Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
35Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Biokimia Pencernaan Makanan

Makalah Biokimia Pencernaan Makanan

Ratings: (0)|Views: 2,336 |Likes:
Published by Frimuss S

More info:

Published by: Frimuss S on Jan 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/21/2013

pdf

text

original

 
1
PENCERNAAN MAKANAN
A.
 
Pendahuluan
Hewan maupun manusia memperoleh zat makanan yang berasal dari tumbuhan danhewan lain. Zat makanan adalah unsur-unsur yang terkandung dalam makanan atau bahanrnakanan. Sedangkan bahan makanan adalah segala sesuatu yang diolah menjadi makanan.Satu macam bahan makanan saja tidak dapat memenuhi semua kebutuhantubuh terhadap berbagai zat makanan, karena masing-masing bahan makanan mengandung zat makananvang berbeda-beda baik macamnya maupun jumlahnya.Unsur makanan vang diperlukan oleh tubuh manusia tidak kurang dari 40 macam.Dari bermacm-macam unsur makanan tersebut dapat dibedakan rnenjadi enam unsur dasar,yaitu karbohidrat, protein, lemak, garam mineral , vitamin dan air.
 
arbohidratSumber karbohidrat antara lain beras, jagung, gandum, kentang, ubi-ubian, buah- buahan, dan madu. Fungsi utama karbohidrat adalah sebagai sumber energi. Tubuh manusiamenyimpan karbohidrat di organ hati dan otot.
ekurangan karbohidrat dapat menyebabkan busung lapar (kwarsiorkor).
 
P
rotein
P
rotein antara lain didapat dari hewan: daging, susu, ikan, telur, dan keju. Sedangkan protein dari tumbuhan ddapat dari biji-bijian. Fungsi utama protein adalah sebagai komponenstruktural dan fungsional. Fungsi struktural berhubungan dengan fungsi pembangun tubuh, pengganti sel-sel yang rusak. Sebagai komponen fungsional berkaitan dengan fungsinyasebagai komponen enzim yang mengkatalisasi proses-proses biokimia sel.
 
2
 
 
L
emak Sumber lemak hewani antara lain: lemak daging, mentega, susu, ikan basah, telur,minyak ikan, sedangkan sumber lemak nabati adalah: kelapa, kemiri, kacangkacangan,alpukat, dan lain-lain.
L
emak berfungsi sebagai sumber dan cadangan energi.
L
emak disimpan di jaringan bawah kulit.
 
V
itamin
V
itamin dapat berfungsi sebagai ko-enzim, yaitu suatu zat yang memacu bekerjanyasuatu enzim. Terdapat dua kelompok vitamin, yaitu vitamin yang larut dalam lemak dan tidak larut dalam lemak.
V
itamin larut dalam lemak mempunyai sifat dapat disimpan. Bila jumlahyang tersedia lebih banyak dari yang diperlukan tubuh, akan disimpan di dalam lemak dalamwaktu yang cukup lama. Berbeda dengan vitamin yang tidak larut dalam lemak, bila masukanvitamin melebihi jumlah yang diperlukan oleh tubuh, kelebihannya akan dibuang ke luar tubuh.
ekurangan vitamin akan menyebabkan defisiensi (avitaminosis), contoh: a.kekurangan vitamin A, menderita rabun senja b. kekurangan vitamin B1, menderita beri-beric. kekurangan vitamin B1
2
, menderita anemia d. kekurangan vitamin C, menderita skorbut e.kekurangan vitamin D, menderita rachitis f. kekurangan vitamin
, darah sukar membeku g.kekurangan vitamin E, menderita infertil (organ kelamin tidak subur).
 
G
aram mineral
G
aram mineral dibutuhkan secara sendiri-sendiri maupun kelompok. Masing-masingmempunyai peranan tertentu di dalam tubuh. Beberapa contoh penyakit kekurangan mineralantara lain: a.
ekurangan Ca (kalsium): darah sukar membeku, kejang otot, gangguan penulangan. b.
ekurangan Fe (zat besi) : menderita anemia c.
ekurangan I (iodium) :menderita gondok.
 
Air 
P
enyusun terbanyak tubuhmu adalah air. Air berperan dalam berbagai proses dalamtubuh, baik proses pencernaan maupun dalam reaksi-reaksi kimia. Air merupakan pelarutyang baik. Oksigen dan nutrien-nutrien dalam makanan tidak dapat memasuki sel-sel tanpaair. Air juga berperan dalam pengaturan suhu tubuh.Untuk bisa digunakan sebagai sumber energy, makanan tersebut harus dicernaterlebih dahulu.
P
ada dasarnya makanan yang masuk kedalam mulut kita masih berbentuk  potongan atau keratin yang masih mempunyai ukuran yang relative besar, misalnya nasi,keratan kentang, potongan daging atau telur, potongan sayur-sayuran atau buah-buahan.
 
3
 Makanan ini untuk dapat ditelan, perlu mengalami perubahan bentuk maupun ukurannya,yaitu diubah menjadi potongan dengan ukuran yang lebih kecil.
P
engubahan makanan sejak awal hingga menjadi bentuk molecular yang siap untuk diserap oleh dinding usus, disebut pencernaan makanan.
P
roses pencernaan makanan bisadilakukan secara mekanis dan kimiawi.
P
encernaan makanan secara mekanis dilakukan olehgigi-gigi di dalam mulut, dan secara kimiawi oleh enzim-enzim yang dihasilkan oleh saluran pencernaan.
P
roses ini berlangsung pada system pencernaan makanan yang terdiri dari beberapa organ tubuh, yaitu mulut, lambung, dan usus dengan bantuan pancreas dan empedu.

Activity (35)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
miaindahsari liked this
salsabila07 liked this
Fitri Jumalang liked this
Randa Gusti liked this
Eghaa Massa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->