Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
108Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
faringitis

faringitis

Ratings: (0)|Views: 4,438 |Likes:
Published by Sudibio 文德

More info:

Published by: Sudibio 文德 on Jan 30, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/12/2013

pdf

text

original

 
BAB 1PENDAHULUAN1.1.Latar Belakang
Setiap tahunnya ±40juta orang mengunjungi pusat pelayanan kesehatan karena faringitis.Banyak anak-anak dan orang dewasa mengalami 3-5 kali infeksi virus pada saluran pernafasanatas termasuk faringitis. Secara global di dunia ini viral faringitis merupakan penyebab utamaseseorang absen bekerja atau sekolah.
 National Ambulatory Medical Care Survey
menunjukkan±200 kunjungan ke dokter tiap 1000 populasi antara tahun 1980-1996 adalah karena viralfaringitis.
1
Faringitis merupakan peradangan dinding faring yang dapat disebabkan akibat infeksimaupun non infeksi.
 
Faringitis dapat menular melalui
droplet infection
dari orang yangmenderita faringitis. Faktor resiko penyebab faringitis yaitu udara yang dingin, turunnya dayatahan tubuh, konsumsi makanan yang kurang gizi, konsumsi alkohol yang berlebihan.
2
1.2.Tujuan
Adapun tujuan pembuatan tinjauan pustaka ini adalah untuk memenuhi tugaskepaniteraan klinik senior di departemen Ilmu Kesehatan Telinga Hidung Tenggorokan danBedah Kepala Leher. Dalam tinjauan pustaka ini dibahas tentang definisi, etiologi, insidens, patofisiologi, gejala klinis, diagnosis, dan terapi dari faringitis.
1.3.Manfaat
Makalah ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk:
a.
Memberikan informasi pada dokter maupun tenaga kesehatan tentang Faringitis serta berbagai hal lain yang berhubungan dengan penyakit ini.
b.
Menambah pengetahuan penulis tentang penyakit Faringitis.c.Sebagai sumber informasi bagi pihak lain yang ingin melakukan penelitian atau hal lainyang ada kaitannya dengan penyakit ini.
1
 
BAB 2PEMBAHASAN2.1. Anatomi Faring
Faring adalah suatu kantong fibromuskuler yang berbentuk seperti corong dengan bagianatas yang besar dan bagian bawah yang sempit. Faring merupakan ruang utama traktusresporatorius dan traktus digestivus. Kantong fibromuskuler ini mulai dari dasar tengkorak danterus menyambung ke esophagus hingga setinggi vertebra servikalis ke-6.
3,4,5,6
Panjang dinding posterior faring pada orang dewasa ±14 cm dan bagian ini merupakan bagian dinding faring yang terpanjang. Dinding faring dibentuk oleh selaput lendir, fasiafaringobasiler, pembungkus otot dan sebagian fasia bukofaringeal.
3,4,5,6
Otot-otot faring tersusun dalam lapisan melingkar (sirkular) dan memanjang(longitudinal). Otot-otot yang sirkular terdiri dari M.Konstriktor faring superior, media daninferior. Otot-otot ini terletak ini terletak di sebelah luar dan berbentuk seperti kipas dengan tiap bagian bawahnya menutupi sebagian otot bagian atasnya dari belakang. Di sebelah depan, otot-otot ini bertemu satu sama lain dan di belakang bertemu pada jaringan ikat. Kerja otot konstriktor ini adalah untuk mengecilkan lumen faring dan otot-otot ini dipersarafi oleh Nervus Vagus.
3,4,5,6
Gambar 2.1. Otot-otot Faring dan Esofagus
2
 
Otot-otot faring yang tersusun longitudinal terdiri dari M.Stilofaring dan M.Palatofaring.letak otot-otot ini di sebelah dalam. M.Stilofaring gunanya untuk melebarkan faring dan menarik laring, sedangkan M.Palatofaring mempertemukan ismus orofaring dan menaikkan bagian bawahfaring dan laring. Kedua otot ini bekerja sebagai elevator, kerja kedua otot ini penting padawaktu menelan. M.Stilofaring dipersarafi oleh Nervus Glossopharyngeus dan M.Palatofaringdipersarafi oleh Nervus Vagus. Pada Palatum mole terdapat lima pasang otot yang dijadikan satudalam satu sarung fasia dari mukosa yaitu M.Levator veli palatini, M.Tensor veli palatine,M.Palatoglosus, M.Palatofaring dan M.Azigos uvula. M.Levator vela palatine membentuk sebagian besar palatum mole dan kerjanya untuk menyempitkan ismus faring dan memperlebar ostium tuba Eustachius dan otot ini dipersarafi oleh Nervus Vagus. M.Tensor veli palatinimembentuk tenda palatum mole dan kerjanya untuk mengencangkan bagian anterior palatummole dan membuka tuba Eustachius dan otot ini dipersarafi oleh Nervus Vagus. M.Palatoglosusmembentuk arkus anterior faring dab kerjanya menyempitkan ismus faring. M.Palatofaringmembentuk arkus posterior faring. M.Azigos uvula merupakan otot yang kecil dan kerjanyaadalah memperpendek dan menaikkan uvula ke belakang atas.
3,4,5,6
Faring mendapat darah dari beberapa sumber dan kadang-kadang tidak beraturan. Yangutama berasal dari cabang arteri karotis eksterna (cabang faring asendens dan cabang fausial)serta dari cabang arteri maksila interna yakni cabang palatine superior.
3,4,5,6
 Persarafan motorik dan sensorik daerah faring berasal dari pleksus faring yang ekstensif.Pleksus ini dibentuk oleh cabang faring dari Nervus Vagus, cabang dari NervusGlossopharyngeus dan serabut simpatis. Cabang faring dari Nervus Vagus berisi serabutmotorik. Dari pleksus faring yang ekstensif ini keluar cabang-cabang untuk otot-otot faringkecuali M.Stilofaring yang dipersarafi langsung oleh cabang Nervus Glossopharyngeus.
3,4,5,6
Aliran limfa dari dinding faring dapat melalui 3 saluran, yakni superior, media daninferior. Saluran limfa superior mengaalir ke kelenjar getah bening retrofaring dan kelenjar getah bening servikal dalam atas. Saluran limfa media mengalir ke kelenjar getah bening jugulo-digastrik dan kelenjar servikal dalam atas, sedangkan saluran limfa inferior mengalir ke kelenjar getah bening servikal dalam bawah.
3,4,5,6
Berdasarkan letaknya maka faring dapat dibagi menjadi Nasofaring, Orofaring danLaringofaring (Hipofaring).
3,4,5,6
3

Activity (108)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
anggecintadia liked this
Unduh Bahan liked this
Heraldhika Niest liked this
clikgo liked this
Ilma Soraya liked this
yurinasari liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->