Demikian pula pendatang dari Arab, Hadramaut -Yaman merupakan kelompok pendatang keduaterbanyak dan disusul oleh pendatang dari India dan sekelompok kecil dari Eropa. Suku bangsa pribumi yang terbanyak persentasenya di Indonesia adalahsuku Jawadan disusulolehsuku Sunda.Dari segi kependudukan, Indonesia masih menghadapi beberapa masalah besar anataralain :
Penyebaran pendudutidak merata, sangat padat di Jawa - sangat jarang diKalimantan dan Irian.
Piramida penduduk masih sangat melebar, kelompok balita dan remaja masihsangat besar.
Angkatan kerjasangat besar, perkembangan lapangan kerja yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah penambahan angkatan kerja setiap tahun.
Distribusi Kegiatan Ekonomimasih belum merata, masih terkonsentrasi di Jakartadan kota-kota besar dipulau Jawa.
Pembangunan Infrastruktur masih tertinggal; belum mendapat perhatian serius
Indeks Kesehatanmasih rendah; Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayimasih tinggi
 
DEMOGRAFIA. Pengertian
Demografi berasal dari Bahasa YunaniDemos : RakyatGrafein : MenulisDemografi : Tulisan tulisan tentang rakyat/penduduk ( ilmu kependudukan)Menurut Donald J Boque :Ilmu yang mempelajari secara statistik dan matematik tentang
besar, komposisidan distribusi penduduk beserta perubahannya
sepanjang masa, melalui bekerjanyalima komponen demografi yaitu
kelahiran (fertilitas), kematian (mortalitas),perkawinan, migrasi dan mobilitas sosial.B. Variabel utama demografi:
a.Kelahiran (natalitas)b.Kematian (death/mortalitas)c.Migrasi (perpindahan)Ketiga Variabel ini akan mempengaruhi
keadaan dan komposisi penduduk (umur dan jenis kelamin)C. Ruang Lingkup :
a.Kuantitatif dan kualitatif b.Unsur-unsur demografic.Teknik menghitung data kependudukand.Data demografi, pengukuran, teknik dan analisa serta konsekuensie.Interdisciplinary science (ekonomi, geografi, psychologi, politik dsb)
D. Tujuan
:a.Mempelajari kuantitas dan distribusi penduduk dalam satu daerah tertentub.Menjelaskan pertumbuhan masa lampau, penurunannya dan penyebarannyac.Mengembangkan hubungan sebab akibat antara perkembangan pendudukdengan bermacam aspek-aspek sosiald.Mencoba meramalkan pertumbuhan penduduk di masa datang dankemungkinan konsekuensinya.
E. Sumber data kependudukan :
 
a.Sensus Penduduk (SP).Indonesia telah melakukan sesus pada tahun ’71, ’80, ’90, dan 2000 (SP71,SP80, SP90, dan SP2000)b.Survey penduduk, yaitu diataranya :
-
 
SUPAS (Survei Penduduk Antar Sensus) pada tahun 1985 dan 1995.
-
 
Susenas (Survei Sosial Ekonomi Nasional)
-
 
SKRT (Survei Kesehatan Rumah Tangga)
-
 
SDKI (Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia)c.Registrasi Penduduk, misalnya : Akte Kelahiran, Akta Nikah, Pembuatan KTP.Seiring dengan waktu untuk mengetahui keadaan penduduk mengalami perubahan.Info kependudukan berkaitan dengan keakuratan data, data kependudukan yangtidak akurat menyebabkan informasi yang dihasilkan salah. Padahal data tersebutdigunakan sebagai perencanaan pembangunan.
F. Dinamika penduduk :
Dinamika penduduk akan melahirkan push and pull theory, yaitu Pertumbuhanpenduduk merupakan keseimbangan yang dinamis antara kekuatan-kekuatan yangmenambah dan mengurangi
 
Kekuatan menambah (dorong/push) : kelahiran, imigrasi
 
Kekuatan mengurangi (tarik/pull) : kematian, emigrasi
G. Laju pertumbuhan penduduk

Activity (67)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Seftian Eva liked this
Shaffa Shime liked this
Witria Susanti liked this
Dewi Arini liked this
syahrirmappiare liked this
witikta liked this
M Bayu Oktaviana liked this
Prita Megianti liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->