Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
67Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pratikum Farmasi Fisika Stabilita

Pratikum Farmasi Fisika Stabilita

Ratings: (0)|Views: 2,505 |Likes:
Published by Dwija Bawa Temaja
penentuan stabilitas obat
penentuan stabilitas obat

More info:

Published by: Dwija Bawa Temaja on Jan 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/05/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN PRAKTIKUM FARMASI FISIKASTABILITAS
Nama Kelompok :
1.
Bayu Anggara (0808505027)2.Kadek Welly Prasminda (0808505028)3.Nyoman Yudi Kurniawan (0808505029)
4.
Wayan Ria Medisina(0808505030)5.Gede Dwija Bawa Temaja (0808505031)6.Rico Pramana Sugiarto (0808505032)JURUSAN FARMASIFAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAMUNIVERSITAS UDAYANA2009
 
PERCOBAAN VISTABILITASI.Tujuan Percobaan
Setelah melakukan percobaan ini mahasiswa diharapkan mampu untuk 
Menerangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kestabilan suatu zat
Menerangkan pengaruh suhu terhadap kestabilan zat
II.Dasar Teori
Proses laju merupakan hal dasar yang perlu diperhatikan bagi setiap orang yang berkaitan dengan bidang kefarmasian, mulai dari pengusaha obat sampai ke pasien.Pengusaha obat harus dengan jelas menunjukkan bahwa bentuk obat atau sediaanyang dihasilkannya cukup stabil sehingga dapat disimpan dalam jangka waktu yangcukup lama, dimana obat tidak berubah menjadi zat tidak berkhaziat atau racun; ahlifarmasi harus mengetahui ketidakstabilan potensial dari obat yang dibuatnya. Dokter dan penderita harus diyakinkan bahwa obat yang ditulis atau yang digunakannya akansampai pada tempat pengobatan dalam konsentrasi yang cukup untuk mencapai efek  pengobatan yang diinginkan. Beberapa prinsip dan proses laju yang berkaitandimasukkan dalam rantai peristiwa ini:
1.
 Kestabilan dan tak tercampurkan
proses laju umumnya adalah sesuatuyang menyebabkan ketidakaktifan obat melalui penguraian obat, ataumelalui hilangnya khasiat obat karena perubahan bentuk fisik dan kimiayang kurang diinginkan dari obat tersebut.
2.
 Disolusi
, di sini yang diperhatikan terutama kecepatan berubahnya obatdalam bentuk sediaan padat menjadi bentuk larutan molecular.
 
3.
 Proses absorpsi, distribusi, dan eliminasi
beberapa proses ini berkaitandengan laju absorpsi obat ke dalam tubuh, laju distribusi obat dalam tubuhdan laju pengeluaran obat setelah proses distribusi dengan berbagai factor,seperti metabolisme, penyimpanan dalam organ tubuh lemak, dan melalui jalur-jalur pengelepasan.
4.
 Kerja obat pada tingkat molecular 
obat dapat dibuat dalam bentuk yangtepat dengan menganggap timbulnya respons dari obat merupakan suatu proses laju. (Martin,dkk.2008)Kestabilan suatu zat merupakan faktor yang harus diperhatikan dalam membuatformulasi suatu sedian farmasi. Hal ini penting mengingat suatu sedian biasanyadiproduksi dalam jumlah besar dan memerlukan waktu yang lama untuk sampai ketangan pasien yang membutuhkan.Obat yang disimpan dalam jangka waktu lamadapat mengalami penguraian dan mengakibatkan dosis yang diterima pasien berkurang.Adakalanya hasil uraian zat tersebut bersifat toksik sehingga dapatmembahayakan jiwa pasien.Oleh karena itu perlu diketahui faktor-faktor yangmempengaruhi kestabilan suatu zat sehingga dapat dipilih kondisi pembuatan sedianyang tepat sehingga kestabilan obat terjaga.Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kestabilan suatu zat antara lain panas,cahaya,kelembaban,oksigen,pH,mikroorganisme dan bahan-bahan tambahanyang dipergunakan dalam formula sedian obat.Sebagai contoh;senyawa-senyawaester dan amil nitrat seperti anvil nitrat dan kloramfenikol merupakan zat yang mudahterhidrolisis dengan adanya lembab.Sedangkan vitamin C sangat mudah sekalimengalami oksidasi.Pada umumnya penentuan kestabilan suatu zat dapat dilakukanmelalui perhitungan kinetika kimia.Cara ini tidak memerlukan waktu lama sehinggacukup praktis digunakan dalam bidang farmasi. (Tim Penyusun. 2009)
III.Alat Dan Bahan
Alat:

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->