Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
40Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sistem Indera (Biologi)

Sistem Indera (Biologi)

Ratings: (0)|Views: 4,808 |Likes:
Published by aussie_chan

More info:

Published by: aussie_chan on Jan 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/18/2013

pdf

text

original

 
KATA PENGANTAR
Berkat rahmat dan hidayah dari Tuhan Yang Maha Esa serta dorongan keinginanuntuk menambah pengetahuan tentang anatomi manusia, maka ”MAKALAH SISTEMSARAF dan INDERA pada MANUSIA” ini dapat tersusun.Makalah ini disusun sebagai penjelasan mengenai sistem saraf dan alat inderapada manusia dan hubungannya dengan kesehatan. Makalah yang disusun sebagaipegangan, tidak tertutup kemungkinan digunakan sebagai sumber bacaan bagi pelajauntuk menambah ilmu pengetahuannya.Makalah ini telah disusun berdasarkan sumber-sumber yang ada, namun kamimenyadari bahwa makalah ini masih belum sempurna. Oleh karena itu, semua kritik dansaran demi perbaikan dan penyempurnaan akan kami terima dengan senang hati.Tim Penyusun berharap makalah ini dapat bermanfaat dan berguna sebagaibahan informasi bagi para penyusun sendiri dan semua pihak yang memerlukannya.Akhirnya, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantudari penyusunan hingga makalah ini selesai.
 
BAB IIPENDAHULUAN
TUJUAN
Setelah membaca makalah ini Anda diharap dapat:1.Membandingkan macam organ penyusun sistem saraf pada manusia.2.Menjelaskan fungsi otak, sumsum tulang belakang dan sel saraf dalam sistemkoordinasi.3.Menunjukkan bagian-bagian alat indera dan fungsinya.4.Mendata contoh kelainan dan penyakit pada alat indera yang biasa dijumpaidalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.
LATAR BELAKANG
Kami membuat makalah ini untuk memenuhi tugas dalam rangka membuatmakalah yang merupakan tuntutan dari oleh guru biologi, Ibu Anis A. Dan makalah inidibuat agar kita bisa lebih memahami tentang alat –alat indera juga sistem saraf yangada di dalam tubuh kita.
 
SISTEM INDERA MANUSIA
Semua kegiatan dapat kita lakukan dan kita nikmati karena kita memiliki sistemindera.
Indera Manusia
Indera manusia terdiri atas organ-organ tubuh yang sangat peka terhadapstimulus ( rangsangan ) tertentu yaitu :1.Mata, indera penglihatan yang peka terhadap cahaya.2.Telinga, indera pendengar yang peka terhadap rangsangan getaran suara ataubunyi.3.Hidung, indera pencium yang peka terhadap rangsangan bau.4.Lidah, indera pengecap yang peka terhadap rasa makanan yang berupa zat-zatkimia terlarut.
5.
Kulit, indera peraba yang peka terhadap rangsanganberupa sentuhan, tekanan,maupun rabaan.Alat indera pada manusia itu sempurna karena dilengkapi dengan bagian-bagianyang berfungsi untuk menerima rangsangan dari luar, dan saraf-saraf pembawarangsang ke saraf pusat ( otak ).Alat-alat indera manusia dapat berfungsi dengan sempurna bila :1.Saraf-saraf yang berfungsi membawa rangsang ke sumsum saraf pusatbekerja dengan baik.2.Otak sebagai pusat pengolah rangsang bekerja dengan sempurna.
3.
Secara anatomi alat-alat indera tak mempunyai kelainan bentuk danfungsinya.
MATA
Susunan dan bagian-bagian mata kita sangat rumit .Gambar A : Menunjukkan bagian depan mata kita yang indah. Bagian depanmata kita dilindungi oleh :1.Alis, berfungsi menahan keringat dari dahi agar tidak masuk ke mata.2.Kelopak mata, terdiri dari kelopak mata atas dan kelopak mata bawah.Kelopak mata atas dapat digerakkan, sedangkan kelopak mata bawah tidak. Padakelopak terdapat bulu mata yang berfungsi untuk melindungi mata dari debu ataubenda asing bila mata sedang terbuka. Selain itu, bulu mata juga berfungsimelindungi mata dari cahaya matahari yang berlebihan.3.Kelenjar air mata terdapat di bagian dalam kelopak mata yang berfungsimembasahi bola mata dan membersihkan mata dari debu dan benda-benda asing.Air mata juga mengandung zat untuk membunuh bakteri. Jika mata berkedip karenada debu masuk, maka kelenjar air mata menghasilkan air mata, sehingga debu ataubenda asing dapat dikeluarkan dan mata menjadi bersih.

Activity (40)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Darmadani Kyat liked this
Putry Nurhidayah liked this
Sucii Rifaldy liked this
Hiskia Sumakul added this note
I thank you for this success,,!! :) like.like n like
Hiskia Sumakul added this note
thankyou. i'm suces because them..!!
Diego Andromeda liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->