Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengenalan Gerakan Tanah

Pengenalan Gerakan Tanah

Ratings: (0)|Views: 527|Likes:

More info:

Categories:Types, Legal forms
Published by: Syamsubaird Syarifuddin on Jan 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/25/2012

pdf

text

original

 
 
Pengenalan Gerakan Tanah
PENDAHULUAN
 Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng dunia yaitu lempeng Eurasia, lempeng Pasifik,dan lempeng Australia yang bergerak saling menumbuk. Akibat tumbukan antara lempeng itumaka terbentuk daerah penunjaman memanjang di sebelah Barat Pulau Sumatera, sebelahSelatan Pulau Jawa hingga ke Bali dan Kepulauan Nusa Tenggara, sebelah Utara KepulauanMaluku, dan sebelah Utara Papua. Konsekuensi lain dari tumbukan itu maka terbentuk palungsamudera, lipatan, punggungan dan patahan di busur kepulauan, sebaran gunungapi, dan sebaransumber gempabumi. Gunungapi yang ada di Indonesia berjumlah 129. Angka itu merupakan13% dari jumlah gunungapi aktif dunia. Dengan demikian Indonesia rawan terhadap bencanaletusan gunungapi dan gempabumi. Di beberapa pantai, dengan bentuk pantai sedang hinggacuram, jika terjadi gempabumi dengan sumber berada di dasar laut atau samudera dapatmenimbulkan gelombang Tsunami.Jenis tanah pelapukan yang sering dijumpai di Indonesia adalah hasil letusan gunungapi. Tanahini memiliki komposisi sebagian besar lempung dengan sedikit pasir dan bersifat subur. Tanahpelapukan yang berada di atas batuan kedap air pada perbukitan/punggungan dengankemiringan sedang hingga terjal berpotensi mengakibatkan tanah longsor pada musim hujandengan curah hujan berkuantitas tinggi. Jika perbukitan tersebut tidak ada tanaman kerasberakar kuat dan dalam, maka kawasan tersebut rawan bencana tanah longsor.
PENGERTIAN TANAH LONGSOR
Tanah longsor adalah perpindahan material pembentuk lereng berupa batuan, bahan rombakan,tanah, atau material campuran tersebut, bergerak ke bawah atau keluar lereng. Proses terjadinyatanah longsor dapat diterangkan sebagai berikut: air yang meresap ke dalam tanah akanmenambah bobot tanah. Jika air tersebut menembus sampai tanah kedap air yang berperansebagai bidang gelincir, maka tanah menjadi licin dan tanah pelapukan di atasnya akan bergerak mengikuti lereng dan keluar lereng.
JENIS TANAH LONGSOR
 Ada 6 jenis tanah longsor, yakni: longsoran translasi, longsoran rotasi, pergerakan blok,runtuhan batu, rayapan tanah, dan aliran bahan rombakan. Jenis longsoran translasi dan rotasipaling banyak terjadi di Indonesia. Sedangkan longsoran yang paling banyak memakan korban
 
iwa manusia adalah aliran bahan rombakan.
1.
 
Longsoran Translasi
 Longsoran translasi adalah ber-geraknya massa tanah danbatuan pada bidang gelincir berbentuk rata ataumenggelombang landai.
2.
 
Longsoran Rotasi
 Longsoran rotasi adalah bergerak-nya massa tanah dan batuanpada bidang gelincir berbentuk cekung.
3.
 
Pergerakan Blok
 Pergerakan blok adalah perpindahan batuan yang bergerak pada bidang gelincir berbentuk rata. Longsoran ini disebutuga longsoran translasi blok batu.
4.
 
Runtuhan Batu
 Runtuhan batu terjadi ketika sejum-lah besar batuan ataumaterial lain bergerak ke bawah dengan cara jatuh bebas.Umumnya terjadi pada lereng yang terjal hingga meng-gantung terutama di daerah pantai. Batu-batu besar yang jatuhdapat menyebabkan kerusakan yang parah.
 
5.
 
Rayapan Tanah
 Rayapan Tanah adalah jenis tanah longsor yang bergerak lambat. Jenis tanahnya berupa butiran kasar dan halus. Jenistanah longsor ini hampir tidak dapat dikenali. Setelah waktuyang cukup lama longsor jenis rayapan ini bisa menyebabkantiang-tiang telepon, pohon, atau rumah miring ke bawah.
6.
 
Aliran Bahan Rombakan
 Jenis tanah longsor ini terjadi ketika massa tanah bergerak didorong oleh air. Kecepatan aliran tergantung padakemiringan lereng, volume dan tekanan air, dan jenismaterialnya. Gerakannya terjadi di sepanjang lembah danmampu mencapai ratusan meter jauhnya. Di beberapa tempatbisa sampai ribuan meter seperti di daerah aliran sungai disekitar gunungapi. Aliran tanah ini dapat menelan korbancukup banyak.
GEJALA UMUM TANAH LONGSOR
 
Munculnya retakan-retakan di lereng yang sejajar dengan arah tebing.
 
Biasanya terjadi setelah hujan.
 
Munculnya mata air baru secara tiba-tiba.
 
Tebing rapuh dan kerikil mulai berjatuhan.
PENYEBAB TERJADINYA TANAH LONGSOR
Pada prinsipnya tanah longsor terjadi bila gaya pendorong pada lereng lebih besar daripada gayapenahan. Gaya penahan umumnya dipengaruhi oleh kekuatan batuan dan kepadatan tanah.Sedangkan gaya pendorong dipengaruhi oleh besarnya sudut lereng, air, beban serta berat jenistanah batuan.
Faktor-faktor Penyebab Tanah Longsor1.
 
Hujan
 Ancaman tanah longsor biasanya dimulai pada bulan November karenameningkatnya intensitas curah hujan. Musim kering yang panjang akanmenyebabkan terjadinya penguapan air di permukaan tanah dalam

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->