Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
manajemen koleksi mus

manajemen koleksi mus

Ratings: (0)|Views: 785|Likes:
Published by anon_830968

More info:

Published by: anon_830968 on Feb 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/13/2011

pdf

text

original

 
 
PENGELOLAANKOLEKSI MUSEUM 
Pengelolaan koleksi adalah serangkaian kegiatan yang menyangkut berbagai aspek kegiatan, dimulai dari pengadaan koleksi, registrasidan inventarisasi, perawatan, penelitian sampai koleksi tersebut disajikan di ruang pamer atau disimpan pada ruang penyimpanan. 
2007
 
DIREKTORAT MUSEUM
DIREKTORAT
 
JENDEREAL
 
SEJARAH
 
DAN
 
PURBAKALADEPARTEMEN
 
KEBUDAYAAN
 
DAN
 
PARIWISATA
 
6/11/2007
 
2
 
PENGELOLAAN KOLEKSI MUSEUM
 A.
 
PENDAHULUAN1.
 
Definisi, Tugas dan Fungsi Museum
Museum merupakan suatu badan tetap, tidak tergantung kepada siapapemiliknya melainkan harus tetap ada. Museum bukan hanya merupakan tempatkesenangan, tetapi juga untuk kepentingan studi dan penelitian. Museum terbuka untuk umum dan kehadiran serta fungsi-fungsi museum adalah untuk kepentingan dankemajuan masyarakat.Museum dalam kaitanya dengan warisan budaya adalah lembaga, tempatpenyimpanan, perawatan, pengamanan, dan pemanfaatan benda-benda bukti materiilhasil budaya manusia serta alam dan lingkungannya guna menunjang upayaperlindungan dan pelestarian kekayaan budaya bangsa (Pasal 1. (1). PP. No. 19 Tahun1995). Namun museum dalam kaitannya dengan ilmu pengetahuan dan kebudayaanpada umumnya mempunyai arti yang sangat luas. Koleksi museum merupakan bahanatau obyek penelitian ilmiah. Museum bertugas mengadakan, melengkapi danmengembangkan tersedianya obyek penelitian ilmiah itu bagi siapapun yangmembutuhkan. Selain itu museum bertugas menyediakan sarana untuk kegiatanpenelitian tersebut bagi siapapun, di samping museum bertugas melaksanakan kegiatanpenelitian itu sendiri dan menyebar luaskan hasil penelitian tersebut untuk pengembangan ilmu pengetahuan umumnya.Bila mengacu kepada hasil musyawarah umum ke-11 (11
th
General Assembley)International Council of Museum (ICOM) pada tanggal 14 Juni 1974 di Denmark, dapatdikemukakan 9 fungsi museum sebagai berikut: (1) Pengumpulan dan pengamanan warisan alam dan budaya, (2) Dokumentasi dan penelitian ilmiah, (3) Konservasi danpreservasi, (4) Penyebaran dan pemerataan ilmu untuk umum, (5) Pengenalan danpenghayatan kesenian, (6) Pengenalan kebudayaan antardaerah dan antarbangsa, (7) Visualisasi warisan alam dan budaya, (8) Cermin pertumbuhan peradaban umatmanusia, dan (9) Pembangkit rasa takwa dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
 
3
 
2.
 
Struktur Organisasi Museum
Salah satu faktor yang mendukung keberhasilan museum adalah faktor organisasi. Setiapmuseum sebaiknya mempunyai struktur organisasi yang mencerminkan tugas dan fungsimuseum, adapun struktur organisasi yang umum dimiliki oleh sebuah museum, antara lain:
1.
 
Kepala/Direktur MuseumMemimpin pelaksanaan tugas dan fungsi museum.2.
 
Kepala Bagian Tata Usaha MuseumMemimpin penyelenggaraan urusan tata usaha, urusan rumah tangga dan ketertibanmuseum.3.
 
Kepala Bagian KuratorialMemimpin penyelenggaraan pengumpulan, penelitian dan pembinaan koleksi.4.
 
Kepala Bagian Konservasi dan PreparasiMemimpin penyelenggaraan konservasi, restorasi dan reproduksi koleksi sertapreparasi tata pameran.5.
 
Kepala Bagian Bimbingan dan PublikasiMemimpin penyelenggaraan kegiatan bimbingan dengan metode dan sistemedukatif kultural dalam rangka menanamkan daya apresiasi dan penghayatan nilai warisan budaya dan ilmu pengetahuan serta menyelenggarakan publikasi tentangkoleksi museum.6.
 
Kepala Bagian Registrasi dan DokumentasiMemimpin penyelenggaraan registrasi dan dokumentasi seluruh koleksi7.
 
PerpustakaanMenyelenggarakan perpustakaan, dan menyimpan hasil penelitian dan penerbitanmuseum.Untuk selanjutnya dalam penulisan ini akan dititik beratkan kepada pengelolaan koleksi yang dimiliki oleh sebuah museum.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->