Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
10Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
SURVEILANS GIZI

SURVEILANS GIZI

Ratings: (0)|Views: 454 |Likes:
Published by Lanang Rek

More info:

Published by: Lanang Rek on Jan 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/04/2013

pdf

text

original

 
SURVEILANS GIZI – (
Draft 
)(Direktorat Gizi Masyarakat)
1.Upaya perbaikan gizi dengan ruang lingkup nasional dimulaipada tahun 1980. Diawali dengan berbagai survei dasar, disusunstrategi dan kebijakan yang pada umumnya melibatkan berbagaisektor terkait. Keberhasilan program perbaikan gizi dinilaiberdasarkan laporan rutin dan juga survei berkala melalui surveikhusus maupun diintegrasikan pada survei nasional sepertiSusenas, Survei Kesehatan Rumah Tangga dan lain-lain.2.Kecenderungan status gizi kurang dipantau melalui Susenas1989 sampai dengan 2000. Pada tahun 1989, gizi kurang dideritaoleh 37,5% anak balita. Pada tahun 2000, prevalensi gizi kurangadalah 24,6%. Yang menjadi masalah adalah penderita gizi buruk,yang terlihat tidak terjadi penurunan prevalensi. Prevalensi giziburuk pada anak balita terlihat meningkat dari 6.3% pada tahun1989, menjadi 11,5% pada tahun 1995, kemudian turun menjadi7,5% pada tahun 2000. Terlepas dari kejadian krisis ekonomi tahun1997, memasuki tahun 2000, masalah gizi kurang masih ditemuipada sebagian besar penduduk. Masih ditemukan 20 kabupatendengan prevalensi gizi kurang pada anak balita diatas 40%, 60kabupaten dengan prevalensi antara 30-40%, dan 141 kabupatendengan perevalensi antara 20-30%.3.Masalah tingginya prevalensi gizi kurang pada anak balitaberhubungan dengan masih tingginya bayi lahir dengan beratbadan rendah. Pevalensi BBLR ini masih berkisar antara 2 sampai17% pada periode 1990-2000. Akibat dari BBLR dan gizi kurangpada balita berkelanjutan pada masalah pertumbuhan anak usiamasuk sekolah. Berdasarkan hasil pemantauan Tinggi badan anakbaru masuk sekolah (TBABS), diketahui bahwa prevalensi anakpendek tahun 1994 adalah 39,8%. Prevalensi ini turun menjadi36,1% pada tahun 1999.4.Masalah gizi kurang pada anak berkelanjutan pada wanita usiasubur, yang akan melahirkan anak dengan risiko BBLR, disertaidengan masalah anemia dan gizi mikro lainnya, seperti kurangyodium, selenium, kalsium, dan seng.5.Faktor penyebab langsung dari masalah gizi kurang ini berkaitandengan konsumsi gizi. Pada periode 1995-2000, masih dijumpaihampir 50% rumah tangga mengkonsumsi makanan kurang dari70% terhadap angka kecukupan gizi yang dianjurkan (2200Kkal/kapita/hari; 48 gram protein/kapita/hari).
Surveilans Gizi (draft)
1
 
6.Akar permasalahan adalah kemiskinan dan situasi sosial politikyang tidak menentu. Tahun 1999, kajian Susenas memperkirakan47,9 juta penduduk hidup dibawah garis kemiskinan.7.Analisis situasi yang terus menerus, baik dalam bentuk besarnyamasalah maupun faktor-faktor yang berkaitan dengan masalahtersebut, perlu dilakukan mulai dari tingkat administrasi terendah ditingkat desa sampai dengan tingkat nasional.8.Dengan demikian Surveilans gizi diperlukan denganberlandaskan pada kerangka konsep yang diperkenalkan UNICEF(Bagan 1) agar sasaran (target) penduduk yang berisiko rawan gizi(Bagan 2) dapat diketahui untuk kepentingan intervensi.
9.Bagan 1. Penyebab Kurang Gizi
Surveilans Gizi (draft)
2
 
KURANG GIZIMakan Tidak SeimbangPenyakit Infeksi Tidak CukupPersediaan PanganPola Asuh Anak Tidak MemadaiSanitasi dan AirBersih/PelayananKesehatan Dasar Tidak MemadaiKurang Pendidikan, Pengetahuan dan KeterampilanKurang pemberdayaan wanitadan keluarga, kurang pemanfaatansumberdaya masyarakatPengangguran, inflasi, kurang pangan dan kemiskinanKrisis Ekonomi, Politik,dan SosialDampakPenyebablangsungPenyebab Tidak langsungPokok Masalahdi MasyarakatAkar Masalah(nasional)
Surveilans Gizi (draft)
3

Activity (10)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Miratul Haya liked this
Miratul Haya liked this
jirmansasake liked this
Rizka Nur Farida liked this
Rizka Nur Farida liked this
Sriani Romia liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->