Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kenali Asam Urat

Kenali Asam Urat

Ratings: (0)|Views: 1,013|Likes:
Published by Maydis stigma

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Maydis stigma on Jan 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/03/2014

pdf

text

original

 
1
Kenali Asam Urat
 Nyeri dan sakit. Kedua kata itulah yang sering dikeluhkan para lansia sekarang ini. Karenatimbulnya nyeri itu juga menyebabkan pasien datang berobat ke dokter. Nyeri paling banyak dikeluhkan di jari-jari, lutut maupun sendi lain.Bila berbicara mengenai nyeri pada kaki, mitos di kalangan masyarakat langsungmenghakimi dirinya terkena penyakit reumatik. Di mana, penyakit yang langsung dituduhkan adalah³asam urat´. Belum pasti nyeri di kaki itu disebabkan rematik. Bisa saja penyakit lain yang bermanifesasi menimbulkan nyeri di kaki melalui pertukaran rangsang di medulla spinalis.Dan, satu lagi mitos yang paling menyesatkan, yaitu bila benar nyeri karena penyakitreumatik, langsung dituduhkan karena ³asam urat´. Padahal, penyakit reumatik sendiri terdiri lebihdari 100 macam penyakit. Penyakit karena asam urat ini disebut artritis gout(pirai).Memang, artitis gout menduduki prevalensi yang cukup tinggi. Hampir 1% dari populasi didunia menderita artritis gout. Dan hampir 1,3% dari seluruh jumlah penduduk Indonesia mendertiaartrtitis gout. Penyakit ini merupakan penyakit yang menimbulkan rasa sakit paling hebat di antarasemua penyakit reumatik dan dulu diderita para kalangan raja sehingga penyakit ini disebut µ
Thedisease of king, The king of diseases
¶.Epidemiologi menunjukkan bahwa nyeri dan insidens artritis gout terletak pada jari kaki,terutama jempol kaki. Reumatoid artritis mempunyai masalah pada cairan sendi, paling banyak di jari- jari tangan(terlihat jari-jari tangan yang bengkok, seperti tangan mencengkram). Osteoartitismempunyai masalah destruksi di tulang rawan, paling banyak di daerah sendi lutut/patella.Perlu pemahaman masyarakat tentang apa sebenarnya asam urat agar tidak lagi rancu.Asam urat sebenarnya bukan merupakan suatu produk yang bersifat toksik. Asam urat merupakansuatu antioksidan alami yang diproduksi oleh tubuh kita sebagai hasil akhir dari metabolisme purin.Fungsi asam urat adalah sebagai antioksidan sebagaimana halnya fungsi vitamin C.Hanya manusia yang menghasilkan asam urat sebab manusia tidak memiliki enzim urikase,sebagaimana mamalia lain, yang dapat mendegradasi asam urat melalui proses metabolisme oksidatif menjadi senyawa yang mempunyai kelarutan yang lebih tinggi, allantoin. Pada tubuh manusia, 2 genurikase mengalami mutasi menjadi stop kodon. Normalnya, asam urat yang terbentuk itu akan beredar dalam aliran darah dan melakukanfungsinya. Bila asam urat lebih dari nilai ambang >7 mg/dl(pria) dan >6 mg/dl(wanita), biasanya asamurat cenderung mengendap dan terdeposit dalam bentuk kristal urat. Pembentukan kristal urat dapatterjadi karena banyak faktor. Tempat penumpukan asam urat mayoritas di sendi jempol, jari-jari lain,cuping telinga dan daerah lain yang letaknya agak jauh dari pusat tubuh. Hal ini disebabkan karenadeposisi asam urat(kurangnya kelarutan asam urat) lebih mudah terjadi pada suhu yang lebih rendah.Temperatur yang rendah pada malam hari akan memicu asam urat mengendap, menumpuk.Kristal urat itu kemudian akan diselubungi sel fagosit. Saat bangun, tentunya sendi akan digerakkan,kristal urat itu akan keluar dari sel fagosit dan merangsang respon imun tubuh kita. Datanglah sel-sel penghancur yang disebut sel PMN dan sistem komplemen dengan maksud menghancurkan kristal uratyang dikenali sebagai benda asing dalam tubuh. Pada proses penghancuran ini, selain kristal urat,
 
2 jaringan sekitar akan turut dihancurkan. Ini lah yang disebut rentetan proses inflamasi. Pada tahap ini,disebut terjadi serangan akut gout.Serangan akut gout ini lah yang menimbulkan keluhan nyeri yang luar biasa saat bangun pada pagi hari. Tempat tersering adalah di jempol. Dan pada jempol terlihat bengkak, merah dan panas.Sebelum timbul nyeri akut gout, biasanya didahului dengan peningkatan asam urat dalamdarah dulu(hiperurisemia), walaupun tidak terjadi dalam semua kasus. Adapun beberapa faktor resikohiperurisemia diantaranya adalah yang bisa diubah maupun yang tidak bisa ubah. Yang tidak bisadiubah adalah umur, jenis kelamin dan ras. Makin tua umur seseorang, makin tinggi resiko gout.Sebelum umur 40 tahun, laki-laki mempunyai resiko lebih tinggi sebab rendahnya estrogen yang berperan dalam proses ekskresi asam urat. Setelah umur 40 tahun, resiko kedua jenis kelamin sama.Prevalensi gout ditemukan lebih besar pada orang berkulit hitam. Yang bisa diubah meliputi polamakan(intake>output), obesitas, hipertensi, diabetes mellitus, peminum alkohol dan kemoterapi. Olehkarena itu, koreksi pola makan untuk mencegah gout.Serangan akut gout timbul bila ada faktor pemicu. Faktor pemicu yang paling sering adalahmakan makanan berpurin tinggi seperti hati, ginjal, otak, jeroan, udang, remis, kerang, sardin,ekstrak daging(abon, dendeng), ragi(tape), alkohol serta makanan kaleng. Berpuasa juga menyebabkan ketosisdan dehidrasi yang memicu serangan nyeri akut gout. Dengan adanya faktor pemicu, endapan kristalurat akan terbebas dari selubungnya dan menimbulkan reaksi inflamasi.Sebenarnya, stadium klinis artritis gout meliputi 4 tahap:1.
 
Hiperurisemia asimptomatik Pada stadium ini tidak menunjukkan gejala selain peningkatan asam urat bila diperiksa. Umumnya, pasien tidak tahu menahu bila tidak melakukan pemeriksaan laboratorium yang rutin. Pada stadiumini, penderita dianjurkan untuk memperbaiki pola makan, diet dan atasi faktor resiko serangan akut.Tidak diperlukan obat-obatan.2.
 
 Nyeri akut goutPada tahap inilah nyeri timbul luar biasa sakitnya. Terjadi pembengkakan, panas dan merahmendadak. Biasanya gejala nyeri akut terjadi pagi-pagi saat bangun tidur. Serangan gout akut biasanya pulih tanpa pengobatan, tetapi dapat memakan waktu 10-14 hari. Atasi nyeri sendisecepatnya. Mengenai analgesik, sebaiknya dikonsultasinkan ke dokter untuk monitoring efek samping. Lakukan kompres panas/dingin untuk menghilangkan nyeri. Biasanya diberikan parasetamol sampai dosis tertinggi. Bila tidak berhasil baru pertimbangkan NSAID. Drug of choice pada NSAID untuk nyeri akut gout adalah indomethacin. Kolkisin sebagai lini kedua.Kortikosteroid sebagai pilihan terakhir mengingat efek samping kortikosteroid yang bersifatsistemik. Jangan berikan urikostatik(allopurinol) pada fase akut karena allopurinol akanmemperparah dan memperlama rasa nyeri.3.
 
Fase interkritikalSetelah 10-14 hari nyeri akut, biasanya terjadi resolusi spontan. Penyakit seolah-olah sembuhkarena pada fase interkritikal ini tidak menimbulkan gejala apapun. Masyarakat selalu menganggap, bila tidak ada nyeri lagi berarti sakit sudah sembuh. Masyarakat cenderung enggan memeriksakandiri lagi ke dokter mempertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan. Perlu dipehatikan, pada tahapinilah yang akan menentukan apakah gout akan bertambah parah atau sembuh. Pada faseinterkritikal inilah, asam urat akan terus menumpuk menjadi lebih banyak TANPA GEJALA. Makaitu, pada fase inilah harus segera diberikan obat penurun asam urat, bisa yang menghambat produksi(urikostatik), maupun yang meningkatkan pembuangan(urikosurik).4.
 
Fase kronik Inilah kelanjutan dari fase interkritikal yang tidak ditangani dengan baik. Endapan kristal sudahmenjadi tofi/tofus dan kerusakan jaringan yang ditimbulkan akan sangat parah. Tofi dapatmembesar sampai menggangu pergerakan sampai-sampai harus dilakukan tofektomi yangmembutuhkan masa pemulihan yang cukup lama.

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Dewa Pengemis liked this
Nudiya Fairuz liked this
Elim Mangayun liked this
lwiryalie liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->