Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
22Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Menjadi kepala sekolah yang baik

Menjadi kepala sekolah yang baik

Ratings: (0)|Views: 952 |Likes:
Published by K-conk Azis

More info:

Published by: K-conk Azis on Jan 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See more
See less

03/25/2013

 
Abdul Azis, M.PdManajemen PendidikanProgram PascasarjanaUniversitas Negeri Yogyakartaazisyamhari@gmail.com Page 1
A.
 
MENJADI KEPALA SEKOLAH YANG BAIK.1.
 
Memiliki staf yang sesuai atau sesuatu yang dibutuhkan untuk menjadiseorang pemimpin.
 
Pemimpin sekolah yang baik percaya bahwa mereka memiliki apa yang diperlukanuntuk menciptakan perbedaan di sekolahnya. Pemimpin sekolah yang memilikikeinginan untuk menciptakan sebuah perbedaan berarti ia memiliki satu tujuanutama yakni keberhasilan untuk semua siswa.
 2.
 
Menyukai siswa dan guru
Kepala sekolah harus bisa bekerja sama dengan gura dan siswa untuk mencapaiyujuan dengan efektif, kepala sekolah harus bias bekerja sama dengan seluruhstakeholder untuk mencapai tujuan dari proses belajar. Kepala sekolah tidak hanya berkewajiban memberdayakan seluruh guru dan staf, tetapi juga harusmeningkatkan kemampuan mereka untuk mencapai kesuksesan siswa disekolahmereka.
 3.
 
Mempunyai etika kerja yang kuat dan menyukai tantangan.
Menjadi kepala sekolah membutuhkan kometmen waktu yang baik. Kepala sekolah bekerja disaat proses belajar mengajar yaitu dari jam 07.00 s/d 13.00, namun diluar  jam tersebut kepala sekolah harus juga meluangkan waktunya untuk kepentingansekolah.
 4.
 
Mengusahakan dan mendorong adanya perubahan yang berkelanjutan.
Kepala sekolah efektif mampu merefleksikan pekerjaan mereka dan berusaha untuk terus belajar dari pengalaman sebelumnya dan meningkatkan kinerja mereka secara profesional. Tidak hanya mencari cara untuk memperbaiki apa yang merekalakukan, tetapi juga mendorong orang lain untuk meningkatkan kinerjanya.
5.
 
Memiliki kemampuan menangani konflik.
Konflik merupakan sesuatu yang wajar dalam organisasi, dan konflik tidak selamanya buruk, konflik yang ikelola dengan baik akan mampu meningkatkan
 
Abdul Azis, M.PdManajemen PendidikanProgram PascasarjanaUniversitas Negeri Yogyakartaazisyamhari@gmail.com Page 2
kinerja untuk mencapai tujuan. Munculnya konflik bisa diakibatkan oleh berbagaihal, diantaranya adalah; latar belakang pendidikanyang berbeda, latar belakan socialekonomi, motivasi, nilai, ideologi, dan bahkan keyakinan. Seornag pemimpin harussadar akan hal ini dan dapat mengelola perbedaan dengan tetap menjaga hubungankerja yang baik diantara setiap pihak yang terlibat. Oleh sebab itu kepala sekolahharus mempraktikan kemampuan mendengar dengan baik, memapuan untuk  berkompromi, dan fleksibelitas dalam berpikir sebelum mengambil keputusansehingga penyebab konflik dapat teratasi dengan baik dan setiap pihak yang terlibatdalam konflik dapat merasa puas.
 6.
 
Memiliki kometmen terhadap masyarakat.
Kepala sekolah yang efektif adalah kepala sekolah yang mampu membangun jembatan penghubung antara sekolah dan masyarakat. Kepala harus mampumenjalin hubungan baik dengan masyarakat dengan menggunakan setiapkesempatan untuk berinteraksi dan berkomuniakasi serta mendorong mereka untuk terlibat aktif dalam mencapai tujuan sekolah yakni kesuksesan para siswa.
7.
 
Memiliki keterampilan menejerial dan organisasional untuk menciptakanbudaya sekolah yang positif yang menjadi nilai dari belajar mengajar.
Pimpinan sekolah efektif menciptakan budaya yang sesuai dengan nilai-nilai pengajaran dan pembelajaran. Untuk menerapkan budaya tersebut, pemimpin harusmemiliki keterampilan-keterampilan yang mendukung kesuksesan orang lain.Dukungan untuk guru tidak hanya membutuhkan sumbeerdaya yang sesuai dengan proses pengajaran serta penelitian tindakan kelas, namun guru juga membutuhkan pujian, pengakuan serta motivasi yang kuat. Sedangkan siswa membutuhkan yangsangat luas yang diperlukan untuk dapat membantu mereka mengembangkandisiplin diri, sikap belajar seumur hidup yang berarti.
 8.
 
Memiliki rasa humor.
 
Abdul Azis, M.PdManajemen PendidikanProgram PascasarjanaUniversitas Negeri Yogyakartaazisyamhari@gmail.com Page 3
Kepala sekolah tidak hanya berkewajiban mengembangkan profesionalisme stafnya,tetapi juga harus mempu membuat oranglain tersenyum dan merasa rilek dengan pekerjaan mereka karena hal itu akan menghilangkan frustasi dan membantuorganisasi bertahan ditengah-tengah krisis.
B.
 
KEPEMIMPINAN PEREMPUAN.
Penelitian tentang kepala sekolah perempuan mengindikasikan bahwa merekacenderung berperilaku transformatif dan partisipatif. Sebagian besar (sekitar 85%) kepalasekolah perempuan sekolah menengah di Inggris dan Wales (Coleman, 2000) menganggapdirinya memiliki model manajemen kolaboratif dan
 people-centered 
. Persepsi ini berkembang di tengah-tengah kelompok usia muda di bawah 50 Tahun. Model ini jugadidukung oleh hasil penelitian tentang pemimpin perempuan dalam bisnis di Hongkong danChina (Chow dan Luk, 1996, hal. 35). Studi ini menemukan bahwa perempuan menempatirating atas sebagai motovator yang dikaitkan dengan hubungan personal seperti penghargaan yang baik terhadap kerja dan mempunyai hubungan yang baik dengan atasanatau koleganya.
 
Temuan dalam model kepemimpinan kolaboratif perempuan konsisten dengantemuan sebelumnya. Penelitian tentang kepala-kepala sekolah perempuan di AmerikaSerikat, Inggris Raya, Australia, Selandia Baru, dan Kanada menunjukkan bahwa para pemimpin perempuan tampil bekerja secara kooperatif dan memberdayakan koleganyaserta memfungsikan
team work 
secara efektif (Blackmore, 1989; Hall, 1996; Jirashinge danLyons, 1996). Dalam penelitian yang lebih luas lagi tentang kepala-kepala sekolah dasar dan menengah di Inggris, Jirashinge dan Lyons (1996) mengelola suatu variasi tes

Activity (22)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Iand Rusuh liked this
Abu Paling Setia liked this
Diman Dinum liked this
Yusiana Irmawati liked this
Zaenal Arifin liked this
Fretty Intan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->