Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
49Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PENGERTIAN PONDASI

PENGERTIAN PONDASI

Ratings: (0)|Views: 10,908|Likes:
Published by Mhd. Khair Sitepu

More info:

Published by: Mhd. Khair Sitepu on Feb 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/20/2014

pdf

text

original

 
PONDASI
A.
 
PENGERTIAN PONDASI
Ada beberapa pengertian tentang pondasi yaitu:1.
 
Suatu konstruksi bangunan yang memiliki fungsi untuk memindahkan beban/bobot/gayayang ditimbulkan oleh banguna yang ada diatasnya kedalam tanah.2.
 
Adalah bagian bangunan yang menghubungkan bangunan tersebut dengan tanah, dimanatanah harus menerima beban dari bangunan tersebut (beban mati dan beban hidup) dantugas pondasi untuk membagi beban itu sehingga tekanan tanah yang diizinkan (dayadukung) tidak terlewati.3.
 
Konstruksi yang diperhitungkan sedemikian rupa sehingga dapat menjamin kestabilan bangunan terhadap berat sendiri dan menghindari penurunan bangunan yang tidak merata.Dapat disimpulkan, pengertian pondasi adalah:Bagian dari elemen bangunan yang berfungsi meletakkan dan meneruskan beban ke dasar tanah yang kuat mengimbangi dan mendukung (merespon) serta dapat menjaminkestabilan bangunan, paling tidak terhadap beratnya sendiri, beban yang bekerja serta beban gempa.
B
.
 
B
ENTUK DAN JENIS PONDASI
Bentuk dan jenis pondasi sangat dipengaruhi beberapa hal, yaitu:1.
 
Jenis Tanah, (mempengaruhi daya dukung tanah)2.
 
Berat Bangunan, untuk bangunan dengan bobot yang berat/sangat berat harus memperkatikan pemilihan pondasi yang aman.3.
 
Kondisi Geografi, Geologi dan lingkungan sekitar Lokasi, diperhitungkan khususnya pada bangunan yang terletak pada daerah jalur gempa atau pengaruh alam lainnya.4.
 
Peralatan yang dipergunakan
Desain Pondasi
 Pondasi didesain agar memiliki kapasitas dukung dengan penurunan / settlement tertentuoleh para Insinyur geoteknik dan struktur. Desain utamanya mempertimbangkan penurunan dandaya dukung tanah, dalam beberapa kasus semisal turap, defleksi / lendutan pondasi jugadiikutkan dalam perteimbangan. Ketika berbicara penurunan, yang diperhitungkan biasanya
 
 penurunan total(keseluruhan bagian pondasi turun bersama-sama) dan penurunandiferensial(sebagian pondasi saja yang turun / miring). Ini dapat menimbulkan masalah bagistruktur yang didukungnya.Daya dukung pondasi merupakan kombinasi dari kekuatan gesekan tanah terhadap pondasi(tergantung pada jenis tanah, massa jenisnya, nilai kohesi adhesinya, kedalamannya, dsb),kekuatan tanah dimana ujung pondasi itu berdiri, dan juga pada bahan pondasi itu sendiri.Dalamnya tanah serta perubahan-perubahan yang terjadi di dalamnya amatlah sulit dipastikan,oleh karena itu para ahli geoteknik membatasi beban yang bekerja hanya boleh, biasanya,sepertiga dari kekuatan desainnya.Beban yang bekerja pada suatu pondasi dapat diproyeksikan menjadi:
y
 
Beban Horizontal/Beban Geser, contohnya beban akibat gaya tekan tanah, transfer bebanakibat gaya angin pada dinding.
y
 
Beban Vertikal/Beban Tekan dan Beban Tarik, contohnya:- Beban Mati, contoh berat sendiri bangunan- Beban Hidup, contoh beban penghuni, air hujan dan salju- Gaya Gempa- Gaya Angkat Air (eng: Lifting Force, de: Auftriebskraft)
y
 
Momen
y
 
Torsi
C
.
 
KLASIFIKASI PONDASI
1.
 
Klasifikasi
B
erdasarkan Sistem Kerja gaya
Dari berbagai hal yang mempengaruhinya (pada point 2 diatas), maka jenis-jenis pondasisecara garis besar dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
Spread Fondations / pondasi telapak 
Dimana beban yang disalurkan disebarkan melalui lebar telapak pondasi. Dimana intensitas beban yang diteruskan ketanah haruslah lebih kecil dari daya dukung tanah yang diijinkan.
Pile Foundations / pondasi tiang pancang
 Pondasi tiang pancang, beban dan bobot disalurkan dengan mekanisme pergeseran antara tanahdan pondasi (tiang), dan dukungan dari lapisan tanah keras pada kedalaman tertentu. Pile adalahkomponen penerus beban yang berbentuk panjang dan vertical. Pile dapat terbuat dari bahankayu, besi/baja, beton atau kombinasi diantaranya, tergantung dari berat beban yang dipikul.
 
Pile digunakan dengan pertimbangan:-
 
Beban yang dipikul sangat besar -
 
Penggunaan jenis pondasi yang lain dinilai tidak ekonomis-
 
Kondisi air tanah yang bervariasi dan perlu dipertimbangkan-
 
Apabila dikemudian akan dibangun saluran dalam tanah/canal-
 
Digunakan pada konstruksi bangunan di pelabuhan atau daerah air lainnya
Pier Foundations
 
/ pondasi sumuran
 Pondasi sumuran, pondasi yang berupa konstruksi sumuran vertical yang mencapai tanah keras.Bilamana bangunan terletak pada tanah yang berpasir dan letak tanah keras pada lapisan yangdalam, maka tipe pondasi ini perlu dipertimbangkan. Dengan kata lain sumuran sebenarnyamerupakan kolom pada sub struktur yang berfungsi mendukung beban dari upper struktur danmelaluinya beban akan disalurkan ke tanah.
2.
 
Klasifikasi berdasarkan kedalaman pondasi1.
 
Pondasi Dangkal ( Shallow Foundation )
Disebut Pondasi dangkal karena kedalaman masuknya ke tanah relatif dangkal,hanya beberapa meter masuknya ke dalam tanah. Salah satu tipe yang sering digunakan ialah pondasi menerus yang biasa pada rumah-rumah,dibuat dari beton atau pasangan batu,meneruskan beban dari dinding dan kolom bangunan ke tanah keras.Pondasi dangkal dapat dibedakan menjadi beberapa jenis :-
 
Pondasi Setempat ( Single Footing )-
 
Pondasi Menerus ( Continuous Footing )-
 
Pondasi Pelat ( Plate Foundation )-
 
Pondasi Cakar Ayam-
 
Pondasi Sarang Laba-laba-
 
Pondasi Grid-
 
Pondasi Gasing
a.
 
Pondasi Setempat ( Single Footing )
Pondasi setempat; dibuat pada bagian yg terpisah (di bawah kolom pendukung/kolomstruktur), tiang, dsb), juga biasa digunakan pada konstruksi bangunan kayu di daerah rawa-rawa.Pada bangunan sementara sering juga digunakan penumpu batu alam massif yang bertarah dandiletakkan di atas permukaan tanah yang diratakan.

Activity (49)

You've already reviewed this. Edit your review.
Fauzi Ramadhan added this note
luck
Fauzi Ramadhan liked this
Ridwan Arifin added this note
thanks
Ridwan Arifin added this note
thanks ,.,.,., i am first graduate, how about you your writing was good about pondasi, it is so helpfull for me as first graduate in looking reference and i will write the this source was from you
Ridwan Arifin liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Robertus Aditya liked this
Etsuya Shirokawa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->