Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
64Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Metode Penelitian DR. Sugiyono

Metode Penelitian DR. Sugiyono

Ratings: (0)|Views: 6,659 |Likes:
Published by Aries Triwibowo

More info:

Published by: Aries Triwibowo on Jan 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/05/2014

pdf

text

original

 
1.
 
Metode Kuantitatif 
Metode ini digunakan apabila :a.
 
Bila masalah yang merupakan titik tolak penelitian sudah jelas. Masalahadalah merupakan penyimpangan antara masalah dengan yang seharusnyaterjadi, antara lain aturan dengan pelaksanaan, antara teori dan praktek,antara rencana dengan pelakasanaan. Dalam menyusun proposalpenelitian, masalah aharus ditunjukkan dengan data, baik data hasilpenelitian sendiri ataupun dokumentasi. Misalnya akan meneliti untuk menemukan pola pemberantasan kemiskinan, maka datra orang miskinsebagai masalah harus ditunjukkan.b.
 
Bila peneliti ingin mendapatkan informasi yang luas dari suatu populasi.Metode penelitian kuantitatif cocok digunakan untuk mendapatkaninformasi yang luas tetapi tidak mendalam. Bila populasi terlalu luas,maka penelitian dapat menggunakan sample yang diambil dari populasitersebut.c.
 
Bila ingin diketahui pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain. Untuk kepentingan ini metode eksperimen paling cocok digunakan. Misalnyapengaruh jamu terhadap derajat kesehatan.
(Halaman 23)
 d.
 
Bila peneliti bermaksud menguji hipotesis penelitian. Dapat berbentuk hipotesis deskriptif, komparatif, dan asosiatif.e.
 
Bila peneliti ingin mendapatkan data yang akurat berdasarkan fenomenayang empiris yang dapat diukur. Misalnya ingin mengaetahui IQ anak-anak dari masyarakat tertentu.f.
 
Bila ingin menguji terhadap adanya keragu-raguan terhadap validitaspengetahuan, teori dan produk tertentu.
(Halaman 24)
 
2.
 
Metode Kualitatif 
Metode kualitatif digunakan apabila :a.
 
Bila masalah penelitian belum jelas, masih remang-remang atau mungkinmalah masih gelap. Kondisi secam ini cocok diteliti dengan metodekualitatif, karena peneliti kualitatif akan langsung masuk ke objek,melakukan penjelajahan dengan grand tour question, sehingga masalah
 
akan dapat ditemukan dengan jelas. Melalui penelitian model ini, penelitiakan melakukan ekplorasi terhadap suatu objek. Ibarat orang akan mencarisumber minyak, tambang emas dan lain-lain.b.
 
Untuk memahami makna di balik data yang tampak. Gejala social seringtidak bisa dipahami berdasarkan apa yang diucapkan dan dilakukan orang.Sebagai contoh orang yang menangis, tertawa memiliki makna tertentu,sering terjadi, menurut penelitian kuantitatif benar, tetapi menjadi tandaTanya menurut penelitian kualitatif. Sebagai contoh ada 99 orangmenyatakan bahwa A adalah pencuri, sedangkan 1 orang menyatakantidak, mungkin yang satu orang ini yang benar. Menurut penelitiankuantitatif, cinta suami kepada istri dapat diukur dari banyaknya seharidicium, dalam penelitian kualitatif, semakin banyak istri dicium makamalah manjadi tanda Tanya, jangan-jangan hanya pura-pura. Data untuk mencari makna dari setiap perbuatan tersebut hanya cocok dengan metodekualitatif dangan teknik wawancara mendalam dan observasi berperanserta, dan dokumentasi.
(Halaman 24).Masalah
 
Sumber masalah
Masalah dapat diartikan sebagai penyimpangan antara yang seharusnyadengan apa yang benar-benar terjadi, antara aturan dengan pelaksanaan.Stoner (1982) mengemukakan bahwa masalah-masalah dapat diketahui ataudicari apabila terdapat penyimpangan antara pengalaman dengan kenyataan,adanya pengaduan dan kompetisi.
(Halaman 32)
a.
 
Terdapat penyimpangan antara pengalaman dengan kenyataanDidunia in yang tetap hanya perubaha, namun sering perubahan itutidak diharapkan oleh orang-orang tertentu, karena akan daaptmenimbulkan masalah. Orang biasanya menjadi pimpinan pada bidangpemerintahan harus berubah kebidang bisnis. Orang yang biasanyamenulis menggunakan mesin ketik manual harus bergantu dengan
 
computer, maka akan muncul masalah. Apakah masalahnya terjadi setelahterjadi perubahan.b.
 
Terdapat penyimpangan antara apa yang telah direncanakan dengankenyataanSuatu rencana yang telah ditetapkan tetapi hasilnya tidak sesuai dengantujuan dari rencana tersebut, maka tentu ada masalah. Jadi untuk menemukan masalah dapat diperoleh dengan cara melihat dari adanyapenyimpangan antara yang direncanakan dengan kenyataan.c.
 
Ada pengaduanDalam suatu organisasi yang tadinya tenang tidak ada masalah,ternyata setelah ada pihak tertentu yang mengadukan produknya maupun ,pelayanan yang diberikan, maka akan timbul masalah dalam organisasitersebut.
(Halaman 33)
d.
 
Adanya kompetisiAdanya saingan atau kompetisi sering menimbulkan masalah besar,bila tidak dapat memanfaatkan untuk kerjasama. Perusahaan pos dan giromerasa mempunyai masalah setelah adanya biro jasa lain yang menerimatitipan surat, titipam barang, adanya handphone untuk SMS, email. Dalamproposal penelitian, setiap masalah harus ditunjukkan dengan data.Misalnya penelitian tentang SDM, maka masalah SDM harus ditunjukkandengan data. Masalah SDM misalnya, berapa jumlah SDM yang terbatas, jenjang pendidikan yang rendah, komptensi dan produktivitas yang masihrendah.
(Halaman 34)Rumusan Masalah
Rumusan masalah berbeda dengan masalah. Kalau masalah itu merupakankesenjangan antara yang diharapkan dengan yang terjadi, maka rumusan masalahitu merupakan suatu perntanyaan yang akan dicari jawabannya melaluipengumpulan data. Namun demikian terdapat kaitan antara masalah denganrumusan masalah, karena setiap rumusan masalah penelitian harus berdasarkanpada masalah.

Activity (64)

You've already reviewed this. Edit your review.
Susy Harahap liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
manikherianto liked this
Yuli Ana liked this
Liez Ia liked this
mkhairur liked this
yunilaksmana liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->