Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
24Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
TUGAS PROGRAM BAHASA RAKITAN

TUGAS PROGRAM BAHASA RAKITAN

Ratings: (0)|Views: 1,455 |Likes:
Published by archieles

More info:

Categories:Types, Reviews, Book
Published by: archieles on Jan 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/20/2013

pdf

text

original

 
A.
 
Pengertian AssemblyBahasa Assembly (Assembler) adalah merupakan salah satu dari sekian banyakbahasapemrograman yang tergolong dalam Bahasa Pemrogaman Tingkat Rendah(Low Level Language) dan hanya setingkat diatas bahasa mesin (Machine Language).B.
 
Kelebihan Menggunakan AssemblyAssembly memiliki kelebihan yang tidak dapat digantikan oleh bahasapemrogaman manapun. Diantaranya adalah :- Hasil program memiliki tingkat kecepatan yang tinggi.- Ukuran dari program kecil.- Sangat mudah untuk mengakses Sistem Komputer.C.
 
Pengertian Segment dan OffsetSegment dan Offset merupakan suatu angka 16 bit (direpresntasikan dalambilangan hexa) yang menunjukkan suatu alamat tertentu di memory komputer.Pasangan segment : offset ini disebut juga alamat relatif. Selain alamat relatif,terdapat juga alamat mutlak berupa angka 20 bit (juga direpresentasikan dalambilangan hexa). Alamat mutlak ini dapat dihitung dengan mengalikan segment dengan10 hexa dan ditambahkan dengan offset.Contoh : segment : offset0100 : 1234Alamat relatifnya adalah : 02234D.
 
InterruptInterrupt adalah permintaan kepada microprocessor untuk melakukan suatuperintah. Ketika terjadi permintaan interupsi, microprocessor akan mengeksekusiinterrupt handler ,yaitu suatu program yang melayani interupsi. Setiap interrupthandler itu memiliki alamat masing - masing yang disimpan dalam bentuk array yangmasing - masing terdiri dari 4 byte (2 offset dan 2 segment). Array ini disebut vektorinterupsi . Vektor interupsi ini disusun berdasarkan nomor interupsi yaitu dari hexa.Selain itu, dikenal juga istilah service dan subservice, maksudnya adalah bahwa setiapinterrupt itu dibagi menjadi beberapa bagian yang mempunyai tugas masing - masing.Tetapi ada juga interrupt yang tidak memiliki service,Contoh:int 21h dengan service 09h untuk mencetak kalimatInt 21h dengan service 02h untuk mencetak karakter
 
 E.
 
RegisterRegister adalah merupakan sebagian memory dari microprocessor yang nenilikikecepatan sangat tinggi. Dapat juga dianalogikan bahwa register merupakan kakitangan dari microprocessor.Register dibagi menjadi lima bagian besar yaitu :1) Segment Register (16 bit) :Register untuk menunjukkan alamat dari suatu segment.Yang termasuk register segment .a) CS (Code Segment)Menunjukkan alamat segment dari program yang sedang aktif.b) DS (Data Segment) :
digunakan untuk menunjukkan tempat segmen dimana data-data pada program disimpan
 c) SS (Stack Segment) : Menunjukkan alamat segment dari stack yang digunakanprogram.d) ES (Extra Segment) : Merupakan dan register segment cadangan.2) Pointer dan Index RegisterPointer dan Index Register (16 bit) :Register untuk menunjukkan alamat darisuatu offset.Yang termasuk register pointer dan index :a)
Register
SP
(Stack Pointer) yang berpasangan dengan register segment SS(SS:SP)digunakan untuk mununjukkan alamat dari stack 
b)
register
BP
(Base Pointer)yang berpasangan dengan register SS(SS:BP) mencatatsuatu alamat di memory tempat data.
 c) DI (Destination Index) :Berpasangan dengan ES (ES : DI): dipakai untuk operasistring.d) SI (Source Index) :Berpasangna dengan DS (DS : SI). Dipakai untuk operasi string.
Register SI(Source Index) dan register DI(Destination Index) biasanyadigunakanpada operasi string dengan mengakses secara langsung pada alamat dimemory yangditunjukkan oleh kedua register ini. Pada prosesor 80386 terdapattambahan register32 bit, yaitu ESP,EBP,ESI dan EDI
 
 3) General Purpose Register (16 bit)
Register yang termasuk dalam kelompok ini adalah register AX,BX,CXdan DX yang masing-masing terdiri atas 16 bit. Register- register 16 bit darikelompok ini mempunyai suatu ciri khas, yaitu dapat dipisah menjadi 2 bagiandimana masingmasing bagian terdiri atas 8 bit, seperti pada gambar 4.1. Akhiran
H
menunjukkan High sedangkan akhiran
L m
enunjukkan Low.+ A X + + B X + + C X + + D X ++-+--+--+-+ +-+--+--+-+ +-+--+--+-+ +-+--+--+-+| AH | AL | | BH | BL | | CH | CL | | DH | DL |+----+----+ +----+----+ +----+----+ +----+----+Secara umum register-register dalam kelompok ini dapat digunakanuntuk berbagai keperluan, walaupun demikian ada pula penggunaan khusus darimasing-masing register ini yaitu :
 a) AX –> AH|AL (Accumulator)
secara khusus digunakan pada operasi aritmatika terutama dalam operasipembagian dan pengurangan.
 b) BX –> BH|BL (Base)
biasanya digunakan untuk menunjukkan suatu alamat offset dari suatusegmen.
 c) CX –> CH|CL (Counter)
digunakan secara khusus pada operasi looping dimana register inimenentukan berapa banyaknya looping yang akan terjadi.
 d) DX –> DH|DL (Data)
digunakan untuk menampung sisa hasil pembagian 16 bit. Pada prosesor80386 terdapat tambahan register 32 bit, yaitu EAX,EBX,ECX danEDX.
 4) Index Pointer Register (16 bit)
Register IP berpasangan dengan CS(CS:IP) menunjukkan alamat dimemorytempat dari intruksi(perintah) selanjutnya yang akan dieksekusi. Register IP jugamerupakan register 16 bit.
 5) Flags Register (1 bit)
Sesuai dengan namanya Flags(Bendera) register ini menunjukkan kondisi darisuatu keadaan< ya atau tidak >. Karena setiap keadaan dapat digunakan 1 bit saja,maka sesuai dengan jumlah bitnya, Flags register ini mampu memcatat sampai 16keadaan.Adapun flag yang terdapat pada mikroprosesor 8088 keatas adalah :- OF <OverFlow Flag>. Jika terjadi OverFlow pada operasi aritmatika, bit ini akanbernilai 1.- SF <Sign Flag>. Jika digunakan bilangan bertanda bit ini akan bernilai 1- ZF <Zero Flag>. Jika hasil operasi menghasilkan nol, bit ini akan bernilai 1.- CF <Carry Flag>. Jika terjadi borrow pada operasi pengurangan atau carry padapenjumlahan, bit ini akan bernilai 1.- PF <Parity Flag>. Digunakan untuk menunjukkan paritas bilangan. Bit ini akanbernilai 1 bila bilangan yang dihasilkan merupakan bilangan genap.- DF <Direction Flag>. Digunakan pada operasi string untuk menunjukkan arahproses.- IF <Interrupt Enable Flag>. CPU akan mengabaikan interupsi yang terjadi jika bitini 0.- TF <Trap Flag>. Digunakan terutama untuk Debugging, dengan operasi step bystep.- AF <Auxiliary Flag>. Digunakan oleh operasi BCD, seperti pada perintah AAA.- NT <Nested Task>. Digunakan pada prosesor 80286 dan 80386 untuk menjaga jalannya interupsi yang terjadi secara beruntun.- IOPL <I/O Protection level>. Flag ini terdiri atas 2 bit dan digunakan padaprosesor 80286 dan 80386 untuk mode proteksi.- PE <Protection Enable>. Digunakan untuk mengaktifkan mode proteksi. Flag iniakan bernilai 1 pada mode proteksi dan 0 pada mode real.- MP <Monitor Coprosesor>. Digunakan bersama flag TS untuk menanganiterjadinya intruksi WAIT.- EM <Emulate Coprosesor>. Flag ini digunakan untuk mensimulasikancoprosesor80287 atau 80387.

Activity (24)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Christina Manalu liked this
Tantra D Pappin liked this
Narulita Sari liked this
Irfan Prasetyo liked this
Tatang Saptaji liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->