Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
8Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Hasil an Materi Didaktik Metodik

Hasil an Materi Didaktik Metodik

Ratings: (0)|Views: 3,145|Likes:
Published by hengki_lily
Materi didaktik metodik
Materi didaktik metodik

More info:

Published by: hengki_lily on Jan 31, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/25/2013

pdf

text

original

 
 
“Hasil PengSekTUDIDAKembangaHengk(Petlah TinAS AKIK ME
 
n MateriOlehWijaya,er Wija gi Theolakassar2010IRODIKDidaktiS.TPa)gia Jaff Metodiay
 
1
 
 
2
 
BAB IPENDAHULUAN
Pembahasan masalah didaktik dan metodik tidak dapat dipisahkan dengan pembahasanmasalah pendidikan. Sebab kegiatan belajar mengajar merupakan bagian utama dari prosespendidikan. Komisi Internasional Pendidikan untuk abad XXI (Unesco 1996 : 85) melihatbahwa hakekat pendidikan sesungguhnya adalah belajar (learning). Yang selanjutnyadikemukakan bahwa pendidikan bertumpu pada 4 (empat)pilar, yaitu :1.
 
Learning to know2.
 
Learning to do3.
 
Learning to live together, learning to live which others4.
 
Learning to be
 Learning to know
adalah upaya untuk memahami instrumen-instrumen, baik sebagai alatmaupun sebagai tujuan. Sebagai alat, pengetahuan diharapkan untuk memberikan kemampuansetiap orang untuk memahami hidup, harkat dan martabat dalam rangka mengembangkanketrampilan dan berkomunikasi dengan pihak yang diperlukan.Sebagai tujuan, dimaksudkan bahwa pengetahuan tersebut akan bermanfaat dalam rangkapeningkatan serta pendalaman dari pengetahuan dan penemuan- penemuan di dalam kehidupanseseorang.
 Learning to do
menekankan pada bagaimana mengajarkan anak didik untuk memraktekkan segala sesuatu yang telah dipelajari dan dapat mengadaptasikan pengetahuan-pengetahuan yang diperoleh tersebut dengan pekerjaan-pekerjaan yang dihadapi selanjutnya.
 Learning to live together 
,
learning to live with others,
pada dasarnya kegiatan mengajar,melatih dan membimbing peserta didik, bertujuan agar mereka dapat menciptakan hubunganmelalui komunikasi yang baik, kebiasaan untuk mengendalikan diri, dan rasa saling mengasihi.Persaingan yang terjadi harus dipandang sebagai upaya-upaya yang sehat untuk mencapaikeberhasilan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan sesama.
 Learning to be,
bahwa prinsip fundamental pendidikan adalah memberikan kontribusi untuk perkembangan seutuhnya setiap peserta didik, jiwa dan raga, intelgensi, kepekaan, rasa etika,tanggung jawab pribadi dan nilai-nilai spiritual. Semua manusia hendaklah diberdayakan untuk berpikir mandiri dan kritis. Dalam hal ini pendidikan dan pembelajaran diharapkan dapatmemberikan kekuatan, membekali strategi dan cara agar peserta didik mampu memahami
 
3
 
dunia sekitarnya serta mengembangkan talenta yang dimiliki untuk dapat hidup secara layak ditengah-tengah berbagai dinamika dan gejolak kehidupan masyarakat.Keempat pilar pendidikan tersebut merupakan misi dan tanggung jawab yang harusdiemban oleh pendidikan. Melalui kegiatan pembelajaran secara holistic yang meliputi belajarmengetahui, belajar berbuat, belajar hidup bersama dan belajar menjadi diri sendiri yangdidasari keinginan secara sungguh-sungguh untuk memperdalam dan memperluas wawasantentang pengetahuan, nilai-nilai positif tentang diri sendiri dan orang lain, serta berbagaidinamika perubahan yang terjadi. Jika upaya-upaya pemberdayaan seperti ini dapatberlangsung secara sadar dan terus menerus pada diri peserta didik, maka pada gilirannyadiharapkan akan dapat menerapkan konsep belajar sepanjang hayat.Pendidikan Agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spritual yang mencakuppengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilaitersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Hakikat PAK (hasilLokakarya Strategi PAK di Indonesia tahun 1999) adalah: Usaha yang dilakukan secaraterencana dan kontinu dalam rangka mengembangkan kemampuan peserta didik agar denganpertolongan Roh Kudus dapat memahami dan menghayati kasih Tuhan Allah di dalam YesusKristus yang dinyatakan dalam kehidupan sehari-hari, terhadap sesama dan lingkunganhidupnya. Dengan demikian, setiap orang yang terlibat dalam proses pembelajaran PAKmemiliki keterpanggilan untuk mewujudkan tanda-tanda Kerajaan Allah dalam kehidupanpribadi maupun sebagai bagian dari komunitas.Penerapan Kurikulum 2006 yang berorientasi pada pencapaian kompetensi di bidangPAK, diharapkan dapat mewujudkan model pembelajaran yang bertujuan mencapaitransformasi nilai-nilai kristiani dalam kehidupan peserta didik. Dengan memberikan ruangyang sama terhadap keunikan yang berbeda dalam pengembangan pemahaman iman kristianisesuai dengan tingkat kemampuan serta daya kreativitas masing-masing.Didaktik metodik Pendidikan Agama Kristen merupakan disiplin ilmiah yang berupayamenjawab pertanyaan tentang bagaimana mengembangkan proses pembelajaran secaraholistik, pengembangan Standar Kompetensi PAK pada Pendidikan Dasar dan Menengahmengacu pada dogma Allah Tritunggal dan karya-Nya. Pemahaman terhadap Allah Tritunggaldan karya-Nya harus tampak dalam nilai-nilai kristiani yang dapat dilihat dalam kehidupankeseharian peserta didik.

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Edi Sitegar liked this
Edi Sitegar liked this
RhaMa BranTazz liked this
Bilqis Rochmi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->