Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
19Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Evaluasi Dan Tes Pengukuran

Evaluasi Dan Tes Pengukuran

Ratings: (0)|Views: 3,660|Likes:
Published by anjar-af-3860

More info:

Published by: anjar-af-3860 on Jan 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/21/2013

pdf

text

original

 
Tugas 1
PENGERTIAN TES, PENGUKURAN DAN EVALUASI
1.
Apa yang dimaksud dengan tes?(contoh)!Jawab:
Tes adalah suatu alat yang sudah disatndadisasikan untuk mengukur salah satusifat, kecakapan atau tingkah laku dengan cara mengukur sesuai dengan sampeldari sifat, kecakapan atau tingkah laku (Siti Rahayu Haditono, 1987:56)
Tes adalah suatu metode atau alat untuk mengadakan penyelidikan yangmenggunakan soal-soal, pertanyaan atau tugas-tugas yang lain dimana persoalan-persoalan atau pertanyaan-pertanyaan itu telah dipilih denganseksama dan telah distandisasikan (Bimo Walgito, 1987:87).
Tes adalah suatu alat yang disusun untuk mengukur kualitas, abilitas,ketrampilan atau pengetahuan dari seseorang atau sekelompok individu(Depdikbud:1975:67).
Contoh :
Tes verbal berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang di bidangkata dan bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim (persamaan kata), tesantonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, dan tes pengelompokan kata.
Tes angka berfungsi mengukur kemampuan seseorang di bidang angka,dalam rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Tes ini meliputites aritmetik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angkadan tes angka dalam cerita.
 
Tes logika berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam penalarandan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal. Tes logika inimeliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan(silogisme), tes logika cerita dan tes logika diagram.
2..
Apa yang dimaksud dengan Pengukuran?(contoh)!Jawab:
Menurut William Shockley ( id.wilkipedia.org/wiki/pengukuran). Pengukuranadalah perbandingan dengan standar.
Menurut Buana (www.fajar.co.id/news.php). Pengukuran adalah suatu kegiatanuntuk mengetahui informasi atau data secara kuantitatif. Pengukuran tidak melibatkan pertimbangan mengenai baik-buruknya, tidak menentukan siapa yanglulus dan tidak lulus.
Menurut Rusli Lutan (2000:21) pengukuran ialah proses pengumpulan informasi.
Menurut Gronlund yang dikutip Sridadi (2007) pengukuran : suatu kegiatan atau proses untuk memperoleh deskripsi numerik dan tingkatan atau derajat karakteristik khusus yang dimiliki individu.
Menurut Allen Philips (1979: 1-2) a measure is the score that has been assigned onthe basis of a test. ( Pengukuran adalah mencetak prestasi yang telah ditugaskan atasdasar suatu perjanjian.)
Menurut Kerlinger yang dikutip Sridadi (2007) pengukuran : sebagai pemberianangka-angka pada obyek atau kejadian-kejadian menurut suatu aturan tertentu.
 
 
Contoh:
Mengukur panjang meja belajar dengan menggunakan jengkal, dan mendapatkan bahwa panjang meja adalah 7 jengkal. Dalam pengukuran di atas Anda telahmengambil jengkal sebagai satuan panjang. Kenyataan dalam kehidupan sehari-hari,kita sering melakukan pengukuran terhadap besaran tertentu menggunakan alat ukur yang telah ditetapkan. Misalnya, kita menggunakan mistar untuk menguku panjang. 
3.
Apa yang dimaksud dengan evaluasi?(contoh)!Jawab:
Menurut Suharsimi Arikunto (2004 : 1) evaluasi adalah kegiatan untumengumpulkan informasi tentang bekerjanya sesuatu, yang selanjutnya informasitersebut digunakan untuk menentukan alternatif yang tepat dalam mengambilkeputusan. Fungsi utama evaluasi dalam hal ini adalah menyediakan informasi-informasi yang berguna bagi pihak decision maker untuk menentukan kebijakanyang akan diambil berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan.
Menurut Worthen dan Sanders (1979 : 1) evaluasi adalah mencari sesuatu yang berharga (worth). Sesuatu yang berharga tersebut dapat berupa informasi tentangsuatu program, produksi serta alternatif prosedur tertentu. Karenanya evaluasi bukan merupakan hal baru dalam kehidupan manusia sebab hal tersebut senantiasamengiringi kehidupan seseorang. Seorang manusia yang telah mengerjakan suatuhal, pasti akan menilai apakah yang dilakukannya tersebut telah sesuai dengankeinginannya semula.

Activity (19)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Elya Wibawa liked this
Elya Wibawa liked this
Silva Mauntu liked this
Farah Putri liked this
Hendra Wanto liked this
Muflihul Khair liked this
Maulana T. Riski liked this
Syafren Qncay liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->